Ciri Khusus Burung Hantu dan Fungsinya

ASTALOG.COM – Setiap makhluk hidup yang diciptakan dibumi pastinya memiliki ciri-ciri khusus baik itu hewan atau tumbuhan. Ciri-ciri tersebut memiliki beragam fungsi dan manfaat yang kebanyakan berguna untuk kelangsungan hidup makhluk hidup tersebut. Selain itu perbedaan ciri-ciri juga disebabkan oleh tempat dimana dia hidup, iklim atau cuaca, serta lingkungan.

Ada beberapa jenis hewan yang memiliki ciri khusus yang tidak banyak diketahui, seperti burung hantu. Kita mungkin hanya mengetahui salah satu keistimewaan burung hantu yaitu dapat melihat pada malam hari. Namun, burung hantu ternyata memiliki keistimewaan dan ciri lain.

Dilansir dari wikipedia, Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Di dunia barat, hewan ini dianggap simbol kebijaksanaan, tetapi di beberapa tempat di Indonesia dianggap pembawa pratanda maut, maka namanya Burung Hantu. Walau begitu tidak di semua tempat di Nusantara burung ini disebut sebagai burung hantu. Di Jawa misalnya, nama burung ini adalah darès atau manuk darès yang tidak ada konotasinya dengan maut atau hantu. Di Sulawesi Utara, burung hantu dikenal dengan nama Manguni.

Membahas burung hantu pastinya akan mengarah ke hal-hal mistis. Sejak zaman dulu, cerita mistis seputar hewan malam ini sudah beredar dimana-mana. Apalagi ditambah dengan wujudnya yang cukup menyeramkan. Matanya yang bulat besar, serta tumpukan bulu di dahinya semakin menambah efek horror ketika melihat sosoknya. Bahkan di beberapa budaya, burung hantu dianggap sebagai simbol keajaiban. Seperti apa kisah seru di balik binatang yang lagi ngetop di dunia fashion ini?
Masyarakat Inggris percaya bahwa jika kita membakar telurnya hingga menjadi abu, bisa jadi ramuan untuk memperbaiki penglihatan.

Ciri Khusus Burung Hantu
Berikut ini adalah beberapa Ciri ciri Khusus Burung Hantu sebagai berikut

1. Burung hantu merupakan spesies burung pemangsa yang aktif pada waktu malam (nokturnal)
mempunyai bentuk muka yang berbeda dengan burung biasa, muka burung hantu berbentuk rata seperti muka manusia dengan kedua belah matanya menghadap ke hadapan.
2. Burung hantu dikelaskan dalam susunan Strigiformes
3. Burung hantu mempunyai paruh bengkok ke bawah yang tajam, dan mempunyai bulu jambul yang lembut. Kedua-dua jantina kelihatan serupa, walaupun burung hantu betina biasanya 25% lebih besar berbanding burung hantu jantan
4. Ciri Khusus Burung Hantu dengan mata yang dapat melihat dengan baik dalam cahaya yang kurang
5. Burung ini juga dapat memusingkankan kepalanya 135 darjah ke kedua-dua belah, memberikannya bidang penglihatan yang bagus
6. Burung ini mengalami rabun dekat, ia tidak dapt melihat dengan jelas apa-apa yang berada betul-betul di hadapannya.
7. Burung hantu adalah haiwan maging, Makanan utamanya haiwan mamalia kecil seperti tikus, cencorot, burung lain dan sebagainya.
8. Ciri Khusus Burung Hantu membiak dengan bertelur. Telurnya berwarna putih dan mempunyai cangkerang yang keras yang dieramkan di dalam sarang yang dibina oleh burung hantu betina.

Perkembangbiakan Burung Hantu
Perkembangbiakan burung hantu adalah dengan bertelur, telurnya berwarna putih dengan cangkang keras dan akan di erami oleh betina hingga menetas. Sedangkan makanan utama adalah hewan-hewan kecil lain seperti tikus, burung lain yang lebih kecil darinya.