Pertanyaan Seputar Plantae

ASTALOG.COM – Pada awalnya, semua organisme dibagi menjadi dua kingdom yaitu tumbuhan dan hewan. Aristoteles (384 SM – 322 SM) memberikan pengertian bahwa tumbuhan adalah organisme yang tidak bergerak, sedangkan hewan bergerak untuk mencari makanan.Kemudian Linnaeus (1707-1778) membuat sistem klasifikasi modern yang membagi dua seluruh organisme menjadi kingdom vegetabilia (yang kemudian disebut plantae) dan animalia. Kemudian, fungi (jamur) dan beberapa grup alga dikeluarkan dari kingdom plantae. Walaupun mereka mirip dengan tumbuhan, namun mereka tidak memiliki beberapa ciri khas tumbuhan. Tidak memiliki klorofil, misalnya.

Kingdom Plantae terdiri dari hidup organisme multisel dan juga dikenal sebagai tumbuhan hijau. Mereka membentuk kelompok yang mencakup varietas tumbuhan yang berbeda seperti tumbuhan berbunga, gymnosperma, pakis, lumut, lumut hati, dan juga Tumbuhan ganggang hijau dll yang hadir di darat, di perairan tawar dan laut. Tumbuhan telah hidup di bumi sejak jutaan tahun yang lalu. Ada sekitar 2 juta spesies tumbuhan.

Apa itu Plantae?
Plantae adalah kelompok di mana organisme hidup selain hewan secara tradisional dibagi ke dalamnya. Pembagian ini berawal dari Aristoteles yang membedakan tumbuhan menjadi organisme yang tidak bergerak. Kemudian, Linnaeus mengusulkan dasar klasifikasi modern, pembagian dari dua kelompok itu menjadi Plantae dan Animalia.

Bagaimana Ciri dari Kingdom Plantae?
Berikut adalah daftar ciri-ciri kingdom plantae.

Ciri-ciri inilah yang membedakan kingdom plantae dengan kingdom fungi dan beberapa jenis alga.

1. Multiseluler (memiliki banyak sel)
2. Terdapat dinding sel yang terbuat dari selulosa
3. Eukariotik
4. Mendapatkan makanan dengan cara fotosintesis yang dibantu dengan cahaya matahari
5. bereproduksi secara seksual (putik dan benang sari) maupun aseksual (cangkok, tunas, setek, dll)
6. Hidup di daratan atau perairan
7. Autrotrof (dapat membuat makanan sendiri)
8. Selain itu, plantae memiliki organ dan sistem organ. Memiliki daun untuk mengumpulkan sinar matahari yang digunakan untuk membuat glukosa. Memiliki akar untuk memperkokoh tumbuhan dan menyerap air. Alat reproduksi seksualnya adalah bunga.

Sebutkan Jenis-Jenis dari Kingdom Plantae?
Jumlah Kingdom Plantae (tumbuhan) di muka bumi diperkirakan mencapai +/- 400.000 jenis spesies. Kingdom Plantae sendiri dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan jaringan pengangkutnya, yaitu tumbuhan avascular (tidak memiliki jaringan pengangkut) dan tumbuhan vascular

1. Tumbuhan Avascular
Pada tumbuhan Avascular hanya terdapat 1 jenis golongan, yaitu hanya golongan lumut.
Tumbuhan Lumut (Bryophyta) :
Ciri-ciri tumbuhan lumut :
a. Tidak memiliki jaringan pengangkut
b. Tidak memiliki akar, batang, dan daun sejati (talus)
c. Mengalami pergiliran keturunan (gametofit-sporofit)
d. Reproduksi seksual dan aseksual ( spora)
e. Habitat yang di tempat yang lembab
f. berukuran hidup kecil dan berkoloni

2. Tumbuhan Vascular
Pada tumbuhan Vascular di bagi menjadi 2 golongan, yaitu tumbuhan berpembuluh tidak berbiji dan tumbuhan berpembuluh berbiji. Pada tumbuhan berpembuluh tidak berbiji dibagi dalam 4 divisi dan tumbuahan berpembuluh di bagi menjadi 2 bagian, yaitu Angiospermae dan Gymnospermae.

Tumbuhan Berpembuluh tidak berbiji (Tumbuhan Paku)
ciri-ciri :
a. Memiliki jaringan pengangkut
b. Dapat di bedakan akar, batang, dan daun sejati
c. Alat reproduksi aseksual berupa spora
d. Spora di hasilkan oleh sporofil (daun yang fertil/subur)
e. Mengalami metagenesis