Asal Usul Sulawesi

Loading...

ASTALOG.COM – Pulau Sulawesi merupakan sebuah pulau yang berbentuk huruf K dimana berada ditengah-tengah Indonesia. Letanya sangat strategis karena berada pada 120 derajat bujur timur serta terhampar dari bagian bumi utara sampai selatan. Pulau Sulawesi terdiri dari empat bagian, yaitu Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Utara.

Asal Mula Kata Sulawesi
Banyak cerita atau versi yang berkembang dimasyarakat tentang asal mula kata atau nama Sulawesi. Nama Pulau yang menyerupai huruf K ini diperkirakan berasal dari kata dalam bahasa- bahasa di Sulawesi Tengah yaitu kata sula yang berarti nusa (pulau) dan kata mesi yang berarti besi (logam), yang mungkin merujuk pada praktik perdagangan bijih besi hasil produksi tambang-tambang yang terdapat di sekitar Danau Matano, dekat Sorowako, Luwu Timur.

Namun sebelum menggunakan nama Sulawesi, Pulau tersebut sebelumnya bernama Celebes. Nama celebes digunakan saat kedatangan Bangsa Portugis sekitar abad ke 14-15 masehi yang merupakan bangsa asing pertama yang menggunakan nama Celebes untuk menyebut pulau Sulawesi secara keseluruhan.

BACA JUGA:  Pulau Adalah

Di masa lampau, saat pertama kali rombongan orang yang diperkirakan berasal dari Portugis turun dari perahu dan menghampiri penduduk setempat yang sedang bekerja membuat perahu, Pimpinan rombongan tersebut bertanya: “Apa nama tempat ini?” Penduduk yang tak faham bahasanya hanya bisa mengira-ngira. Penduduk mengira, Pimpinan rombongan itu menanyakan “benda apa yang sedang dipegang?” Dengan spontan penduduk menjawab “Sele’ bessi” yang artinya engsel besi. Sejak saat itu, pimpinan rombongan mencatat lokasi yang mereka datangi bernama ‘Celebes’.

Dimasa lalu ada Pelaut Portugis yang singgah di Makassar dan Menemui Raja Gowa untuk meminta ijin berlayar sekaligus menanyakan nama daerah ini. Saat Pelaut Portugis itu menghadap kehadapan Raja, Raja tengah membersihkan Sele’nya (Kerisnya). Di saat itulah Pelaut Portugis bertanya kepada Sang Raja dengan bahasa Portugis bahwa “Daerah ini namanya Apa?” karena Sang Raja tidak mengerti Bahasa Portugis, maka sang Raja hanya Memperkirakan maksud pertanyaan itu. Sang Raja mengira bahwa Pelaut Portugis tersebut menanyakan benda apa yang ada di tangannya, Sang Raja pun menjawab: “Sele’ bessi”. Sejak saat itulah Pelaut Portugis tsb menamainya ’Sele’ bessi’. Namun karena lidah mereka tak mudah mengucapkan Sele’ bessi, mereka pun menyebutnya CELEBES.

BACA JUGA:  Sebutkan Faktor Penyebab Runtuhnya Dinasti Han

Arti dari kata Celebes itu sendiri sampai saat ini belum diketahui artinya, namun ada beberapa teori yang mengklaim arti dari kata “Celebes” itu adalah sulit untuk dicapai. Karena seperti yang kita ketahui, Pulau Sulawesi dikelilingi arus laut dan air dan sungai yang deras.

Salah satu ekspedisi ilmiah oleh Alfred Russel Wallace yang menyatakan bahwa satu garis pembatas flora dan fauna indonesia,juga pada Ekspedsi Snellius yang mempelajari kenampakan permukaan bawah laut mulai dari sulawesi sampai maluku pada zaman tersebut masih menggunakan nama celebes, nah yang menariknya karena masyarakat waktu itu belum menyadari untuk memberi nama pada wilayah atau tempat yang ditinggalinya,sehingga untuk hal ini celebes menjadi eksonim untuk pulau berbentuk huruf K ini.

BACA JUGA:  Bagaimana Persebaran Negara Maju Dan Negara Berkembang?

Cerita lain tentang asal mula kata atau nama Sulawesi datang dari seorang petualang muslim yang hidup pada 1303-1377 M. Petualang muslim tersebut adalah IBNU BATUTAH. Suatu hari pada masa pengembaraannya, ia tiba disebuah pulau. Ia melihat Kopra (buah kelapa yang telah dikeringkan) berserakan di sembarang tempat di pulau tersebut. Saat itulah dia menyebutnya ‘Salabas syai‘ yang artinya tersebarlah sesuatu, karena dia belum mengetahui bahwa buah itu adalah buah kelapa. Dari petualangan seorang petualang Muslim itulah nama SULAWESI berasal, dan sampai sekarang nama itu masih digunakan dipulau yang terkenal dengan Tanah Toraraja & Bunaken ini, yakni Salabesi atau Sulawesi

Loading...