Penyebab Timbulnya Jerawat dan Cara Menghilangkannya

Loading...

ASTALOG.COM – Memiliki jerawat membuat kita merasa tidak percaya diri. Sebanarnya Jerawat memang bisa kita obati, namun alangkah lebih baiknya jika kita mencegah jerawat itu timbul.

kata pepatah, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Karena sejatinya jerawat yang sudah terlanjur membanyak itu susah sekali untuk sembuh total, alias hanya mengurangi saja. Apa yang menyebabkan sehingga timbulnya jerawat? Dan bagaimana cara untuk menghilangkannya? Artikel kali ini akan membahas mengenai jerawat. Yuk simak artikel berikut ini.

Penyebab Timbulnya Jerawat
Berikut ini adalah penyebab timbulnya jerawat:

Menyentuh kulit wajah
Ternyata dengan menyentuh kulit itu juga bisa menyebabkan jerawat. Hal ini dikarenakan kulit wajah seseorang itu sensitive dengan tangan apalagi tangan yang kotor.

Coba anda perhatikan, bagian wajah yang sering anda sentuh seperti pelipis dan dagu timbul jerawat bukan? Walaupun tak semua kulit seperti ini, namun alangkah lebih baiknya jika sebelum anda menyentuh kulit bersihkan tangan anda dahulu.

Faktor genetik
Jerawat seseorang bisa timbul karena adanya faktor keturunan atau genetic, kebanyakan seseorang yang memiliki orang tua berjerawat maka anaknya akan tertular kjerawat pula saat sudah menginjak masa remaja.

Faktor Gaya hidup
Faktor penyebab seseorang berjerawat yang selanjutnya adalah karena pola hidup yang tak sehat, contoh anda kurang tidur dan terlelu kebanyakan merokok juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat diwajah.

Faktor makanan
Ada banyak sekali makanan yang bisa menimbulkan jerawat anda muncul, dan salah satu makanan yang paling mendominasi penyebab munculnya jerawat adalah makanan yang banyak terkandung lemak dan kalori tinggi.

Seperti, kacang-kacangan, telur ayam bagian kuningnya, gorengan dan masih banyak makanan lainnya.

Keselahan memilih kosmetik
Salah sat penyebab yang selanjutnya adalah karena anda memilih jenis kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit anda, olehkarennya usahakan anda memilih kosmetik secara bijak sebelum membelinya.

Salah satu masalah yang sering timbul akibat memakai produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit adalah, wajah akan berkomedo, rusak merah merah, berpori-pori besar dan tentunya berjerawat.

Stres
Ternyata Stres juga dapat memicu timbulnya jerawat diwajah, hal ini dikarenakan adanya peningkatan kadar androgen, (h0rm0n yang dapat memicu munculnya komedo), nah seperti yang kita tahu bahwa komedo jika tidak diatasi juga bisa menyebabkan terjadinya jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat

• Membersihkan wajah secara rutin. Membersihkan wajah menggunakan sabun pH-balanced atau memakai sabun sulfur dapat menghilangkan kotoran dan bakteri yang terdapat pada kulit serta mengangkat sel-sel kulit yang telah mati. Sebaiknya hindari menggunakan sabun biasa atau sabun bayi untuk membersihkannya.

• Gunakan scrub seminggu dua kali. Juga oleskan acne lotions atau acne cream pada bagian kulit yang terkena jerawat.

• Jangan memencet jerawat menggunakan tangan, karena ditakutkan akan terjadi infeksi jika tercampur dengan kuman atau bakteri yang masuk kedalam kulit.

• Gunakan masker dari bahan alami seperi masker ketimun, masker madu, masker kuning telur dan masker buah kenari untuk menghilangkan jerawat.

• Penggunaan bahan alami lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbaya. Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat masker dari bahan-bahan tersebut, berikut ini panduan membuat masker sebagai perawatan alami untuk menghilangkan jerawat.

• Masker ketimun, havermut, yogurt. Caranya haluskan satu ketimun bersama secangkir havermut menggunakan blender. Kemudian campurkan yogurt kedalam adonan tersebut, aduk hingga rata. Gunakan masker tersebut dengan cara dioleskan ke leher dan muka kemudian diamkan kurang lebih 30 menit. Usaplah menggunakan handuk yang telah direndam dengan air hangat. Bersihkan sisa masker menggunakan air hangat.

• Masker Madu. Masukkan madu kedalam botol kemudian panaskan menggunakan air hangat agar teksturnya lebih cair dan dapat dioleskan ke wajah. Kemudian oleskan pada leher dan wajah Anda, tunggu hingga kurang lebih 30 menit. Kemudian bersihkan dengan kain handuk yang telah direndam menggunakan air hangat.

• Masker Kuning telur. Ambil telur kemudian pisahkan kuning telur dan putih telur. Ambil kuningnya kemudian kocok didalam wadah, bisa piring atau mangkuk. Kemudian oleskan ke wajah hingga rata. Kemudian diamkan kurang lebih 15 menit sampai mengering. Lalu usapkan handuk basah untuk menghilangkan kuning telur. Terakhir bilas menggunakan air hangat.

• Masker Buah kenari dan yogurt. Caranya ambil kenari kemudian hancurkan sampai menjadi bubuk. Ambil bubuk tersebut kurang lebih 2 sendok teh untuk dicampurkan dengan yogurt polos. Setelah kedua bahan tersebut tercampur rata, gunakan untuk memijat wajah. Diamkan kurang lebih selama 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Loading...