Sebutkan 3 Contoh Sikap Empati dan Simpati?

ASTALOG.COM – Memang benar kalau manusia dibekali dengan akal, pikiran dan perasaan. Dimana akal dan pikiran digunakan untuk membuat mereka menjadi lebih maju, sedangkan untuk perasaan digunakan agar mereka lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Menggambarkan perasaan manusia, biasanya terwujud dalam bentuk rasa empati dan simpati. Meskipun keduanya terdengar serupa, namun memiliki arti yang berbeda.

Pengertian Empati dan Simpati
Empati didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk mengenali, mempresepsi, dan merasakan perasaan orang lain. Karena pikiran, kepercayaan, dan keinginan seseorang berhubungan dengan perasaannya, seseorang yang berempati akan mampu mengetahui pikiran dan mood orang lain. Empati sering dianggap sebagai semacam resonansi perasaan.

Simpati adalah suatu proses dimana seseorang merasa tertarik terhadap pihak lain, sehingga mampu merasakan apa yang dialami, dilakukan dan diderita orang lain. Dalam simpati, perasaan memegang peranan penting. Simpati akan berlangsung apabila terdapat pengertian pada kedua belah pihak. Simpati lebih banyak terlihat dalam hubungan persahabatan, hubungan bertetangga, atau hubungan pekerjaan. Seseorang merasa simpati dari pada orang lain karena sikap, penampilan, wibawa, atau perbuatannya. Misalnya, mengucapkan selamat ulang tahun pada hari ulang tahun merupakan wujud rasa simpati seseorang.

Contoh Sikap Empati dan Simpati
Berikut beberapa contoh dari sikap empati
1. Memberi sedekah. Sedekah sebagai amal perbuatan yang wajib kita berikan khususnya terhadap harta benda yang telah dititipkan oleh Allah SWT kepada kita. Sesungguhnya dalam harta kita ada hak orang lain, seperti zakat minimal sebesar 2,5%, atau bisa berbentuk yang lain seperti infaq, wakaf, hibah, hadiah, dan sebagainya.

2. Menolong orang sakit. Seseorang yang lemah hingga sakit, sangat membutuhkan keberadaan orang lain.
Kita akan terasa sangat berharga keberadaan dan fungsi kita di saat orang lain sangat membutuhkan. Bahkan di agama diajarkan menjenguk orang sakit akan mendapatkan pahala yang banyak, juga termasuk merawat jenazah.

3. Mencintai lingkungan dan alam. Lingkungan dan alam diciptakan Allah untuk kepentingan manusia, maka menjadi kewajiban kita untuk menjaganya. Bila hutan itu aman maka kita akan terhindar dari banjir, cuaca panas, dan kekurangan makanan dan buah-buahan. Bila sungai bersih maka kita akan mudah untuk mandi, masak, cuci, bepergian dengan naik transportasi air, dan sebagainya.

4. Mengajarkan ilmu. Bila kita dengan ilmu yang belum banyak, namun mau mengajarkan bahkan mampu membuat orang lain menjadi pandai, pintar, bahkan mandiri, maka sesungguhnya ilmu itu akan menjadi amalan jariyah yang tidak akan putus amalannya walaupun kita sudah meninggal.

5. Menghormati orang tua. Kita ada di dunia ini karena peran orang tua sangat besar. Menghormati orang yang lebih tua sama saja menghormati ayah dan ibu kita sendiri.

Berikut beberapa contoh dari sikap simpati
1. Menjenguk orang yang sakit
2. Membantu orang yang tertimpa musibah
3. Menolong orang yang kesusahan
4. Membantu memecahkan masalah seseorang
5. Membantu korban bencana alam
6. Meringankan biaya sekolah
7. Turut berduka cita atas meninggalnya seseorang
8. Menghibur teman yang sedang bermasalah
9. Mengucapkan selamat kepada orang yang sedang berbahagia