Mineral untuk Kesehatan Gigi

Loading...

ASTALOG.COM – Seperti halnya vitamin, mineral adalah nutrisi penting untuk pemeliharaan kesehatan dan pencegahan penyakit. Mineral dan vitamin bertindak secara interaksi. Tubuh kita memerlukan vitamin agar mineral dapat bekerja dan sebaliknya. Perbedaan terbesar antara vitamin dan mineral adalah bahwa mineral merupakan senyawa anorganik, sedangkan vitamin merupakan senyawa organik.

Ada beberapa jenis mineral dan semuanya memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh. Dengan demikian, tidak ada mineral yang bisa disebut yang lebih menguntungkan atau kurang menguntungkan daripada yang lain. Semua mineral sangat penting untuk berfungsinya tubuh tubuh kita. Sebagian besar mineral berguna bagi metabolisme tubuh, keseimbangan kadar air, dan kesehatan tulang. Akan tetapi mineral juga bisa berperan kedalam ratusan fungsi kecil lainnya untuk mendukung kesehatan.

Jenis-jenis Mineral dan Manfaatnya untuk Kesehatan

  1. Kalsium adalah jenis mineral yang berperan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang (mencegah osteoporosi), mengurangi arthritis, meningkatkan kesehatan gigi, mengurangi insomnia, menopause, sindrom pramenstruasi, dan kram. Selain itu juga penting dalam pencegahan obesitas, kanker usus besar, asam lambung, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Kalsium banyak terdapat dalam makanan seperti kedelai, susu, ikan sarden, dan sayuran seperti kale.
  2. Zat besi adalah mineral atau senyawa penting dalam pembentukan hemoglobin, selain berperan juga untuk metabolisme tubuh, aktivitas otot, mencegah anemia, pengangkutan oksigen, fungsi otak, kekebalan tubuh, insomnia, dan pengaturan suhu tubuh. Manfaat utama zat besi dalam tubuh adalah dalam hal pembentukan hemoglobin, dimana yang akan menjamin sirkulasi darah dan oksigenasi berbagai sistem organ tubuh. Tanpa zat besi, seseorang akan mengalami gejala anemia, yang akan diwujudkan sebagai kondisi seperti kelemahan otot, kelelahan, gangguan pencernaan, dan kerusakan kognitif. Zat besi banyak terdapat dalam makanan seperti daging, kedelai, telur, bayam, aprikot, dll.
  3. Magnesium adalah jenis mineral yang bisa mengobati tekanan darah tinggi, mencegah serangan jantung, asma, kram, diabetes. Selain itu, mineral ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang, melewati menopause, kesehatan kehamilan, menurunkan kecemasan dan stres. Mineral ini juga terkait erat dengan penurunan anixety dan insomnia, karena peran enzimatik dalam melepaskan hormon yang menenangkan tubuh dan menginduksi tidur. Makanan yang mengandung magnesium diantaranya adalah kedelai, kacang almond, labu kuning dll.
  4. Yodium adalah jenis mineral dimana jika kita kekurangan yodium seringkali dapat menyebabkan gondok (kelenjar tiroid) , penyakit payudara fibrokistik, kondisi kulit, dan kanker. Manfaat lain dari yodium adalah meningkatkan kesehatan rambut, melindungi kehamilan, dan meningkatkan metabolisme tubuh.
  5. Iodida adalah jenis mineral yang merupakan bentuk sekunder dari yodium, dan juga sangat penting dalam hal fungsi tubuh. Hal ini secara keseluruhan juga terkait dengan fungsi tiroid. Tanpa mineral tersebut, gondok juga akan berkembang. Iodida sangat penting untuk memproduksi tiroksin (T4), dan tanpa itu tubuh bisa mengalami penurunan tingkat metabolisme dan meningkatkan kadar kolesterol.
  6. Fosfor adalah jenis mineral yang merupakan bagian integral untuk mengurangi kelemahan otot, meningkatkan kesehatan tulang, meningkatkan fungsi otak, memperbaiki kelemahan seksualitas, membantu merawat gigi, dan mengoptimalkan metabolisme tubuh. Labu kuning, keju, telur, susu, adalah beberapa makanan yang mengandung fosfor yang tinggi.
  7. Tembaga adalah jenis mineral yang berperan dalam meningkatkan fungsi otak, menenangkan arthritis, membantu perawatan kulit, menghilangkan infeksi tenggorokan, mengoreksi kekurangan hemoglobin, mencegah penyakit jantung, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini umumnya terkait dengan penyerapan besi dan fasilitasi fungsi sistem peredaran darah. Daging sapi dan jamur, adalah contoh makanan yang mengandung tembaga.
  8. Selenium adalah jenis mineral yang langka, namun fungsinya bagi tubuh sangat penting. Ini adalah salah satu zat antioksidan yang paling kuat dari mineral, dan berguna untuk mencegah pembentukan radikal bebas baru dengan cara ikut dalam reaksi yang menurunkan konsentrasi peroksida dalam sel. Mengurangi pembentukan radikal bebas adalah hanya salah satu dari fungsi selenium. Mineral ini juga sangat penting untuk pertumbuhan tulang, bersama-sama dengan mineral lainnya yaitu kalsium, tembaga, dan seng.
  9. Silikon adalah jenis mineral yang berperan penting untuk kesehatan tulang, perawatan kulit, perawatan rambut, kesehatan kuku, perawatan gigi, mencegah gangguan tidur, mencegah aterosklerosis, pengembangan jaringan tubuh, dan mencegah TBC.
BACA JUGA:  Wawancara Tentang Tanah Longsor

Dari beberapa jenis mineral di atas, dapat diketahui bahwa jenis mineral yang berperan untuk kesehatan gigi dapat ditemukan pada kalsium, fosfor, dan silikon.