Apa Saja yang Ada di Akar Rambut?

Loading...

ASTALOG.COM – Rambut atau sering juga disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut biasanya muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis.

Rambut pada manusia memiliki komponen yang terdiri dari:

  • 70%-80% keratin
  • 3-6% senyawa minyak
  • 1% zat warna melanin dan pheomelanin (pigmen warna lebih muda)
  • 15% kelembaban air
  • sisanya merupakan karbohidrat dan unsur-unsur mineral

Sedangkan untuk komposisi kimiawi batang rambut terdiri dari:

  • 44,5% karbon
  • 30% oksigen
  • 14% oksigen
  • 6,5% hidrogen
  • 5% belerang

Semua unsur tersebut terdapat dalam zat tanduk (keratin). Keratin adalah suatu protein yang terdiri dari gabungan beberapa gugus-gugus peptida, yang merupakan gabungan kompleks-kompleks asam amino, dimana dari hasil penggabungan inilah yang membentuk molekul protein yang menyerupai ulir.

Anatomi Rambut Manusia

1) Ujung Rambut

Ujung rambut berbentuk runcing dan terdapat pada  rambut yang baru tumbuh dan belum pernah dipotong.

2) Batang Rambut

Batang rambut  merupakan bagian rambut yang berada di luar kulit, berupa benang-benang halus terdiri dari keratin / sel-sel tanduk. Batang rambut tersusun atas 3 bagian, yaitu:

  • Medula (sumsum rambut) adalah inti dari rambut yang terdapat di bagian terdalam lingkaran konsentris batang rambut yang tebal. Terdiri dari sel-sel tanduk yang mengecil dalam bentuk tidak teratur. Di antara sel-sel tanduk yang mengecil terdapat rongga-rongga udara, sedangkan untuk batang rambut tipis (biasanya pada rambut pirang) tidak memiliki medula. Fungsi utama medula adalah sebagai penghasil sel yang berguna untuk menumbuhkan rambut, pigmentasi rambut, dan penghasil protein kratein.
  • Korteks (kulit rambut) terdiri dari sel-sel tanduk yang berbentuk kumparan panjang, dan sejajar dengan batang rambut. Masing-masing sel tanduk dapat diuraikan lagi menjadi satuan yang lebih halus atau biasa disebut dengan mikofibril. Setiap mikrofibil terdiri dari pilinan sekitar 11 molekul keatin yang disebut dengan protofibril, yang berbentuk spiral sehingga hal inilah yang membuat rambut memiliki sifat elastis, dapat ditarik memanjang, dan saat dilepas akan kembali memendek ke ukuran semula. Selain itu, di tempat-tempat tertentu di sepanjang jalur spiral tersebut ada hubungan yang terjadi antara molekul karena adanya ikatan hidrogen dan ikatan sulfida. Secara bersamaan, kedua ikatan tersebut akan membuat rambut menjadi elastis, kuat, dan memberi bentuk (keriting atau lurus). Namun perlu diketahui bahwa ikatan hidrogen sangat rentan patah apabila terkena air, namun ikatan sulfida sangat kuat dan hanya bisa patah oleh larutan kimiawi (seperti proses pembentukan rambut keriting dan pelurusan rambut). Sekitar 90% dari struktur rambut terdiri atas korteks dan semua proses tata rambut yang menggunakan zat-zat kimiawi berlangsung di dalam korteks.
  • Kutikula (selaput rambut) adalah lapisan paling luar dari batang rambut yang terdiri dari susunan sekitar 7-10 sel-sel tanduk pipih, keras, dan transparan atau tembus oleh cahaya yang berfungsi untuk memancarkan warna rambut. Lapisan ini tersusun seperti genteng atau atap rumah dan terbuat dari keratin dengan tepi luarnya yang searah dengan arah pertumbuhan rambut. Celah-celah antara sel-sel tersebut disebut dengan imbrikasi. Kutikula dapat rusak akibat faktor internal seperti diet dan sakit atau obat-obatan (miras), maupun juga karena faktor eksternal seperti kerusakan fisik, menyisir, sasak, panas, dan berbagai jenis kerusakan kimia. Apabila kutikula rusak, maka rambut akan menjadi kering dan bercabang. Tetapi apabila kutikula sehat, maka rambut akan sehat, lembut, halus, dan bercahaya.
BACA JUGA:  Delta Sungai Mekong Sebagai Pusat Kegiatan Pertanian Vietnam

3) Akar Rambut

Akar rambut merupakan bagian rambut yang berada di dalam kulit dan tertahan di dalam folikel atau kantong rambut. Akar rambut terdiri dari:

  1. Folikel (kantong rambut) adalah sutau saluran yang menyerupai kantong dan melindungi tunas rambut serta tertanam di dalam dermis (lapisan dalam kulit).
  2. Umbi rambut adalah bagian bawah folikel (kantong rambut) yang punya mulut seperti corong memanjang keatas dari lapisan dermis dan berakhir pada lapisan epidermis. Gunanya  untuk menghisap atau menyerap udara serta penimbunan kotoran dan sebum.
  3. Papil rambut adalah tempat membuat sel-sel tunas rambut dan tempat membuat sel-sel pigmen melanin (zat warna pada rambut).
  4. Pembuluh darah adalah saluran yang berfungsi untuk merembeskan cairan yang berisi zat makanan untuk keperluan sel-sel lapisan epidermis.
  5. Kelenjar minyak adalah suatu saluran yang berguna untuk memberikan kelembutan rambut.
  6. Kelenjar keringat adalah saluran tempat bermuaranya sel-sel keringat.
  7. Zat warna rambut (melamin) adalah tempat untuk membuat warna pada rambut.
BACA JUGA:  Hak Asasi Manusia yang Paling Pokok