Makanan yang Mengandung Kadar Gula Tinggi

Loading...

ASTALOG.COM – Makanan dengan kadar gula tinggi meningkatkan risiko terkena penyakit, dan makanan tersebut ada di sekitar Anda. Artikel kali ini akan membahas seputar makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Berbagai penelitian telah mengatakan bahwa kadar gula tinggi dapat meningkatkan faktor risiko terkena penyakit, mulai dari obesitas, diabetes hingga kanker. Masalahnya, lidah kita telah mengenal gula sejak masa kanak-kanak dan, oleh karenanya, menjadi sulit dipisahkan.

Lebih jauh, banyak produsen makanan dan minuman membombardir pasar dengan produk berkadar gula tinggi. Kenali beragam jenis makanan dengan kadar gula tinggi di sekitar Anda, dan pikir dua kali sebelum mengkonsumsinya.

1 Gula pasir, cair, maupun pemanis lain

Alasan mengapa gula berada pada urutan pertama tidaklah perlu diperdebatkan. Namun, saat ini telah ada beragam pemanis alternatif – yang tidak bisa dipungkiri juga memiliki kadar gula tinggi. Brown sugar, misalnya, memiliki kandungan 97 persen gula. Madu memiliki kandungan gula sebanyak 82 persen, sementara sirup sebesar 75 persen. Jika harus memilih pemanis alami, maka pilihlah gula tebu yang memiliki 55 persen kadar gula.

2 Minuman sachet dan minuman soda

Minuman sachet ini biasanya mengandung kadar gula tinggi yang bahkan bisa mencapai 94 persen. Cek labelnya untuk mengetahui besarannya, dan jika ada, pilih yang rendah gula. Minuman bersoda biasanya mengandung 11 persen gula, namun yang menjadi masalah adalah ia mengandung sekitar 38 gram gula dalam setiap 12 oz. Soal ini, porsi adalah sesuatu yang menentukan.

3 Permen dan nougat

Dari semua ‘famili’ permen, nougat merupakan yang paling tinggi kadar gulanya dengan 83 persen. Permen buah bisa memiliki kadar hingga 81 persen, sementara permen karet dan permen keras memiliki kadar gula sekitar 63 persen.

4 Kue, biskuit, dan pie

Tak bisa dipungkiri, gula seringkali menjadi bahan baku penting dalam pembuatan kue-kue-an. Di antara makanan sejenis, macaroon mengandung 71 persen gula, yang membuatnya salah satu makanan dengan kadar gula tertinggi di kelasnya. Kue-kue kebanyakan memiliki kada gula hingga sebesar 63 persen.

5 Es krim dan milk shakes

Nyatanya, rata-rata es krim dapat memiliki kandungan gula hingga 26 persen, di mana dalam setengah scoop es krim terkandung 14 gram gula di dalamnya. Sementara, milk shakes mengandung 23 persen gula, di mana dalam setiap 16 oz milkshake terkandung 84 gram gula

6 Makanan bebas lemak

Jangan tertipu dengan label makanan bebas lemak atau rendah lemak, sebab sebenarnya ada banyak gula yang terkandung dalam makanan tersebut.

7 Saus Salad

Beberapa jenis saus salad merupakan perpaduan antara cuka raspberry dan bahan lainnya yang mengandung gula tinggi. Oleh sebab itu campuran minyak zaitun, jus jeruk nipis, garam, dan beberapa bumbu lain sebaiknya mulai Anda pertimbangkan untuk ditaburkan di atas salad.

Loading...