Ciri-Ciri Sel Prokariotik

Loading...

ASTALOG.COM – Sel merupakan unit terkecil yang menjadi penyusun badan makhluk hidup, dan merupakan tempat terselenggaranya fungsi kehidupan di atas bumi ini. Semua sel secara umum mempunyai bagian membran yang memisahkan diri sel dengan lingkungannya, dan cairan sel yang mengandung organel dan bahan genetik. Selanjutnya kenekaragaman sel terletak pada isi cairan sel. Namun secara umum di dunia ini ada dua macam sel, yaitu sel prokariotik dan eukariotik. Sel prokariotik tidak mempunyai membran inti sehingga tidak mempunyai batas yang jelas antara sitoplasma dan nukleoplasma. Sebaliknya sel eukariotik mempunyai membran inti sehingga ada batas yang jelas antara sitoplasma dan nukleoplasma.

Hanya dua jenis sel yang ada di dunia – prokariotik dan eukariotik. Taksonomis mengklasifikasikan bakteri dan archaea (organisme mirip dengan bakteri) sebagai prokariotik. Sel eukariotik mencakup protista, jamur, tumbuhan dan hewan. Organisme terdiri dari sel-sel eukariotik dapat berupa tunggal atau multi-bersel.

Struktur Sel Prokariotik

Sel prokariotik mempunyai sel yang lebih sederhana dibanding sel eukariotik.

Struktur sel prokariotik terdiri dari:

– Dinding sel, bagian terluar sel tumbuhan yang bersifat kaku dan kuat,
– Membran plasma yang merupakan fosfolipid bilayer mengatur transport molekul masuk keluar sel,
– Membran internal yang terkadang berlipat: (mesosoma, pada bakteri fotosintetik berisi protein yang menangkap cahaya dan menghasilkan ATP dan struktur mesosoma ada yang menyerupai vesikula tilakoid)
– Sitoplasma mengandung DNA, RNA, protein dan molekul lain. Sel prokariotik hanya berisi ribosom yang ukuranya lebih kecil dibanding ribosom pada eukariotik, tidak berisi badan golgi dan mithokondria.

BACA JUGA:  Perekonomian dan Pariwisata di Singapura

Ciri Sel Prokariotik

Adapun ciri-ciri sel prokariotik antara lain:

– Proses biokimia sangat kompleks dan bervariasi dari sel prokariotik satu dengan yang lainnya. Jalur metabolik utama seperti pada sel eukariotik, yaitu: glikolisis, respirasi, fotosintesis (3 proses penghasil energi).
– Ukuran dan bentuk sel. Ukurannya jauh lebih kecil dibanding sel eukariotik yaitu 0,5 s/d 2 µm. Bentuk sel prokariotik bermacam-macam,seperti batang (basillus), bulat (coccus), spiral, spiral helix,dll.
– Peranan sel prokariotik di alam ini adalah untuk mencerna sisa-sisa organik, sisa makanan di bumi (sebagai dekomposer, jasad pengurai), untuk mendaur ulang nutrien, unsur-unsur makanan, penyebab penyakit (pada sel, tanaman dan hewan, dan manusia).

BACA JUGA:  Cara Menentukan Informasi Indeks Pada Buku

Yang tergolong sel prokariotik adalah eubakteria: merupakan kelompok spesies yang banyak dijumpai di alam (cianobakteria, bakteri gram positif dan gram negatif,dll), dan archaebakteria: ditemukan pada lingkungan dengan kondisi ekstrim (bakteri anaerobik, halofil, metanogen).

Kemiripan Tanaman Eukariotik dan Sel Prokariotik

Tanaman dan hewan memiliki sel eukariotik, sedangkan bakteri dan ganggang biru-hijau memiliki sel prokariotik. Tidak seperti sel eukariotik, sel prokariotik tidak memiliki inti, mereka memiliki struktur yang lebih sederhana dan organel kurang. Meskipun ada perbedaan jelas antara eukariota dan prokariota, sel-sel tumbuhan dan sel prokariotik tidak berbagi beberapa kesamaan mendasar. Banyak sifat sel tumbuhan ini telah berevolusi dari sel prokariotik.

– Dinding sel dan membran
Kedua sel tumbuhan dan sel prokariotik memiliki dinding sel, sedangkan sel hewan tidak. Bahkan sel prokariotik adalah nenek moyang dari sel eukariotik, sel tumbuhan mewarisi dinding sel dari prokariota. Dinding sel membentuk dan mempertahankan bentuk sel dan bertindak sebagai pelindung. Sel tumbuhan umumnya adalah persegi panjang sedangkan sel prokariotik mungkin bulat, spiral atau berbentuk batang, tergantung pada spesies yang terlibat.

BACA JUGA:  Pantun yang Memerlukan Jawaban disebut?

– Ribosom
Kedua sel prokariotik dan sel tumbuhan, serta sel-sel hewan, mengandung ribosom. Ribosom dalam sel prokariotik lebih kecil daripada di sel tumbuhan, tetapi bertanggung jawab untuk peran yang sama dalam kedua kasus. Mereka menerjemahkan pesan genetik yang dibawa oleh RNA messenger untuk memproduksi protein. Setiap ribosom sel tanaman berisi empat helai RNA, dibandingkan dengan tiga helai di ribosom prokariotik.

– Bahan genetik
Meskipun sel-sel prokariotik tidak mengandung inti yang terikat membran, mereka masih mengandung materi genetik. Dalam sel tumbuhan, DNA berada pada kromosom di dalam nukleus. Dalam sel prokariotik, DNA plasmid ditemukan pada nukleoid, yang terletak di wilayah tengah sel.

– Properti fotosintesis
Prokariota tertentu, seperti cyanobacteria, atau ganggang hijau-biru, melakukan fotosintesis seperti tumbuhan. Sel tumbuhan memiliki kloroplas yang mengandung pigmen yang bertanggung jawab untuk fotosintesis. The University of Winnipeg menyatakan bahwa sel-sel fotosintesis cyanobacteria adalah mirip dengan kloroplas. Pigmen fotosintesis, klorofil dan beta-karoten keduanya tertutup oleh kloroplas dan membran fotosintesis prokariotik. Kloroplas tanaman juga mengandung klorofil b.