Fungsi Rongga Dada

Loading...

ASTALOG.COM – Rongga dalam tubuh manusia meliputi rongga tengkorak di kepala, rongga dada, rongga tubuh abdominopelvic bawah rongga dada, rongga dorsal yang menutupi bagian belakang tubuh, dll. Artikel kali ini akan membahas mengenai rongga dada.

Rongga Dada

Rongga dada adalah rongga terbesar kedua di dalam tubuh. Tulang rusuk, tulang punggung dan tulang dada ( tulang dada ) melampirkan rongga dada. Rongga dada dilapisi oleh membran serosa. Ini tidak termasuk cairan tipis atau serum. Ini bagian dari rongga dada disebut pleura parietal. Membran ini terus menutupi paru-paru dan dikenal sebagai pleura visceral. Jantung, kerongkongan dan pembuluh darah besar juga ditutupi oleh membran yang dikenal sebagai pleura mediastinal. Tekanan antara pleura parietal pleura visceral dan kurang dari atmosfer luar, karena tekanan atmosfer.

Dengan demikian, hal ini menyebabkan gesekan antara keduanya, selama proses respirasi oleh paru-paru yang dilumasi oleh cairan disekresi oleh membran serosa. Banyak organ yang terletak di rongga dada.

BACA JUGA:  Kehidupan Sosial dan Budaya Kerajaan Sriwijaya

Pada waktu inspirasi, volume rongga dada naik, karena ada pengembangan rongga dada ke arah sefalokaudal dan anteroposterior. Pendataran diafragma pada waktu inspirasi akan menambah arah sefalokaudal sehingga mendesak isi rongga perut. Pernafasan cara ini disebut pernafasan abdominal. Pada inspirasi yang kuat, pengembangan arah anteroposterior disebut pernafasan kostal. Umumnya pernafasan menggunakan kedua cara ini, dan disebut pernafasan kosto-abdominal.

Inspirasi normal terutama disebabkan oleh kontraksi diafragma dan otot-otot intercostalis externa. Ekspirasi, biasanya merupakan proses yang pasif. Mengempisnya rongga dada kembali ke keadaan semula karenapengaruh berat costa dan elastisitas paru. Bila ada kesukaran bernafas atau ekspirasi kuat, otot-otot ekspirasi bekerja.

Organ Rongga Dada

Toraks dinding atau tulang rusuk kadang-kadang disebut kandang dada. Rongga dada melindungi banyak organ yang vital bagi fungsi tubuh dan bahkan kehidupan. Mari kita lihat berbagai organ dalam rongga dada singkatnya.

Sistem Kardiovaskular : Salah satu bagian yang paling penting dari sistem tubuh manusia adalah sistem kardiovaskular. Sistem kardiovaskular terdiri dari jantung dan pembuluh darah besar semua jantung. Pembuluh darah besar termasuk aorta dada, arteri pulmonalis, vena kava superior dan vena cava inferior, vena pulmonalis dan vena azigos.

BACA JUGA:  Jelaskan Secara Singkat Tentang Latar Belakang Lahirnya Sosiologi

Sistem Pernapasan : saya sebut sistem pernapasan sebagai sistem pendukung sistem kardiovaskular. Organ sistem pernapasan dalam rongga dada adalah saluran udara, paru-paru, trakea, dan bronkus.
Pencernaan Sistem : Anda mungkin bertanya-tanya bahwa organ-organ dalam sistem pencernaan yang terletak di rongga perut. Benar, tapi kerongkongan, tabung yang membawa makanan ke perut terletak di rongga dada. Timus atau kelenjar tiroid juga merupakan bagian dari organ-organ di dalam rongga dada.

Sistem saraf : saraf vagus yang dipasangkan, rantai simpatik dipasangkan adalah organ sistem saraf dalam tubuh manusia.
Sistem limfatik : Duktus toraks, bagian dari limfatik juga hadir sebagai organ dalam rongga dada.

Rongga dengan rongga yang : Membingungkan ? Nah, ada tiga ruang dalam rongga dada yang dilapisi dengan mesothelium. Rongga ini meliputi rongga pleura, rongga perikardial dan mediastinum. The contails mediastinum adalah organ yang terletak di tengah dada antara kedua paru-paru.

BACA JUGA:  Hak DPR Untuk Mengubah Rancangan Undang-Undang Disebut?

Saat Anda tumbuh, rongga dada Anda juga tumbuh, meninggalkan ruang yang cukup antara organ-organ. Dengan demikian, sehingga lebih mudah bagi dokter bedah untuk beroperasi pada orang dewasa dibandingkan dengan bayi atau anak. Ketika rongga pleura dilanggar oleh faktor eksternal seperti peluru luka atau menusuk, itu menghasilkan pneumotoraks atau rongga udara. Ketika volume udara sangat tinggi di pneumotoraks, dapat menyebabkan runtuhnya salah satu atau kedua paru-paru. Ini panggilan untuk perhatian medis segera. Ini semua organ dalam tubuh dada. Satu bisa mengatakan rongga dada adalah kubah dari tubuh manusia yang berisi organ-organ yang paling berharga penting untuk kehidupan.

Fungsi Rongga Dada

Untuk melindungi organ penting yang rentang terhadap benturan atau semacamnya yang barada di dalam dada.