Sebutkan Nama-Nama Planet

Loading...

ASTALOG.COM – Sistem Tata Surya adalah kumpulan benda-benda langit yang terdiri dari Matahari sebagai bintang pusat peredaran dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut diantaranya adalah 8 buah Planet, 5 buah Planet Kerdil (dwarf Planet), 173 buah Satelit alami dan jutaan benda lainnya seperti Meteor, Asteroid dan Komet.

Saat ini, ada 8 Planet yang dikategorikan sebagai Planet yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Yupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus. Pluto yang ditemukan pada tahun 1930 pernah dianggap sebagai Planet kesembilan hingga tahun 2006 Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union) melalui resolusinya menetapkan Pluto menjadi kategori dwarf Planet (Planet Kerdil) bersama dengan 4 Planet Kerdil lainnya yaitu Eris, Ceres, Haumea dan Makemake. Dengan demikian, sejak 2006 Planet yang terdapat di sistem Tata Surya hanya berjumlah 8 Planet.

Pengertian Planet

Dilansir dari wikipedia, Planet (dari bahasa Yunani Kuno αστήρ πλανήτης (astēr planētēs), berarti “bintang pengelana”) adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah “membersihkan” daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal.

Nama-Nama Planet

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, terdapat 9 planet yang ada pada tata surya antara lain:

BACA JUGA:  Negara Konfederasi Adalah?

1. Merkurius.

Merkurius merupakan planet yang paling dekat dengan matahari. Planet kedua yang terkecil. Karena letaknya paling dekat dengan matahari, planet ini juga termasuk planet yang paling terang setelah matahari. Tak mudah melihat merkurius dengan mata telanjang, harus menggunakan teropong bintang. Merkurius sering juga disebut dengan bintang senja dan bintang pagi.

Jarak antara matahari dengan merkurius adalah 58 juta km. Kala rotasi merkurius 59 hari dan kala revolusinya 88 hari. Planet ini tidak memiliki satelit satu pun.

2. Venus

Venus adalah planet yang terletak antara merkurius dan bumi. Venus merupakan planet putih yang bercahaya terang. Nama lain dari venus adalah:

  • Bintang fajar.
  • Bintang timur.
  • Bintang kejora.

Jarak venus dan matahari adalah 108,2 juta km. Kala rotasi venus adalah 243 hari dan kala revolusinya 224,7 hari. Planet ini tidak memiliki satelit juga.

3. Bumi

Bumi adalah planet satu-satunya yang memiliki kehidupan karena bumi memiliki susunan gas yang terdiri dari nitrogen 78 persen, oksigen 21 persen dan sisanya dari gas-gas lain. Kala revolusi bumi adalah 365,25 hari dan kala rotasinya 24 jam. Planet ini memiliki satelit yang disebut bulan.

BACA JUGA:  Apa Hak dan Kewajiban Presiden dan BPK

4. Mars

Mars disebut juga dengan planet merah karena jika dilihat dengan mata atau teropong berwarna merah. Pada permukaan mars terdapat kawah-kawah dengan diameter yang mencapai 200 km. Temperatur permukaan mars mencapai 50-60 derajat celcius. Pada malam hari suhunya bisa mencapai 100 di bawah nol. Kala rotasi mars adalah 24,6 jam dan kala revolusinya 687 hari.

Jarak mars dengan matahari adalah 247,1 juta km. Mars memiliki satelit Phobos dan Deimos.

5. Yupiter

Menurut orang Romawi kuno, yupiter adalah raja langit. Nama tersebut cocok karena yupiter adalah planet yang terbesar. Diameter planrt ini adalah 142.984 km. Jarak Yupiter ke matahari adalah 778 juta km. Kala revolusi planet ini adalah 11,9 tahun dan kala rotasinya 9 jam 55 menit.

Atmosfer yupiter terdiri dari hidrogen dan helium. Atmosfer planet ini memiliki ketebalan seribu km dan tidak ada batas yang jelas antara atmosfer dan permukaan planetnya. Planet ini memiliki 16 satelit diantaranya Lo, Europa, Ganymeda dan Callisto. Yupiter memiliki berjuta satelit kecil yang membentuk cincin yang sangat tipis dan kelihatan transparan.

6. Saturnus

Saturnus merupakan planet terbesar kedua setelah yupiter. Planet ini termasuk planet yang indah untuk dipandang. Keindahannya dikarenakan adanya cincin yang melingkarinya terdiri dari bongkahan es dan kerikil yang dilapisi es.

BACA JUGA:  Apa Yang Terjadi Jika Kita Tersiram Air Keras?

7. Uranus

Planet ini ditemukan oleh Wilhelm Herschell pada tahun 1781 di Inggris. Kala revolusi 84 tahun dan kala rotasi 17 jam. Planet ini berwarna hijau kebiru-biruan. Uranus memiliki 15 satelit dan ada 5 yang paling besar yaitu:

  • Miranda.
  • Ariel.
  • Umbiel.
  • Titania.
  • Oberon.
  • 8. Neptunus

Planet ini lebih besar dari bumi. Neptunus sering disebut dengan nama Kembaran Uranus dan sering disebut pila dengan nama Pemnuat Ulah karena sering beredar dengan meninggalkan garis edarnya. Keberadaan planet ini diramalkan oleh John Loweh Adan dari Inggris yang bekerjasama dengan Jean Joseph Le Verrier dari Prancis pada tahun1846. Planet tersebut diamati oleh Johan Lalle di Berlin. Jarak ke matahari 2.869 km. Kala rotasi 16 jam dan kala revolusi 165 tahun.

Neptunus memiliki 8 satelit dan ada 3 yang terbesar yaitu:

  • Triton.
  • Nereid.
  • Proteus.
  • 9. Pluto

Pluto merupakan planet terkecil dalam tata surya. Planet ini ditemukan oleh Clyde W. Yombough, seorang astronom Amerika Serikat pada tahun 1930.