Tips Meningkatkan Prestasi Akademik di Sekolah

Loading...

ASTALOG.COM – Apakah Anda seorang mahasiswa yang ingin membuat perbedaan nyata di kelas Anda? Berikut kami bagikan 9 tips agar Anda dapat meraih prestasi akademik di sekolah:

1. Pahami Diri Sendiri

Sebagian besar dari keberhasilan akademis adalah memiliki pola pikir yang benar. Anda tidak hanya harus percaya pada diri sendiri, tetapi juga cukup tahu tentang diri Anda untuk mengetahui bagaimana mencapai kesuksesan itu.

Luangkan waktu untuk mengecek kekuatan dan kelemahan akademik Anda, dan temukan cara untuk memanfaatkan kekuatan Anda guna mengatasi atau meminimalkan kelemahan Anda.

Pahami bagaimana gaya belajar terbaik untuk Anda, coba dan temukan kelas dan metode studi yang paling memanfaatkan gaya belajar tersebut.

2. Kelola Silabus

Banyak siswa yang memperjuangkan akademiknya, bukan karena mereka tidak memiliki kemampuan, tetapi karena mereka tidak aktif mengelola program belajar mereka.

Anda harus terampil melihat silabus program yang Anda pilih, mulai dari tugas utama dan uji – termasuk harapan, kebutuhan, dan tanggal jatuh tempo.

Jika beberapa profesor Anda terlalu samar mengenai silabus mereka, luangkan waktu untuk mendapatkan informasi rinci, Anda perlu rencana yang lebih baik dan melihat semua bahan untuk kelas Anda sekarang.

3. Aktif Membaca

Ya, hanya sedikit tugas membaca di bangku perguruan tinggi. Namun, bagian dari pekerjaan Anda sebagai mahasiswa adalah tidak hanya membaca – tapi melakukannya secara aktif, bukan pasif.

BACA JUGA:  Ciri-ciri Tanaman Jagung yang Dibudidayakan

Membaca aktif berarti melakukan lebih dari sekedar membaca. Bagi sebagian orang, itu berarti menggarisbawahi dan menyoroti bahan. Lainnya, mengembangkan daftar kata kunci dan meringkas bahan yang mereka baca.

4. Manfaatkan Setiap Kelas

Tips ini bukan hanya tentang menghadiri setiap kelas – meskipun kehadiran tenrtu sangat mendasar. Tidak hanya menghadiri setiap sesi kelas, Anda juga harus melakukan strategi untuk berhasil.

Pertama, Anda harus duduk di bangku depan; studi menunjukkan bahwa siswa yang duduk di salah satu dari beberapa baris pertama umumnya mencapai nilai yang lebih baik daripada siswa yang duduk di belakang.

Kedua, Anda harus secara aktif terlibat dalam kelas. Terakhir, jika Anda akan melakukan upaya untuk menghadiri kelas, lakukan dengan tujuan utama pembelajaran – yang berarti tidak akan terganggu oleh hal lainnya, seperti sms, chating atau browsing pada laptop Anda, atau berbicara dengan siswa di sebelah Anda.

5. Buat Catatan

Sekedar hadir dan aktif terlibat dalam setiap kelas tidak cukup – Anda juga perlu mendengarkan dengan seksama dan membuat catatan rinci.

Dalam hal mencatat, ada sejumlah sistem (metode Cornell, menguraikan, pemetaan, charting, dan metode kalimat), maka langkah penting adalah menemukan satu sistem yang bekerja untuk Anda.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Dengan Nutrisi?

6. Belajar Setiap Hari, Secara Berbeda

Setiap studi tunggal tentang keberhasilan akademis menunjukkan bahwa siswa yang meluangkan beberapa waktu untuk belajar setiap hari – membaca, menulis, meninjau, dll – tampil lebih baik dibanding mereka yang hanya belajar saat akan ujian.

Bangun kebiasaan belajar harian dan tingkatkan basis pengetahuan Anda untuk jangka panjang – dengan asumsi Anda belajar aktif, bukan pasif.

7. Kenali Guru Anda

Dengan kata lain, pastikan guru Anda mengenal Anda. Sungguh menakjubkan betapa banyak siswa memilih untuk menjadi anonim di kelas.

Kunjungi guru Anda sesekali selama jam kantornya. Manfaat dari strategi ini sangat besar karena Anda akan mendapatkan bantuan yang Anda butuhkan serta sering mendapatkan beberapa informasi dalam – dan bahkan ada sesuatu yang disebut “efek halo,” yang berkaitan dengan konsep bahwa nilai yang diberikan dosen lebih lunak ketika ia mengenal mahasiswa tersebut.

8. Tingkatkan Kemampuan Menulis

Menulis adalah landasan akademik dan karir yang sukses. Anda harus berusaha untuk meningkatkan kemampuan menulis dan memperkaya kosakata Anda saat di perguruan tinggi.

Menjadi seorang penulis yang kuat dengan kemampuan untuk mengekspresikan ide-ide dan argumen Anda dengan jelas akan memberikan dampak yang menakjubkan dalam program studi yang memiliki komponen menulis – entah itu menyusun makalah penelitian, proyek, atau ujian esai.

BACA JUGA:  Letak Pulau Kambing

Meningkatkan kemampuan menulis Anda juga memperkuat kemampuan berpikir kritis Anda serta keterampilan mendengarkan, membaca, dan berbicara – dan membantu untuk membangun rasa percaya diri Anda.

Mengembangkan keterampilan menulis yang lebih baik akan membuat Anda merasa – dan terdengar – cerdas, dan menuntun Anda untuk mencapai kesuksesan profesional yang lebih besar.

9. Terlibat Aktif di Sekolah

Studi menunjukkan bahwa siswa yang memiliki keterlibatan dalam kegiatan sekolah sebenarnya lebih baik dalam mengelola dan menyeimbangkan berbagai tuntutan waktu mereka. Bahkan, tidak hanya terlibat, tetapi mengembangkan kepemimpinan juga – hal tersebut akan memaksa Anda untuk bekerja lebih keras.

Tapi perlu diketahui bahwa keterlibatan Anda harus moderat. Begitu kehidupan sosial Anda mulai mengganggu sekolah Anda, kurangi sehingga tidak mempengaruhi tujuan Anda mencapai keberhasilan akademis yang lebih baik.