10 Tips dan Trik Mudah Menggunakan Aplikasi LINE

Loading...

ASTALOG.COM – LINE adalah suatu aplikasi messaging yang saat ini sedang meningkat popularitasnya. Aplikasi LINE sekarang memiliki lebih dari 400 juta pengguna global, per April 2014.

Dengan LINE, Anda dapat mengikuti segala macam akun resmi, dari artis favorit hingga merek yang Anda cintai, untuk mendapatkan berita terbaru atau kupon khusus eksklusif bagi pengguna LINE.

Ada beberapa hal yang Anda mungkin tidak ketahui bisa dilakukan dengan LINE, itulah sebabnya kami membagikan tips dan trik berikut untuk membantu Anda. Terlepas dari apakah Anda baru saja mulai menggunakan LINE, atau jika Anda sudah menjadi pengguna lama – tips berikut terbukti bermanfaat.

Catatan: Tips dan trik ini diuji pada perangkat Android dan langkah-langkah mungkin sedikit berbeda jika Anda menggunakan sistem operasi yang berbeda.

1. Menghapus tautan nomor ponsel

Setelah Anda mendaftarkan no hp Anda pada aplikasi LINE, Anda tidak akan dapat melakukan unlink, setidaknya tidak dengan cara biasa.

Jika Anda ingin nomor Anda dihapus, atau diganti dengan nomor baru, Anda akan memerlukan bantuan akun Facebook Anda, dan cadangan riwayat obrolan Anda karena Anda harus meng-uninstall aplikasi LINE sebelumnya.

Berikut adalah cara untuk menghapus tautan nomor telepon Anda:

1. Pada aplikasi LINE, pergi ke More > Settings dan tekan Account.
2. Ketika Anda melihat logo Facebook, tekan tombol Link. Anda akan diminta untuk login ke akun Facebook Anda. Terima semua izin yang diperlukan untuk menghubungkan Facebook ke aplikasi LINE.
3. Anda akan melihat opsi Link kini berubah menjadi Unlink, lanjutkan untuk meng-uninstall aplikasi LINE dari perangkat Anda.
4. Install kembali dan buka aplikasi.
5. Login dengan Facebook. Jika mereka meminta Anda untuk memasukkan nomor PIN dan Anda tidak punya, cukup ketik 4 digit terakhir dari nomor ponsel Anda yang terdaftar.

BACA JUGA:  Jelaskan Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya

2. Menghindari Auto Add Friends

Jika Anda tidak ingin membiarkan mereka yang memiliki nomor ponsel Anda untuk menambahkan Anda dalam kontak LINE mereka secara otomatis, opsi ini dapat dimatikan. Dengan mematikannya, mereka hanya dapat menambahkan Anda setelah Anda menerima permintaan mereka.

1. Buka aplikasi LINE > More > Settings.
2. Tekan Friends dan hapus centang pada Allow Others to Add.

3. Mengubah kualitas foto yang dikirim

Foto yang Anda kirim ke teman Anda melalui chat room, akan mengalami perubahan kualitas menjadi lebih rendah. Ini adalah pengaturan default. Untuk mengubah kualitas foto yang dikirim:

1. Di halaman utama aplikasi LINE, pergi ke More > Settings.
2. Pilih Chat & Voice, kemudian tekan Photo Quality; ubah dari Low ke Normal.

4. Mengubah nada dering

Apakah Anda bosan dengan nada dering standar LINE? Anda tentu bisa mengubahnya, atau menggunakan nada dering Anda sendiri. Caranya:

1. Buka aplikasi LINE dan pergi ke Mor e> Settings.
2. Pilih Notifications > Tone kemudian pilih salah satu nada dering sebagai default. Jika Anda memiliki nada dering sendiri yang ingin Anda gunakan, dari daftar Tone, pilih Others.. di bawah daftar, tekan dan pilih nada dering Anda.

