Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Aktivitas Manusia

Loading...

ASTALOG.COM – Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari di zaman modern ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

 

Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman.

Tapi tahukah Anda, ternyata perkembangan iptek ikut mempengaruhi aktivitas dan perubahan kehidupan manusia?

Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Aktivitas Manusia

– Kontak dengan kebudayaan lain

Perubahan sosial dan budaya akan berjalan dengan cepat apabila masyarakat sering melakukan kontak dengan kebudayaan lain.

Salah satu proses yang mempercepat kontak dengan kebudayaan lain adalah proses difusi.

Dengan terjadinya difusi, suatu penemuan baru yang telah diterima oleh masyarakat dapat diteruskan dan disebarkan pada masyarakat luas sampai semua masyarakat dapat menikmati kegunaannya.

Selain difusi, proses yang mempercepat kontak sosial juga dapat terjadi karena akulturasi, namun akulturasi bersifat continue dan memerlukan hubungan dekat.

– Majunya sistem pendidikan formal

Pendidikan formal sangat penting, karena dengan pendidikan formal masyarakat akan mendapatkan nilai-nilai tertentu untuk menerima hal-hal baru dan berpikir lebih rasional dan ilmiah serta cara pandang terhadap masalah yang lebih obyektif.

BACA JUGA:  Kapal Phinisi

– Toleransi

Masyarakat yang memiliki sikap toleransi cenderung akan mudah menerima hal-hal yang baru, sehingga proses perubahan sosial budaya akan berjalan lebih cepat karena masyarakat sangat toleran dengan perilaku menyimpang.

Dalam hal ini dapat berupa penyimpangan positif maupun negatif. Contoh: dahulu pekerjaan sopir hanya dilakukan oleh seorang laki-laki, namun sekarang ini masyarakat tidak merasa risih apabila perempuan bekerja sebagai sopir.

– Sistem stratifikasi terbuka

Dengan sistem stratifikasi terbuka maka hal itu akan memberikan kesempatan adanya gerak sosial vertikal dan peluang yang luas bagi individu untuk meningkatkan diri untuk maju dan berusaha menaikkan status sosial dalam masyarakat.

Contoh: seorang anak yangt terlahir dari keluarga petani miskin, dengan kemampuan secara akademis anak itu mendapatkan pekerjaan yang bagus. Dengan begitu anak itu mampu menaikan status sosial dirinya dan keluarganya.

– Penduduk yang heterogen

Dalam masyarakat heterogen yang memiliki latar kebudayaan, ras dan ideologi yang berbeda akan mudah dan sering terjadi pertentangan yang akan memicu terjadinya perubahan tersebut.

– Kemajuan IPTEK

Perkembangan iptek, telah memberikan perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia, terutama teknologi informasi seperti internet sangat menunjang setiap orang mencapai tujuan hidupnya dalam waktu singkat.

BACA JUGA:  Asal Daerah Lagu Anging Mamiri

Di samping banyak memberikan pengaruh serta manfaat yang bersifat positif, perkembangan iptek juga banyak memberikan pengaruh negatif dalam perkembangannya.

Perubahan Aktivitas Akibat IPTEK

Berikut beberapa dampak perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam aktivitas manusia di berbagai bidang:

1. Bidang Sosial

Akibat perkembangan iptek sangat mempengaruhi keadaan sosial masyarakat. Dalam bidang sosial ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengubah gaya hidup masyarakat.

Saat ini gaya hidup konsumtif sudah menjangkiti warga masyarakat.
Saat ini manusia dapat berkomunikasi secara global kapan saja dan dimana saja.

Banyak fitur-fitur dan media-media yang mendukung fasilitas komunikasi tersebut. Dan harganya pun sekarang mudah terjangkau.

Dan kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.

2. Bidang Pendidikan

Peran penting kemajuan iptek dalam bidang pendidikan diantaranya ialah munculnya media massa, khususnya media internet sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan.

Dampak dari hal ini adalah guru bukan satu-satunya sumber ilmu pengetahuan. Saat ini jika siswa membutuhkan informasi yang ingin ia ketahui dapat mengakses melalui internet.

Pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan dapat dipenuhi dengan cepat, seperti penggandaan soal ujian dengan adanya mesin foto copy untuk memenuhi kebutuhan akan jumlah soal yang banyak dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat.

BACA JUGA:  Singkatan dari HTTP?

Kemudian, adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemanfaatan teknologi.

3. Bidang Ekonomi

Dalam bidang ekonomi, teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi tersebut dapat kita rasakan manfaat positifnya, antara lain terjadinya industrialisasi.

Masyarakat Indonesia yang dulunya sebagian besar menjadi petani sekarang sudah berpindah dalam bidang industri. Produktifitas dunia industri pun semakin meningkat.

Adanya persaingan dalam dunia kerja menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.

Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan.

4. Bidang Budaya

Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat dampaknya terhadap perkembangan bidang dan budaya, yaitu dengan mudahnya Budaya Barat masuk melalui media internet, tv, ataupun media cetak yang kemudian diserap oleh banyak anak-anak muda di Indonesia.

Cara berpakaian juga mengalami perubahan, karena tren pakaian dunia berkiblat pada Bangsa Barat, padahal berpakaian seperti itu di Indonesia sangat bertentangan dengan budaya dan adat Bangsa Indonesia.