Mari Mengenal Jenis Hubungan Percintaan

ASTALOG.COM – Kamu pastinya sudah pernah mengalami bagaimana jatuh cinta. Yah, seperti dari kutipan lagu “jatuh cinta berjuta rasanya” itulah yang bisa menggambarkan keadaan dan rasa cinta yang sesungguhnya. Awal jatuh cinta terasa sangat menyenangkan dan membahagiakan, selanjutnya akan menghadapi banyak halangan dan masalah yang entah datang dari mana.

Seperti yang dikutip dari Wikipedia, “cinta” adalah sebuah emosi dari rasa kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. 

Dari pengertian cinta tersebut, sudah tergambar jelas cinta adalah bentuk dari sebuah rasa yang bisa berubah kapan saja sesuai dengan kondisi dari si pemilik cinta.

Setelah membahas panjang lebar mengenai cinta, mari kita lanjutkan mengenai wadah dari cinta itu sendiri yaitu hubungan. Merasakan cinta akan lebih baik jika disalurkan dalam sebuah wadah yang di sebut dengan hubungan. Hubungan inilah yang akan menunjukkan secara langsung cinta yang di miliki kedua insan dan menjadi gambaran bagaimana cara mereka menjalaninya. Jenis dan ragam dari hubunganpun bisa kamu temukan dalam banyak versi. Mulai dari hubungan sehat, syariah, tidak sehat hingga opposite attracks ! Banyaknya dari versi hubungan ini akan kita bahas lebih dalam lagi.,

1. Hubungan sehat

Hubungan sehat cukup sulit di temukan saat ini. Kebanyakan hubungan ini terjadi pada mereka yang hidup di tahun 50an. Mungkin karena perkembangan teknologi saat itu tidak begitu berkembang seperti saat ini. Mereka menjalani hubungan dengan cara yang sangat berbeda dengan tahun 2000an. Untuk menjalin komunikasipun mereka tidak menggunakan handphone, melainkan bertemu atau menggunakan surat sebagai media penyampai rasa rindu saat berjauhan. Selain itu rasa hormat kepada orang tua saat era  tersebut sangat kuat yang akhirnya membuat sepasang kekasih akan berfikir beribu kali untuk melakukan “hal-hal” menakutkan.

Selain itu hubungan sehat juga kerap di sangkut-pautkan dengan cinta abadi. Lihat saja hubungan antara pasangan romantis Sophan Sophiaan dan Widyawati. Dua pasangan ini benar-benar di pisahkan oleh maut. That’s so romantic,.

2. Hubungan Syariah

Berbicara mengenai hubungan syariah masih banyak yang tidak begitu menyetujuinya, mungkin karena pengaruh kehidupan modernisasi saat ini. Selain itu hubungan syariah juga banyak yang menganggap hanya berlaku untuk mereka yang memegang teguh agama dan syariat.

Hubungan syariat sebenarnya tidak seperti hubungan pada umumnya. Dalam hubungan ini, kamu akan dipertemukan secara langsung bersama dengan anggota keluarga dengan pasangan yang tidak kamu kenal sebelumnya atau yang biasa disebut dengan ta’aruf.

Hubungan ini langsung menuju ke pelaminan tanpa harus melalui proses berpacaran dulu.

3. Hubungan Tidak Sehat

Yakin dan percaya, kalau jenis hubungan ini terlihat jelas pada setiap pasangan di mana saja. Hubungan tidak sehat bisa dikatakan sebagai hubugan dimana kedua pasangan banyak mengalami pertengkaran, mulai mengubah pasangan, merasa terlalu nyaman dan banyak hal lainnya. Hubungan ini bahkan digunjingkan seperti neraka. Mengapa ? Dalam hubungan ini kadar cinta sudah sangat berkurang dan lebih di dominasi dengan nafsu. Jadi, saat kamu merasa hubungan sudah tidak sehat carilah jalan terbaik untuk mengakhirinya.

4. Opposite Attracts

Aneh dan menggemaskan. Mungkin inilah kata yang bisa digambarkan pada jenis hubungan terakhir ini. Banyak yang mengira hubungan ini termasuk dalam hubungan yang tidak sehat. Sebelum membahas terlalu jauh, apa sih opposite attracts itu ? Opposite attracts adalah hubungan yang berlawanan dari segi kebiasaan, watak dan sifat. Misalnya saja si pelawak dan si pendiam. Meskipun berbeda, kedua hubungan ini tetap bisa saling melengkapi. Bahkan muncul ketertarikan untuk mengetahui lebih lanjut dari perbedaan karakter keduanya. Jika di lihat, kedua hubungan ini bisa saling melengkapi dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jadi, hubungan mana yang menurutmu menarik ? Sebijak mungkin pilihlah jenis hubungan yang sesuai dan memberikan dampak yang baik untuk masa depanmu.