Lawan Kata Cermat

Loading...

ASTALOG.COM – Dilasir dari wikipedia, Lawan kata atau antonim adalah suatu kata yang artinya berlawanan satu sama lain. Atau, antonim adalah kata-kata yang maknanya dianggap kebalikan atau berlawanan.

Jenis-jenis Antonim

1. Antonim berpasangan
kata-kata yang secara makna jelas bertentangan karena didasarkan pada makna pasangannya sehingga tidak bisa dipertentangkan tanpa kehadiran makna pasangannya. Jika salah satu unsur dinegatifkan, tidak secara serta-merta memunculkan pasangannya.
Contoh:
(ber)-dosa >< suci (tidak (ber)-dosa ≠suci) Istri >< suami (bukan istri ≠ suami) Pembeli >< penjual (bukan pembeli ≠ penjual) 2. Antonim melengkapi Kata-kata yang secara makna bertentangan, tetapi kehadiran makna salah satu kata bersifat melengkapi kehadiran makna yang lain. Contoh: Pertanyaan >< jawaban Mencari >< menemukan 3. Antonim berjenjang kata-kata yang secara makna mengandung pertentangan, tetapi pertentangan makna ini bersifat berjenjang/bertahap/bertingkat. Contoh: Dingin >< hangat >< panas Kaku >< lentur >< elastis Mahal >< wajar >< murah Kontras adalah kata-kata yang mengandung seluruh atau sebagian makna yang bertentangan secara tajam dan jelas. Jika kata-kata semacam ini dinegatifkan, makna kata yang menjadi penentangnya akan serta-merta muncul. Contoh kaya >< melarat; kaya >< miskin. kaya mengandung makna yang bertentangan secara tajam terhadap melarat, tetapi merupakan antonim melengkapi terhadap miskin. pintar >< tolol; pintar >< bodoh. pintar mengandung makna yang bertentangan secara tajam terhadap tolol, tetapi merupakan antonim melengkapi terhadap bodoh. melarat – miskin atau tolol – bodoh merupakan sinonim semirip. Kontras juga dapat dibentuk melalui afiksasi seperti, non-, a-, anti, awa-, nir-, tan-. Contoh: komunis >< nonkomunis susila >< asusila mapanisme >< antimapanisme berawak >< awaawak laba >< nirlaba baku >< tanbaku Antonim disebut juga lawan kata, yaitu hubungan antara satu kata dengan kata yang lain yang dianggap berlawanan. Contoh: siang > < malam pulang > < pergi kaya > < pendek hidup > < mati Cermat > < boros atau cuai Contoh dalam kalimat: Orang yang kaya itu membeli mobil. Orang yang miskin itu tidak dapat membeli mobil. Rambutnya panjang sekali. Rambutnya pendek sekali.

Loading...