Apakah yang Dimaksud Dengan Magma?

ASTALOG.COM – Magma adalah apa yang kita sebut batuan cair di bawah permukaan bumi. Apakah itu tanah, bagaimana kita tahu tanah terbuat dari apa? Artikel kali ini akan membahas mengenai magma. Yuk simak artikel berikut ini.

Apa itu Magma?

 

Magma adalah batuan cair pijar yang terdapat di dalam perut bumi dan terdiri atas beberapa mineral dan gas. Magma yang keluar ke permukaan bumi disebut lava atau lahar. Di samping itu, magma yang membeku di dalam litosfer disebut batuan beku. Magma merupakan bagian inti bumi yang senantiasa berusaha untuk keluar ke permukaan bumi.

Terbuat dari apakah magma itu?

 

Magma terutama cairan sangat panas (yang disebut lelehan) terbentuk dari peleburan batuan di litosfer bumi atau astenosfer. Magma terdiri dari unsur-unsur yang terdiri atas mineral dalam batuan sumber.

Tapi kebanyakan magma juga memiliki hal-hal lain yang masuk tercampur. Sebagai contoh, biasanya mengandung potongan-potongan mineral yang baik belum meleleh, atau telah dipadatkan (atau mengkristal) dari keadaan cair bersama magma yang mendingin.

PELAJARI:  Kebijakan Douwes Dekker Beserta Pengaruhnya Terhadap Indonesia

Ada juga banyak gas berbeda yang terlarut dalam magma. Uap air, karbon dioksida, dan hidrogen sulfida yang umumnya. Bahkan bisa juga dalam bentuk gas asam klorida atau sulfat. Kadang-kadang gelembung gas akan terbentuk di lelehan.

Meskipun batu bisa meleleh di mana saja, ada tiga lingkungan di mana peleburan biasa terjadi karena mekanisme yang membantu untuk meningkatkan suhu dari bebatuan:

– Pegunungan pertengahan laut
Peleburan terjadi di bawah pegunungan pertengahan laut, di mana lempeng tektonik yang meluncur menjauh dari satu sama lain. Di suatu tempat, batuan mantel panas meningkat dalam arus yang bergerak lambat. Peleburan terjadi pada kedalaman yang relatif dangkal (kurang dari 50 kilometer) karena dua alasan. Pertama, semakin rendah batuan litosfer meleleh karena mereka dipanaskan oleh batuan yang lebih panas di bawah ini. Kedua, batuan mantel naik meleleh karena tekanan pada mereka menurun karena mereka bergerak ke atas.

– Lapisan hot spot
Peleburan terjadi di tempat di mana batuan mantel panas memanaskan dasar litosfer. Tempat-tempat ini disebut bulu mantel atau hot spot. Litosfer tidak retak, seperti halnya di pegunungan di tengah laut, tapi bergerak di atas hot spot stasioner. Salah satu contoh yang terkenal adalah di mana lempeng Pasifik meluncur diatas hot spot dan menghasilkan gunung berapi membentuk Kepulauan Hawaii.

PELAJARI:  Ikatan Kimiawi yang Berperan Penting dalam Kimia Kehidupan

– Zona Lempeng subduksi
Batuan juga meleleh di zona subduksi lempeng, di mana dasar laut litosfer ditarik ke bawah ke dalam mantel. Peleburan biasanya dimulai pada kedalaman kurang dari 100 kilometer. Suhu leleh menjadi lebih rendah dalam lingkungan ini karena semua air yang terperangkap dalam batuan dasar laut dan dalam sedimen tanah liat yang dibawa turun bersama lempeng.

Apa yang Terjadi Pada Magma?

Karena magma merupakan cairan panas, ia memiliki daya apung alami, yang menyebabkan untuk bermigrasi ke atas (semacam seperti balon udara panas yang naik). Hal ini juga dapat bergerak sebagai respon terhadap perbedaan tekanan, seperti cairan lain. Setelah batu mencair, magma mulai bergerak.

PELAJARI:  Keanekaragaman Jenis dan Penyebaran Kura-kura

Ketika magma berpindah menjauh dari zona peleburan, perlahan-lahan mendingin. Seperti halnya, lebih dan lebih padat butiran mineral mengkristal sampai akhirnya semua lelehan hilang. Terkadang magma akan mendapatkan cukup dekat ke permukaan untuk memberi letusan gunung berapi. Tapi sebagian besar waktu itu mendingin dan mengkristal di bawah tanah, membentuk batuan beku intrusif.

Massa besar dari mereka batuan beku disebut pluton. Ketika pluton yang terangkat selama tabrakan lempeng tektonik, kemudian terkikis oleh angin dan air dan es, mereka terungkap kepada kita dalam topografi kasar dari pegunungan dunia. Jadi bahkan jika Anda tidak pernah melihat magma, Anda dapat dengan mudah melihat akan membentuk batu.

Jadi kenapa magma dan lava memiliki nama yang berbeda? Mungkin karena lava diberi nama pertama, sekitar tahun 1750, sebelum orang menyadari bahwa itu berasal jauh di bawah tanah. Lokasi adalah segalanya, seperti yang mereka katakan.