Cara Mengobati Gigi Berlubang

Loading...

ASTALOG.COM – Gigi merupakan organ yang sangat penting mengingat perannya sebagai pelumat makanan. Kesehatan gigi sangat perlu untuk dijaga. Karena organ ini seringkali terkontak dengan bakteri sebagaimana mulut merupakan pintu masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh.

Untuk makan makanan yang enak, maka perlu kita merawat gigi agar tidak berlubang. Artikel kali ini kan membahas mengenai cara mengatasi gigi berlubang.

Cara Mengatasi Gigi Berlubang

Berikut ini cara mengatasi gigi berlobang, yaitu:

1. Menghindari Sejumlah Makanan
Dalam cara perawat gigi berlubang, diketahui beberapa macam makanan yang ternyata dapat memicu kambuhnya rasa nyeri saat Anda memiliki satu atau beberapa gigi berlubang.

Makanan yang terlalu dingin atau panas, manis ataupun makanan yang berbumbu terlalu pekat seperti makanan bersantan dan lain sebagainya. Jika Anda merasakan ngilu atau nyeri yang bersifat kambuhan disekitar mulut atau rahang, coba periksa keadaan gigi Anda dengan melihat di kaca kamar mandi ataupun kaca rias.

Jika Anda mendapati lubang pada gigi, maka segera hindari beberapa jenis makanan tersebut sebagai bentuk perawatan gigi berlubang agar nyeri yang terasa tidak lebih hebat dibandingkan yang Anda rasakan saat ini.

2. Menggosok Gigi
Tips merawat gigi berlubang yang paling umum dan sangat disarankan adalah memperbaiki cara menggosok gigi secara benar dan rutin. Gigi berlubang mungkin saja diakibatkan karena Anda sering melupakan jadwal menggosok gigi minimal 2 kali sehari yang wajib dilakukan.

BACA JUGA:  Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Oleh karena itulah, anjuran untuk mencegah bertambah parahnya lubang yang bisa bertambah lembar adalah dengan secara rutin menggosok gigi. Bahkan, nyeri ketika gigi berlubang dapat dicegah dengan menggosok gigi secara rutin.

Terdapat beberapa orang yang menggunakan cara merawat gigi berlubang yang mulai nyeri dengan sesegera mungkin menggosok gigi. Biasakanlah mulai dari sekarang untuk menggosok gigi secara rutin setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

3. Menggunakan Pasta Gigi Khusus
Untuk gigi berlubang, biasanya akan disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang khusus untuk menangani masalah tersebut.

Pasta gigi yang dikhususkan untuk gigi berlubang umumnya akan mengandung lebih banyak kalsium dan xylitol untuk memperbaiki email atau bagian gigi yang rusak dan berlubang.

Cara merawat gigi berlubang yang satu ini jelas dapat diandalkan terutama jika lubang pada gigi Anda masih dalam taraf yang bisa diperbaiki. Gunakan secara teratur pasta gigi berkalsium tinggi ini terutama untuk minimal 2 kali jadwal menggosok gigi Anda.

4. Berkumur dengan Air Garam
Ketika gigi berlubang Anda terasa nyeri, apalagi mulai membengkak pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan untuk meringankan rasa sakit ini adalah dengan berkumur menggunakan air garam yang hangat.

BACA JUGA:  Malaria Tropikana

Air garam ini diketahui dapat menjadi anti-bakteri yang mungkin menyebabkan gigi berlubang atau terserang nyeri. Sehingga, hal ini dapat menjadi cara merawat gigi tradisional yang bisa Anda tempuh. Cara ini ditempuh dengan melarutkan 1 sendok garam dengan segelas atau setara 250 cc air hangat. Anda juga bisa mencampurkan perasan air jeruk kedalamnya untuk lebih mengefektifkan obat tradisional ini.

5. Mengkonsumsi Sumber Kalsium
Mengkonsumsi sumber mengkonsumsi berkalsium untuk memperbaiki gigi yang berlubang. Cara merawat gigi berlubang ini bisa maksimal jika ditempuh dengan perawatan gigi yang intensif. Pengkonsumsian sumber makanan yang berkalsium tinggi ini dapat membantu dan mendukung secara internal perbaikan gigi berlubang Anda. Sumber makanan berkalsium tinggi seperti susu, telur, dan multivitamin berkalsium lainnya.

Berkonsultasi ke dokter gigi merupakan cara wajib yang harus Anda lakukan sembari mengaplikasikan cara merawat gigi berlubang seperti yang dipaparkan oleh penulis. Dengan berkonsultasi pada dokter gigi, masalah gigi berlubang akan jelas diketahui bagaimana cara penyembuhan yang tepat.

Cara Mengobati Sakit Gigi yang Berlobang

1. Membersihkan Mulut dan Gigi
Bakteri adalah penyebab utama sakit gigi karena bakteri dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Jadi jangan lupa or malas untuk membersihkan mulut terutama setalah kalian selesai makan.

BACA JUGA:  Sebutkan Pelayanan Dalam Posyandu?

2. Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga obat loh. caranya teteskan sesendok demi sesendok pada bagian gigi yang sakit setiap 10 menit, sampai sari jeruknya habis. Vitamin C pada sari jeruk juga bisa meredakan sakit gigi dan itulah jeruk nipis menjadi salah satu cara mengobati sakit gigi belubang.

3. Belimbing Wuluh
Caranya Ambil beberapa buah belimbing wuluh Cuci bersih, kedian makan dengan menggunakan garam. Kunyah perlahan dengan menggunakan gigi yang sakit.

4. Cengkeh
Cengkeh juga bisa mengurangi rasa sakit pada gigi karena Cengkeh ini memiliki anti – inflamasi, antioksidan, anti bakteri dan sifat anestesi. Caranya semprotkan sedikit minyak cengkeh ke kapas lalu tempelin pada gigi yang sakit. kalian juga bisa campurin beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas berisi air untuk berkumur.

5. Bawang Putih
Bawang putih yang memiliki sifat antibiotik ini sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya ambil satu siung bawang putih tumbuk sampai halus, tambahkan garam dan oleskan langsung pada gigi yang terasa sakit. Ulangi perawatan ini sampai beberapa hari.