Cara Kerja Sistem Pencernaan

ASTALOG.COM – Sistem pencernaan adalah sekelompok organ yang bekerja sama untuk mengubah makanan menjadi energi dan nutrisi dasar untuk memberi makan seluruh tubuh. Makanan melewati tabung panjang dalam tubuh yang dikenal sebagai saluran pencernaan. Saluran pencernaan terdiri dari rongga mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus kecil, dan usus besar. Selain saluran pencernaan, ada beberapa organ penting yang membantu tubuh Anda untuk mencerna makanan

Apa itu sistem pencernaan?

Sistem pencernaan terdiri dari saluran gastrointestinal – juga disebut saluran pencernaan – dan hati, pankreas, dan kantong empedu. Saluran pencernaan adalah serangkaian organ berongga yang tergabung dari mulut ke anus. Organ berongga yang membentuk saluran pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, usus kecil, usus besar – yang meliputi rektum – dan anus. Makanan masuk ke dalam mulut dan lolos ke anus melalui organ berongga dari saluran pencernaan. Hati, pankreas, dan kantong empedu adalah organ padat dari sistem pencernaan. Sistem pencernaan membantu tubuh mencerna makanan.

Bakteri dalam saluran pencernaan, juga disebut flora usus atau microbiome, membantu pencernaan. Bagian dari sistem saraf dan peredaran darah juga memainkan peran dalam proses pencernaan. Bersama-sama, kombinasi dari saraf, hormon, bakteri, darah, dan organ-organ sistem pencernaan menyelesaikan tugas kompleks mencerna makanan dan cairan yang dokonsumsi setiap hari.

Nah, apa pentingnya dan bagaimana cara kerjanya?

Bagaimana pentingnya pencernaan?

Pencernaan penting untuk memecah makanan menjadi nutrisi, yang menggunakan tubuh untuk energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel. Makanan dan minuman harus diubah menjadi molekul nutrisi yang lebih kecil sebelum diserap darah dan membawanya ke sel-sel di seluruh tubuh. Tubuh memecah nutrisi dari makanan dan minuman menjadi karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin.

Bagaimana cara kerjanya?

Pencernaan bekerja dengan memindahkan makanan melalui saluran pencernaan. Pencernaan dimulai di mulut dengan mengunyah dan berakhir di usus kecil. Ketika makanan melewati saluran pencernaan, bercampur dengan cairan pencernaan, menyebabkan molekul besar makanan untuk terurai menjadi molekul yang lebih kecil. Tubuh kemudian menyerap molekul-molekul yang lebih kecil melalui dinding usus kecil ke dalam aliran darah, yang membawanya ke seluruh tubuh. Produk limbah pencernaan melewati usus besar dan keluar dari tubuh sebagai zat padat yang disebut tinja.

Bagaimana makanan bergerak melalui saluran pencernaan?

Organ besar berongga dari saluran pencernaan mengandung lapisan otot yang memungkinkan dindingnya untuk bergerak. Gerakan organ dinding – disebut peristalsis – mendorong makanan dan cairan melalui saluran pencernaan dan campuran isi dalam setiap organ. Peristaltik terlihat seperti gelombang laut perjalanan melalui otot saat berkontraksi dan rileks.

– Kerongkongan
Ketika seseorang menelan, makanan terdorong ke kerongkongan, tabung berotot membawa makanan dan cairan dari mulut ke perut. Setelah menelan dimulai, proses berada di bawah kendali kerongkongan dan otak. Semakin rendah esophageal sphincter, otot berbentuk seperti cincin di persimpangan kerongkongan dan lambung, mengontrol bagian dari makanan dan cairan antara kerongkongan dan lambung. Ketika makanan mendekati sphincter tertutup, otot rileks dan memungkinkan makanan melewati perut.

– Perut
Perut menyimpan makanan dan cairan yang ditelan, mencampur makanan dan cairan dengan jus pencernaan yang dihasilkan, dan perlahan-lahan mengosongkan isinya, yang disebut chyme, ke dalam usus kecil. Otot bagian atas perut rileks untuk menerima volume besar bahan yang tertelan dari kerongkongan. Otot bagian bawah perut mencampur makanan dan cairan dengan jus pencernaan.

– Usus halus
Otot-otot usus kecil mencampur makanan dengan jus pencernaan dari pankreas, hati, dan usus dan mendorong campuran ke depan untuk membantu pencernaan lebih lanjut. Dinding usus kecil menyerap nutrisi ke dalam aliran darah. Darah memberikan nutrisi ke seluruh tubuh.

– Usus besar
Produk limbah dari proses pencernaan termasuk bagian tercerna dari makanan dan sel-sel yang lebih tua dari lapisan saluran pencernaan.
Otot mendorong produk-produk limbah ke dalam usus besar. Usus besar menyerap air dan nutrisi yang tersisa dan mengubah limbah dari cair menjadi tinja. Rektum meyimpan tinja lalu mendorongnya keluar dari tubuh selama buang air besar.