Benua Asia dan Benua Eropa Dipisahkan Oleh?

Loading...

Sekilas Mengenai Benua Eropa.
Benua Eropa adalah satu satunya benua yang berbatasan langsung dengan Benua Asia. Luas wilayahnya mencapai 10.355.000 km2 dan terletak pada 9’BB–60’BT dan 80’LS–35’LU.

Secara geografis, Eropa terbagi atas empat kawasan yakni kawasan Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara.

Keadaan alam Eropa sangat beragam karena termasuk dalam rangkaian Pegunungan Sirkum Mediterania. Puncak tertinggi di Benua eropa adalah Gunung Elbrus (5.633 m) dan titik terendahnya Laut Kaspia yang berada pada kedalaman 28 meter di bawah permukaan laut. Rangkaian pegunungan yang terdapat di Eropa merupakan sumber mata air bagi sungai-sungai besar yang mengalir di daratan Eropa.

Berdasarkan arah aliran dan tempat bermuaranya, sungai-sungai besar di Eropa dikelompokkan menjadi lima yaitu sebagai berikut:

* Sungai-sungai yang bermuara ke Laut Tengah yaitu Sungai Ebre (Spanyol), Sungai Rhone (Prancis), dan Sungai Po (Italia).
* Sungai-sungai yang bermuara ke arah barat (Samudra Atlantik) yaitu Sungai Seine, Sungai Rhein, Loire (Prancis), dan Sungai Guadiana (Portugal).
* Sungai-sungai yang bermuara ke laut utara yaitu Sungai Wesser dan Sungai Elbe (Jerman), Sungai Oder, Sungai Vistula (Polandia).
* Sungai yang bermuara ke Laut Kaspia yaitu Sungai Volga (sungai terpanjang di Eropa).
* Sungai yang bermuara ke Laut Hitam yaitu Sungai Donau (Rumania).

BACA JUGA:  Fasilitas-Fasilitas Apa Sajakah yang Terdapat Pada Internet?

Sebagian besar wilayah Eropa beriklim subtropis, kecuali bagian paling selatan. Hal ini disebabkan oleh posisinya yang berada di atas garis balik utara. Iklim tersebut turut dipengaruhi oleh keberadaan pegunungan dan lautan yang melingkari setengah bagian Eropa.

Karakteristik Benua Eropa.
* Sebagian besar penduduknya keturunan kulit putih.
* Terdapat keajaiban dunia yang berupa menara yaitu Menara Eifel (Prancis) dan Menara Pisa (Italia).
* Asal dari bahasa yang digunakan secara internasional yaitu bahasa Inggris.
* Pusat olahraga sepak bola dunia.
* Pusat mode dunia yaitu di Paris dan Milan.
* Tempat tokoh-tokoh penjelajah dunia.
* Pelopor dalam penemuan dan ilmu pengetahuan, serta teknologi.
* Tempat lahirnya ideologi-ideologi kapitalisme, kolonialisme, imperalisme, sosialisme, liberalisme, dan komunisme.

Sekilas Mengenai Benua Asia.
Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia. Luasnya mencapai 44.391.000 km2 dan terletak pada 26’BT – 169’BB dan 11’LS – 77’LU. Asia terbagi atas lima kawasan yakni kawasan Asia Barat, Asia Timur, Asia Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Batas Benua Asia ialah dengan Samudra Arktik di utara, dengan Samudra Hindia di selatan, dengan Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat Bering dan Samudra Pasifik di timur.

BACA JUGA:  Jelaskan Perbedaan Negara Serikat dan Perserikatan Negara

Keadaan alam Benua Asia terdiri atas empat bagian. Bagian yang pertama ialah pegunungan lipatan muda yang membujur dari Laut Tengah hingga ke Turki. Bagian yang kedua adalah plato (dataran tinggi) yang terdiri atas Plato Arab di bagian timur Asia Barat serta Plato Dekkan di India. Bagian yang ketiga merupakan dataran rendah di bagian utara yang meliputi kawasan Siberia dan Turan di Rusia. Bagian keempat merupakan dataran rendah dan daerah aliran Sungai Tigris, Eufrat, Indus, Gangga, Irawadi, Brahmaputra, Mekong, Yang Tse, dan Huang Ho.

Dikarenakan wilayah Benua Asia yang sangat luas, maka ada beberapa iklim yang berlaku, antara lain:

1. Iklim tropis, yakni iklim yang berciri curah hujan tinggi, kelembapan tinggi, dan suhu yang panas sepanjang tahun, sebagian besar terdapat di wilayah Asia Tenggara.
2. Iklim subtropis, yakni iklim yang berciri adanya empat musim. Empat musim tersebut ialah musim dingin, semi, panas, dan gugur. Sebagian besar terdapat di wilayah Asia Timur.
3. Iklim sedang, yaitu iklim yang merupakan perpaduan antara iklim subtropis dengan iklim kutub, terdapat di kawasan sekitar Mongolia.
4. Iklim kutub, yakni iklim yang berciri musim dingin yang panjang dan musim panas yang sangat pendek, terdapat di daratan Asia bagian utara sekitar Siberia.
5. Iklim kontinental, yakni iklim yang berciri adanya pengaruh daratan yang kuat, terdapat di daerah sekitar Gurun Gobi atau di pedalaman benua.
6. Iklim gurun, yakni iklim yang berciri perubahan suhu selalu berubah-ubah dengan cepat serta curah hujan yang rendah, terdapat di sebagian besar wilayah Asia Barat atau Timur Tengah.

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud Dengan Ideologi?

Karakteristik Benua Asia.
* Merupakan benua terluas di dunia.
* Tempat lahirnya agama-agama besar seperti Islam, Kristen, Hindu, Buddha, dan Konghucu.
* Empat dari tujuh keajaiban dunia terdapat di Benua Asia, yaitu Tembok Raksasa (Cina), Taj Mahal (India), Borobudur (Indonesia), dan Kabah (Arab Saudi).
* Terdapat gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest (8.848 m).
* Penghasil minyak bumi terbesar di dunia (Arab Saudi).
* Enam dari sepuluh negara dengan penduduk terbanyak di dunia, yaitu Cina, India, Indonesia, Bangladesh, Pakistan, dan Jepang.
* Terdapat laut dengan kadar garam tertinggi di dunia, yaitu Laut Mati (+26%) dekat Yordania.
* Mempunyai danau terluas di dunia yaitu Danau Laut Kaspia (+394.300 km2).
* Mempunyai laut yang terluas di dunia, yaitu Laut Cina Selatan.

Jadi, Antara Daratan Benua Asia dan Benua Eropa hanya dipisah oleh Pegunungan Ural yang membujur dari Laut Kaspia ke arah Utara sampai Laut Artik.