5. Menghapus, meneruskan dan menyimpan pesan

Ada pilihan ini di bawah fitur Edit Messages, di mana Anda dapat menghapus pesan Anda, atau meneruskannya kepada orang lain atau bahkan menyimpannya.

BACA JUGA:  Manfaat E-Learning Adalah?

Anda akan menemukan fitur ini berguna, terutama fitur untuk menghapus pesan, karena Anda dapat memilih pesan yang telah dikirim sebelumnya untuk dihapus dari percakapan Anda.

Jika Anda ingin melakukan hal itu, ikuti langkah berikut:

1. Masuk ke setiap chat room dari aplikasi LINE dan tekan tombol panah bawah di bagian kanan. Pilih Edit Messages.
2. Pilih apakah Anda ingin Delete Messages, Forward atau Save to Notes.
3. Pilih pesan yang Anda inginkan dengan mencentangnya.

6. Menggunakan Free Call LINE

Sama seperti pada Viber dan Facebook Messenger, LINE juga memiliki opsi panggilan gratis yang memungkinkan Anda untuk menelepon pengguna sesama LINE secara cuma-cuma. Anda hanya perlu memastikan koneksi internet aktif.

1. Masuk ke chat room dengan teman yang ingin Anda panggil.
2. Tekan panah bawah di bagian kanan dan tekan Free Call untuk mulai menelepon teman Anda.

7. Mematikan undangan atau pesan lain dari aplikasi game LINE dan sejenisnya

Jadi teman-teman Anda terus mengirim undangan kepada Anda untuk ikut bermain game, dan undangan terus berdatangan memenuhi LINE Anda. Mungkin Anda tidak tahu bagaimana menonaktifkan pemberitahuan ini.

1. Pada halaman utama aplikasi, pergi ke More > Settings > Pemberitahuan > Layanan Tambahan.
2. Pada Unauthorized Apps, hapus centang Receive Messages.

8. Menyimpan riwayat obrolan

Riwayat obrolan tidak secara otomatis disimpan dalam server awan LINE, jadi jika Anda menghapus aplikasi, Anda akan kehilangan semua riwayat obrolan. Untuk membuat backup riwayat obrolan Anda:

BACA JUGA:  Faktor yang Mempengaruhi Perubahan Aktivitas Manusia

1. Masuk ke chat room percakapan yang Anda ingin simpan dan tekan tombol panah bawah di bagian kanan kemudian pilih Chat Settings.
2. Pilih Backup History Chatting dan pilih Backup as a Text File, atau Backup All. Backup Anda akan tersimpan dalam penyimpanan awan Anda misalnya, Dropbox.
3. Jika Anda memilih Backup as a Text File, Anda tidak dapat mengembalikan riwayat obrolan. Jika Anda memilih Backup All, Anda dapat memilih Import Chat History untuk mengembalikannya.

9. Melihat dan menyimpan foto yang dibagikan sebelumnya

Anda mungkin telah berbagi beberapa foto melalui aplikasi LINE sebelumnya. Alih-alih mencarinya pada riwayat obrolan, Anda dapat menyimpannya dalam Chat Album, atau langsung ke perangkat Anda.

1. Pada aplikasi LINE, masuk ke chat room berisi foto.
2. Tekan tombol dropdown di bagian atas kanan dan pilih Photos.
3. Tekan Save di bagian bawah, dan centang foto-foto yang ingin Anda simpan. Pilih, apakah Anda ingin menyimpannya pada LINE chat album atau ke perangkat Anda.

10. Berbagi update timeline dalam obrolan

Jika ada sesuatu yang menarik bersama di update Timeline Anda yang ingin Anda teruskan kepada teman-teman di chat room Anda, berikut adalah cara Anda melakukannya. Catat bahwa Anda hanya dapat meneruskan pembaruan dari akun publik.

1. Pada halaman Timeline Anda, temukan pembaruan yang ingin Anda bagikan.
2. Tekan dan tahan postingan dan pilih To Chat.
3. Pilih apakah Anda ingin mengirim ke satu orang atau ke grup chat.