Nama Ibu Kota Argentina

Loading...

ASTALOG.COM – Dilansir dari wikipedia, Republik Argentina adalah sebuah negara Amerika Latin yang terletak di bagian selatan benua Amerika Selatan. Posisinya berada di antara Pegunungan Andes di barat dan Samudra Atlantik di selatan. Lokasi ini membuat Argentina dikenal sebagai ‘negara paling selatan di selatan’ (bahasa Spanyol: “Sur del sur”).

Argentina mempunyai kawasan yang luas dan merupakan negara terbesar kedelapan di dunia sedangkan ibu kotanya Buenos Aires adalah salah satu metropolitan yang terpadat di dunia. Negara ini berbatasan dengan Paraguay dan Bolivia di sebelah utara, Brasil dan Uruguay di timur laut dan Chili di sebelah barat. Nama resminya untuk kepentingan legislatif ialah ‘Negara Argentina’ (Nacion Argentina).

Sejarah Argentina
Penjelajah Eropa yang pertama telah tiba di sini pada awal abad ke-16 (yang pertama untuk melihat dan menjelajah tanah air ini ialah seorang pelayar Spanyol bernama Juan Díaz de Solís pada 1516 tetapi terbunuh pada tahun yang sama). Ini diikuti dengan penjajahan Spanyol yang lain dan berakhir dengan penempatan mereka di Buenos Aires dalam tahun 1580. Selepas Revolusi Mei 1810 dan kemerdekaan dari Spanyol pada 1816, suatu konflik telah tercetus antara kelompok centralist dan federalist dan berlarut-larut hingga berdirinya lembaga baru pada 1853.

Pada awal abad ke-20 ekonomi Argentina merupakan salah satu yang termaju di dunia dan berada di urutan ke-10 negara paling kaya di dunia. Selepas berakhirnya Perang Dunia II, berlaku pula kebangkitan gerakan rakyat Perónisme satu gerakan yang didirikan oleh Juan Perón, tokoh terkemuka di Argentina dan di Amerika Selatan pada abad ke-20. Ia telah menyokong gerakan buruh di Argentina tetapi akhirnya telah mempolarisasikan negara itu. Pada tahun 1955, ia digulingkan oleh pihak militer. Sejak itu, pihak ini telah mengatur negara Argentina dan saling tukar-menukar dengan pemerintahan yang demokratis.

BACA JUGA:  Zat Pencemar yg Menyebabkan Penipisan Lapisan Ozon

Perkembangan Argentina dala Bidang Pendidikan dan Budaya

1. Pendidikan
Walaupun ekonomi negara ini agak mundur, penduduk Argentina mempunyai kemampuan baca-tulis yang tinggi dibandingkan dengan kebanyakan negara lain di Amerika Selatan. Selain itu, negara ini boleh berbangga sebab melahirkan tiga pemenang Nobel dalam bidang sains: Luis F. Leloir, Bernardo Houssay dan César Milstein. Pendidikan awal di Argentina bermula pada usia lima tahun di mana seorang itu akan belajar di tahap prasekolah. Selepas itu, pelajar akan melalui tiga tahap pendidikan wajib selama tiga tahun bagi setiap tahap.

2. Budaya
Argentina merupakan sebuah negara yang unik karena merupakan salah satu negara di Amerika Latin di mana orang Eropa diterima dan tidak merasa terpinggirkan. Ini terjadi karena pengaruh budaya Spanyol dan Italia yang kuat. Spanyol adalah bahasa resminya tetapi bahasa lain juga dituturkan di sini termasuk Jerman, Inggris, Italia dan Perancis. Anggota perdagangan di sini menggunakan bahasa Inggris dengan meluas.

Walaupun, pengaruh Eropa telah menyatu dengan kesenian, penulisan serta gaya hidup rakyat Argentina, negara ini masih dapat melestarikan identitasnya yang tersendiri. Ini jelas kelihatan dari tulisan karyawan Argentina yang tersohor seperti Jorge Luis Borges dan Manuel Puig, dan pemain bola sepaknya yang artistik seperti Diego Maradona. Dari segi makanan, daging lembu merupakan makanan yang utama dan terdapat dalam hampir semua jenis makanan. Teh pula ialah minuman yang popular dan salah satu budaya Argentina ialah pemberian teh mate, sebagai tanda penerimaan seseorang.

BACA JUGA:  Kondisi yang Mempengaruhi Terciptanya Demokrasi

Argentina juga cukup terkenal dengan tarian ‘tango’nya, terutamanya di kota-kota seperti Buenos Aires. Tarian hot ini amat terkenal di seluruh dunia. Spanyol merupakan bahasa resmi negara tetapi kaum pendatang masih menggunakan bahasa mereka masing-masing. Di samping itu terdapat 17 bahasa orang asli yang utama, termasuk Quechua, Mapuche, Guaraní, Tobas dan Matacos.

Merujuk ke objek wisata, Argentina memiliki beberapa objek wisata menarik yang bisa Anda kunjungi saat berada di negara ini, yaitu:

1. Gunung Fitz Roy
Fitz Roy merupakan gunung yang amat indah dengan view khas pegunungan yang diselimuti oleh salju yang luar biasa menakjubkan. Gunung ini berada dekat dengan desa El Chalten di daerah es Patagonia bagian selatan, tepatnya di perbatasan antara Argentina dan Chili. Gunung ini sangat terkenal dikalangan trekker atau para pecinta alam.

2. Perito
Perito adalah sebuah objek wisata berupa hamparan gletser yang sangat menakjubkan. Objekwisata yang satu ini terletak di Los Glaciares National Park di provinsi Santa Cruz, Argentina. Perito adalah salah satu dari tiga gletser yang tumbuh di kawasan Patagonia. Gletser Perito Moreno membentang seluas 5 km dan memiliki ketinggian sekitar 74 meter diatas permukaan danau Argentina. Kedalaman bongkahan es yang ada di gletser ini mencapai 170 meter.

BACA JUGA:  Apa Pengertian Jaringan Adiposa?

3. Buenos Aires
Buenos Aires adalah kota terbesar dan juga ibu kota dari negara Argentina dengan daerah metropolitan terbesar kedua di Amerika Selatan setelah Sao Paulo. Kota ini terletak di pantai barat muara Rio de la Plata, di pesisir tenggara Amerika Selatan. Buenos Aires menjadi salah satu dari 20 kota terbesar di dunia. Kota ini memiliki kualitas hidup terbaik di Amerika Latin, dengan peringkat pendapatan penduduk yang menduduki urutan ke 61 di dunia.

4. Air Terjun Iguazu
Iguazu adalah air terjun berbentuk setengah lingkaran, yang terletak di bagian pusat dari taman nasional ini dengan diameter sekitar 80 m dan terletak di garis basal yang mencakup perbatasan antara Argentina dan Brazil. Iguazu adalah sebuah nama yang diambildari kata ( Tupi – Guarani ) yang berarti Great Waters.

5. The Salinas Grandes
The Salinas Grandes adalah gurun garam yang terletak di Córdoba dan provinsi Santiago del Estero di Sierra, Argentina. Wilayah The Salinas Grandes ini mencakup luas 3200 m² (8290 km ²). Kawasan ini merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi perusahaan industri tambang natrium dan kalium yang ada di Argentina. Mengunjungi daerah ini tentu akan menjadi pengalaman baru bagi anda karena tidak dapat ditemukan di negara lain.