Apa yang Dimaksud dengan Diare?

Loading...

ASTALOG.COM – Diare merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di dalam masyarakat Indonesia. Pada tahun 2003, diare akibat kontaminasi bakteri merenggut sekitar 100.000 nyawa dan menjadi salah satu alasan utama perawatan inap di rumah sakit Indonesia.

Proporsi kematian akibat diare di Indonesia adalah sekitar 3,5%. Ini membuat diare menduduki peringkat ke 13 dalam penyebab kematian semua umur. Tetapi untuk bayi berumur antara 29 hari hingga 11 bulan, diare merupakan penyebab kematian pertama dengan persentase sebesar 31,4%. Sedangkan untuk balita berumur 1-4 tahun, 25% meninggal akibat diare yang berujung kepada dehidrasi.

Pengertian Diare
Dilansir dari wikipedia, Diare (bahasa Inggris: diarrhea) adalah sebuah penyakit di saat tinja atau feses berubah menjadi lembek atau cair yang biasanya terjadi paling sedikit tiga kali dalam 24 jam. Di negara berkembang, diare adalah penyebab kematian paling umum kematian balita, dan juga membunuh lebih dari 2,6 juta orang setiap tahunnya.

Faktor Penyebab Diare
Penyebab diare pada orang dewasa dan anak-anak umumnya adalah infeksi usus. Infeksi usus sendiri terjadi karena mengonsumsi makanan atau minuman yang kotor dan terkontaminasi. Mikroorganisme yang sering menyebabkan infeksi usus adalah bakteri, parasit, dan virus seperti norovirus dan rotavirus.

BACA JUGA:  Berasal Dari Manakah Gamelan Monggong?

Diare juga bisa timbul akibat faktor-faktor berikut ini:
1. Efek samping obat-obatan tertentu
2. Gelisah
3. Konsumsi alkohol dan kopi yang berlebihan

Cara Mencegah Diare
Diare bukan saja berdampak pada si penderita, tapi juga berpotensi menyebar, terutama kepada anggota keluarganya. Oleh sebab itu diare sebaiknya dicegah mulai dari aspek kontak pertama hingga penyebarannya.

Berikut adalah langkah-langkah pencegahan terkena diare akibat kontaminasi:
1. Mencuci tangan sebelum makan
2. Menjauhi makanan yang kebersihannya diragukan dan tidak minum air keran
3. Memisahkan makanan yang mentah dari yang matang
4. Makan makanan yang dimasak dari bahan-bahan yang segar
5. Menyimpan makanan di kulkas dan tidak membiarkan makanan tertinggal di bawah paparan sinar matahari atau suhu ruangan
6. Jika Anda mengalami diare, Anda boleh mengambil langkah-langkah seperti berikut ini untuk mencegah diare menyebar kepada orang-orang di sekitar Anda:
7. Jika tinggal satu rumah, pastikan penderita menghindari penggunaan handuk atau peralatan makan yang sama dengan anggota rumah lainnya
8. Membersihkan toilet dengan disinfektan setiap setelah buang air besar
9. Tetap berada di rumah setidaknya 48 jam setelah periode diare yang terakhir
10.Mencuci tangan sehabis dari toilet atau sebelum makan dan menyiapkan makanan

BACA JUGA:  Mengapa Muh. Yamin Menyebut Kerajaan Sriwijaya Sebagai Negara Nasional Pertama?

Obat Tradisional untuk Diare
Diare yang terus menerus akan menyebabkan dehidrasi pada tubuh dan akan membuat tubuh pingsan serta bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu anda harus segera mengobatinya. Inilah obat mencret alami yang bisa anda lakukan sebagai penanganan pertama obat mencret.

1. Jambu Biji
Jambu biji dan daun jambu biji sudah sangat ampuh sebagai obat mencret yang alami. Sudah banyak orang yang menggunakan cara ini dan terbukti mampu menyembuhkan penyakit diare atau mencret. Caranya anda bisa langsung mengkonsumsi secara langsung buah jambu biji. Selain itu anda juga bisa mengambil daun jambu biji yang masih muda kemudian ditumbuk dan ditambah dengan sedikit garam. Obat alami mencret ini akan menyembuhkan penyakit mencret anda secara alami dan menghilangkan rasa sakit perut. Anda juga dapat mengunyah langsung daun jambu biji yang bagian pucuk dan masih muda.

BACA JUGA:  Jelaskan Proses Terjadinya Hujan?

2. Kunyit
Kunyit juga dapat dijadikan obat mencret yang alami. Kunyit terkenal dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Caranya sangat mudah untuk membuat obat alami ini. Ambil kunyit sebesar ½ jari, kapur sirih satu sendok teh, dan satu gelas air putih. Bersihkan kunyit dan cuci sampai bersih. Kemudian rebus kunyit dalam 1 gelas air sampai tersisa 1/3 air dalam panci. Tambahkan kapur sirih aduk sampai rata. Setelah dingin, saring air tersebut. Kemudian konsumsi 3 kali dalam sehari. Minum beberapa kali sampai diare anda sembuh.

3. Air Kelapa
Air kelapa juga dapat dijadikan obat mencret yang alami. Air kelapa mengandung elektrolit yang dapat membantu menggantikan cairan tubuh dan juga dapat membunuh bakteri penyebab diare. Caranya anda cukup minum air kelapa murni tanpa gula, es atau sirup. Minum secara rutin sampai mencret anda sembuh.