Contoh Sikap Positif Di Lingkungan Bangsa dan Negara

Loading...

ASTALOG.COM – Sikap adalah isyarat yang dipancarkan seseorang kepada orang lain juga merupakan cara manusia memandang sesuatu secara mental dari dalam. Sikap juga merupakan cara orang bereaksi terhadap suatu kejadian yang mereka alami atau yang mereka lihat langsung atau tidak langsung. Sikap positif adalah perwujudan nyata dari suatu pikiran terutama memperhatikan hal-hal yang baik.

Sikap terbagi dua, ada sikap positif dan sikap negatig. Berikut pengertian dari kedua sikap tersebut

Pengertian Sikap Positif dan Sikap Negatif

Sikap positif adalah suasana jiwa yang mengutamakan kegiatan kreatif dari pada kegiatan yang menjemukan, kegembiraan dari pada kesedihan, optimisme dari pada pesimisme. Sikap positif adalah keadaan jiwa seseorang yang dipertahankan melalui usaha-usaha yang sadar bila sesuatu terjadi pada dirinya supaya tidak membelokkan fokus mental seseorang pada yang negatif.

Sikap negatif adalah perilaku yang muncul akibat hasil dari pemikiran negatif.

Bagi orang yang berpikiran positif mengetahui bahwa dirinya sudah berpikir buruk maka ia akan segera memulihkan dirinya. Yaitu yang sudah menuju kearah negatif untuk kembali ke arah positif. Jadi, diantara kedua sikap tersebut, sikap positif sudah tentu menjadi sikap yang harus lebih dominan dalam diri seseorang.

Untuk menerapkan sikap positif bisa dilakukan dimana saja, seperti di keluarga, sekolah serta bangsa dan negara. Berikut beberapa sikap positif yang harus diterapkan dalam ketiga kondisi tersebut.

1. Sikap Positif di Lingkungan Sekolah
Sikap positif peserta didik dalam sistem pemerintahan di sekolah dapat diwujudkan salah satunya dengan berperan serta secara aktif dalam kegiatan organisasi kesiswaan di sekolah. Sikap positif peserta didik dalam sistem pemerintahan di lingkungan sekolah lainnya:
a. Melakukan pemilihan ketua osis dengan secara langsung pleh siswa
b. Menjadi pengurus dan berperan aktif pada kegiatan osis
c. Mendukung setiap kegiatan osis meskipun bukan pengurus osis
d. Memberikan ide atau gagasan untuk memajukan organisasi Osis

2. Sikap Positif di Lingkungan Masyarakat
Sikap positif peserta didik di lingkungan masyarakat untuk berpartisipasi dalam sistem pemerintahan dapat diwujudkan salah satunya dengan berperan serta secara aktif dalam kegiatan remaja atau pemuda dilingkungan masyarakat masing- masing. Sikap positif peserta didik dalam sistem pemerintahan di lingkungan masyarakat lainnya:
a. Menjadi pengurus karang taruna dan ikut aktif dalam kegiatan karang taruna
b. Mendukung setiap kegiatan karang taruna dengan memberikan tenaga dan dana
c. Memberikan ide dan gagasan untuk kemajuan karang taruna di desa
d. Mengikuti pemilihan ketua karang taruna

3. Sikap Positif di Lingkungan Bangsa dan Negara
Sikap positif peserta didik dalam sistem pemerintahan di lingkungan bangsa dan negara tentunya berbeda dengan warga negara dewasa. Kalian dapat menunjukkan sikap positif dalam lingkungan bangsa dan negara seperti dengan mempelajari sistem pemerintahan di Indonesia. Sikap positif peserta didik dalam sistem pemerintahan di lingkungan bangsa dan negara:
a. Mendukung kebijakan negara untuk kepentingan bangsa
b. Belajar tentang sistem pemerintahan Indonesia
c. Menghormati Presiden dan Wakil Presiden berserta kelengkapan negara lainnya

Dari beberapa contoh sikap positif diatas sangat penting untuk dilakukan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, biasakan mulai dari sekarang bersikap positif untuk mendapatkan energi yang lebih baik.

Semoga bermanfaat.

Loading...