Cara Menunjukkan Kasih Sayang atau Hormat Kepada Orang Tua

ASTALOG.COM – Hormat dan patuh pada orang tua harus tetap kita laksanakan, baik selama kedua orangtua masih hidup maupun setelah meninggal dunia. Sikap untuk menghormati orang tua yang masih hidup bisa dilakukan dengan banyak caranya. Hal ini tergambar dari bagaimana adab kita terhadap orang tua. Adab kepada kedua orang tua artinya tata cara yang baik bergaul dengan kedua orang tua, baik dalam hal perbuatan, sikap dan tutur kata.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghormati kedua orang tua, antara lain:
1. Berperilaku hormat
2. Bersikap kasih sayang
3. Bersikap dan berbicara dengan sopan santun.
4. Mentaati setiap perintah kedua orang tua kita, selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam. 5. Membantu meringankan pekerjaan merema.
6. Mendo’akan kebaikan bagi kedua orang tua setiap selesai shalat fardhu.
7. Gembirakan mereka dengan perbuatan-perbuatan yang baik, misalnya dengan rajin ibadah dan sebagainya agar mereka selalu ridha kepada kita.

Dalam sebuah hadits Nabi mangatakan:” Ridha Allah tergantung kepada ridha orang tua, dan murka Allah terkandung kepada murka kedua orang tua”

Muliakan keduanya, terutama ibu. Namun tidak berarti bapak tidak perlu dimuliakan tetap saja wajib, hanya kepada ibu harus lebih-lebih dimuliakan. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits Nabi Muhammad SAW: “ Siapakah orang yang paling saya jadikan sebagai sahabat dalam kehidupan ini? Baginda SAW menjawab dengan singkat: “Ibumu” kemudianorang itu bertanya lagi: “Kemudian siapa lagi ya Rasulullah?” beliau menjawab lagi:”Ibumu”. Dengan penasaran dan tidak puas orang itu bertanya lagi:”Kemudian dengan siapa lagi ya Rasulullah?”Rasulullah SAW menjawab lagi dengan tegas;’Ibumu”. Dan orang itu masih bertanya lagi: “Kemudian siapa lagi, ya Rasulullah?” Rasul menjawab: “Kemudian dengan ayahmu” (HR. Bukhari dan Muslim). Sealain itu al-qur’an juga menggambarkan betapa susah seorang ibu  dalam mengurus anaknya dari ketika dalam kandungan. Terdapat dalam Q.S. Luqman ayat 14,

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam Keadaan lemah yang bertambah- tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. bersyukurlah kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Jadi, sebagai anak harusnyalah kita tetap harus dapat menghormati dan mematuhi segala apa yang di perintahkannya, selama perintahnya tidak melanggar ajaran agama Islam. Selanjutnya, walaupun orang tua kita sudah meninggal dunia maka kita juga masih harus tetap hormat kepada beliau, semuanya haruslah kita kita tahu bagaimana adab yang harus dan bisa kita lakukan kepada orang tua kita yang sudah meninggal dunia. Adab kepada orang tua yang sudah meninggal dunia tentunya berbeda dengan adab kita terhadap orang tua kita yang masih hidup. Untuk itu, kita akan menuliskan adab kita terhadap orang tua kita yang sudah meninggal dunia, diantaranya:

1. Selalu mendo’akannya
2. Atau do’a khusu untuk orang yang sudah meninggal
3. Tidak memutuskan tali silaturahim dengan keluarga, kerabat dan sahabat-sahabat mereka.
4. Pergilah berziarah ke kuburnya. Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan olehAbu Hurairah, Rasulullah bersabda:
”Barang siapa yang berziarah ke kubur kedua orang tuanya, atau salah seorang darim keduanya pada tiap hari jum’at, maka dosanya akan diampuni Allah dan ia dinyatakan sebagai seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya.
5. Meneladani sikap-sikap yang baik dari keduanya.
6. Melaksanakan setiap wasiat atau pesan dari keduanya.
7. Melanjutkan cita-cita atau perjuangan yang pernah dilakukan sewaktu hidup.