Manfaat Daun Jambu Biji

ASTALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat daun jambu bii bagi kesehatan. Yuk simak artikel berikut ini.
Jambu biji atau yang memiliki nama latin Psidium Guajava merupakan buah asli dari tanah tropis seperti Indonesia. Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari tanaman buah yang satu ini tidak hanya terbatas pada buahnya saja, tetapi juga pada daun dan batang tanaman.

Daun Jambu Biji

Sejak zaman dahulu, nenek moyang bahkan menggunakan manfaat daun jambu biji untuk meredakan gangguan pencernaan seperti diare, maag, sariawan, dan masuk angin. Hal ini dikarenakan kandungan dalam daun jambu biji seperti asam psidoklat, asam oleanolat, asam guajaverin, minyak lemak, minyak atsiri, vitamin dan tanin yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Ramuan tradisional untuk kesehatan, kebugaran dan kecantikan tubuh yang menggunakan daun jambu biji ternyata banyak sekali. Tidak hanya itu, ternyata daun jambu biji ini bisa digunakan sebagai deodorant alami untuk mengatasi masalah bau badan hanya dengan menumbuk beberapa helai daun jambu biji yang kemudian di usapkan pada bagian yang berbau.

Manfaat Daun Jambu Biji

Sebagian penelitian mengungkapkan pula manfaat dalam daun jambu biji ini seperti salah satunya yang dilakukan oleh Yakult Central Institute pada tahun 2010. Penelitian ini menemukan bahwa kandungan dalam daun jambu biji dapat menstabilkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes melitus.

Penelitian yang lainnya mengungkapkan manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yakni untuk mengatasi luka memar. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Federal Technology Nigeria membuktikan bahwa kandungan steroid dalam daun buah jambu biji dapat digunakan untuk meringankan luka sayat, memar, benturan, hingga lebam.
Aplikasi sederhana dengan menumbuk setengah halus daun jambu biji yang kemudian diletakkan pada luka terbukti akan mempercepat penyembuhan dan mengurangi resiko peradangan serta infeksi.

Manfaat lain yang juga mungkin hanya sedikit orang awam tahu adalah demam berdarah dan sakit gigi. Hal ini dikarenakan kandungan minyak atsiri di dalam daun jambu biji sehingga akan layak dijadikan obat alami. Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat alami penurun tingkat kolesterol dalam tubuh.

Kandungan gizi dalam daun jambu biji akan secara efektif mengikat dan membersihkan kolesterol dalam pembuluh darah sehingga memperlancar pula peredaran darah. Kandungan anti-oksidan dalam daun buah ini juga sangat efektif mencegah penuaan dini, penghilang jerawat dan komedo. Sehingga daun yang mudah ditemukan ini bisa menjadi bentuk masker perawatan khusus alami untuk wajah mulus berseri.

Kandungan dalam daun buah yang berupa flavanoid, polifenol, saponin, alkaloid, karoten, kuinon, anti-oksidan, dan senyawa anti-mutagenic juga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Anda bisa mendapatkan manfaat lengkap ini hanya dengan beberapa helai daun yang bisa Anda dapatkan tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Anda bisa mengambilnya langsung dari kebun yang Anda tanam sendiri atau bahkan meminta pada tetangga. Keberadaan tanaman jambu biji tergolong mudah tumbuh tanpa diperlukan sejumlah perawatan khusus. Bahkan, Anda dapat memperbanyak dengan cara cangkok sehingga mempermudah pula untuk mendapatkan manfaat daun jambu biji yang tersimpan didalamnya.