Apa yang Dimaksud Dengan Selulosa?

Loading...

ASTALOG.COM – Semua tanaman terbuat dari molekul selulosa. Tak heran terdapat lebih banyak selulosa daripada molekul organik lainnya di Bumi, tetapi struktur yang unik ini cocok untuk berbagai fungsi dan produk. Artikel kali ini akan membahas mengenai selulosa. Yuk simak artikel berikut ini.

Pengertian Selulosa

Selulosa adalah molekul yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen, dan ditemukan dalam struktur selular hampir semua materi tanaman. Senyawa organik ini, yang dianggap paling melimpah di bumi, bahkan diekskresikan oleh beberapa bakteri.

Selulosa adalah rantai panjang molekul gula yang dihubungkan satu sama lain untuk memberikan kekuatan pada kayu yang luar biasa. Selulosa adalah komponen utama dari dinding sel tumbuhan, dan bahan bangunan dasar bagi banyak tekstil dan kertas. Kapas adalah bentuk alami murni selulosa. Di laboratorium, kertas ashless filter adalah sumber selulosa hampir murni.

Selulosa adalah komponen utama kayu. Serat selulosa dalam kayu terikat dalam lignin, polimer kompleks. Pembuatan kertas meliputi pengolahan bubur kayu dengan alkali atau bisulfit untuk menghancurkan lignin, dan kemudian menekan bubur kertas pada matte serat selulosa bersama-sama.

Selulosa ditemukan dalam jumlah besar di hampir semua tanaman, dan berpotensi sumber makanan utama. Sayangnya, manusia tidak memiliki enzim yang diperlukan untuk membelah hubungan antara gula dalam selulosa. Bahkan, selulosa kristal ditambahkan ke beberapa makanan untuk mengurangi nilai kalori.

Struktur Selulosa

Selulosa biasanya digambarkan oleh ahli kimia dan ahli biologi sebagai karbohidrat kompleks (diucapkan mobil-kupu-HI-drayt). Karbohidrat adalah senyawa organik yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen yang berfungsi sebagai sumber energi bagi makhluk hidup. Tanaman mampu membuat karbohidrat mereka sendiri yang mereka gunakan untuk energi dan membangun dinding sel mereka. Menurut berapa banyak atom yang mereka miliki, ada beberapa jenis karbohidrat, tapi yang paling sederhana dan paling umum di pabrik adalah glukosa. Tanaman membuat glukosa (dibentuk oleh fotosintesis) yang akan digunakan untuk energi atau untuk menyimpan pati untuk digunakan nanti. Sebuah pabrik menggunakan glukosa untuk membuat selulosa ketika link banyak unit sederhana glukosa bersama untuk membentuk rantai panjang. Ini rantai panjang disebut polisakarida (yang berarti “banyak gula” dan diucapkan Pahl-lee-SAK-uh-rydes), dan mereka membentuk molekul yang sangat panjang yang menggunakan tanaman untuk membangun dinding mereka.

Hal ini karena molekul-molekul panjang yang selulosa tidak larut atau tidak larut dalam air. Molekul yang panjang juga dibentuk menjadi mesh silang yang memberikan kekuatan dan bentuk pada dinding sel. Jadi sementara beberapa makanan yang membuat tanaman ketika mengubah energi cahaya menjadi energi kimia (fotosintesis) digunakan sebagai bahan bakar dan beberapa disimpan, sisanya berubah menjadi selulosa yang berfungsi sebagai bahan bangunan utama untuk tanaman. Selulosa sangat ideal sebagai bahan struktural karena serat yang memberikan kekuatan dan ketangguhan untuk tanaman daun, akar, dan batang.

Fungsi Selulosa

Struktur kaku selulosa adalah apa yang memungkinkan tanaman untuk berdiri tegak, dan tanpa kekuatan selulosa, kita tidak akan memiliki kayu, kertas, atau kain katun. Karena kekuatannya, selulosa juga digunakan dalam berbagai produk sintetis seperti karpet, agen penebalan pada sampo dan tabir surya, kosmetik, plastik (seperti pegangan sikat gigi Anda), kain dan lainnya seperti rayon.

Selulosa juga memainkan peran penting dalam makanan Anda. Sebagian besar hewan tidak dapat mencerna selulosa karena sangat terkait erat bersama-sama (kecuali sapi Anda atau rayap, dalam hal ini Anda memiliki mikroorganisme khusus dalam perut Anda untuk memecah ikatan hidrogen yang kuat). Ketika Anda makan selulosa melewati menembus sistem pencernaan Anda tanpa menjadi dirusak, dan ini disebut serat tidak larut. Serat tidak larut sangat penting dalam maknan Anda karena meskipun Anda tidak mendapatkan nutrisi langsung dari selulosa, tapi berkontribusi terhadap kesehatan saluran pencernaan dengan menjaga segala sesuatu yang bergerak.

Struktur Selulosa

Selulosa adalah polisakarida yang sangat penting karena merupakan senyawa organik yang paling berlimpah di bumi. Selulosa adalah komponen utama dinding sel yang keras yang mengelilingi sel-sel tumbuhan, dan apa yang membuat tanaman batang, daun, dan cabang begitu kuat. Lain kali Anda makan salad, coba pikirkan tentang berapa banyak Anda harus mengunyahnya agar dapat menelan semua bahan tanaman. Ini tentu membutuhkan banyak pekerjaan, dan ini adalah sebagian karena struktur selulosa.

Bayangkan sekelompok tali tebal menempel, yang panjang. Hal ini sangat seperti apa kebanyakan selulosa, tetapi pada skala mikroskopis. Molekul selulosa disusun sejajar satu sama lain, dan bergabung bersama dengan ikatan hidrogen. Ini membentuk, struktur seperti kabel yang panjang, yang bergabung dengan molekul selulosa lainnya, dan apa yang menghasilkan struktur dukungan yang kuat tersebut.

Loading...