Faktor yang Mendorong Berdirinya Perusahaan Asing di Indonesia Adalah

ASTALOG.COM – Indonesia yang dikenal sebagai salah satu Negara dengan potensi yang besar baik dari segi sumber daya alam dan pengembangan usaha, menjadikannya sebagai salah satu tempat yang banyak di incar Negara lain untuk mulai membangun perusahaan yang tentu saja akan berkembang dengan cepat.

Seperti yang bisa Anda lihat, begitu banyak perusahaan asing yang berdiri di setiap kota. Ini menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia sudah mulai membuka jalan untuk Negara lain dalam mengembangkan usaha mereka di Indonesia. Berdirinya perusahaan asing tersebut juga bukan tanpa faktor. Perusahaan tersebut berdiri dengan banyak faktor, antara lain:

a. Indonesia banyak memiliki sumber daya alam (SDA) sebagai bahan baku.
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, maka tidak mustahil jika negara-negara maju dengan modal yang besar menjadikan Indonesia sebagai tempat mendirikan usaha. Dengan kekayaan alam kita ini mereka tidak perlu mencari bahan baku ke tempat lain, karena bahan baku apapun yang mereka inginkan tersedia di negeri ini.

b. Indonesia adalah negara berpenduduk besar sehingga banyak konsumen.
Penduduk Indonesia yang besar sangat berpotensi untuk pemasaran sebuah produk barang dan jasa.

c. Indonesia banyak memiliki tenaga kerja yang murah.
Tingkat pendidikan masyarakat Indonesia yang tergolong rendah, tidak adanya keahlian dan kurangnya lapangan pekerjaan menjadikan tenaga kerja Indonesia melimpah dan murah. Dengan tenaga kerja yang melimpah dan upah yang murah para pengusaha asing mendirikan perusahaan di Indonesia.

d. Stabilitas keamanan di Indonesia terjamin.
Adanya stabilitas keamanan membuat perusahaan asing menjalankan usahanya di Indonesia dengan aman, nyaman dan lancar.

Keuntungan dan Kerugian Berdirinya Perusahaan Asing di Indonesia
Tidak hanya dari segi keuntungan, berdirinya perusahaan asing juga bisa menyebabkan beberapa kerugian antara lain:

Keuntungan
a. Mengurangi pengangguran
Dengan adanya perusahaan asing di Indonesia maka pengangguran dapat dikurangi, karena akan bertambahnya kesempatan kerja bagi para pencari kerja.

b. Meningkatkan kesejahteraan rakyat
Adanya perusahaan asing di Indonesia dapat menambah kesejahteraan rakyat, karena kita tidak perlu mendatangkan barang dari luar negeri, karena barang – barang tersebut diproduksi di Indonesia.

c. Meningkatkan pendapatan negara
Negara akan mendapatkan sumber penghasilan dari pajak yang dibayarkan oleh perusahaan asing tersebut.

d. Penerapan teknologi
Mereka yang bekerja di perusahaan asing dapat menerapkan keahlian teknologinya karena akan mendapatkan pelatihan terlebih dahulu di tempat ia bekerja.

Kerugian
a. Tercemarnya lingkungan
Perusahaan asing di Indonesia dapat menimbulkan pencemaran, baik pencemaran air, udara bahkan pencemaran air laut.

b. Perubahan fungsi lahan
Adanya perusahaan asing di Indonesia dapat menimbulkan perubahan fungsi lahan. Misalnya yang seharusnya untuk lahan pertanian tetapi fungsinya akan beralih menjadi pabrik tempat perusahaan asing itu berdiri.

c. Rakyat tidak menikmati hasil alam dengan sepenuhnya.
Karena yang berdiri adalah perusahaan asing maka kekayaan alam yang seharusnya digunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, maka tidak sepenuhnya di nikmati oleh rakyat, karena harus berbagi dengan yang punya modal.