Begini Cara Mengembangkan Komik

ASTALOG.COM – Komik memiliki cara untuk membuat kita merasa. Entah itu tawa, sedih, intrik, kegembiraan, atau emosi lainnya, kekuatan cerita visual yang tidak dapat ditolak. Membuat buku komik Anda sendiri bisa menjadi pengalaman yang berharga, dan lebih mudah daripada yang Anda kira.

Jika Anda punya ide, ikuti panduan ini untuk mengubahnya menjadi kenyataan.

Langkah pertama dalam membuat komik ialah mengembangkannya.

1. Tulis dasar-dasarnya

Sebuah komik adalah, pada tingkat yang paling dasar, narasi yang diceritakan melalui gambar berurutan, yang disebut frame atau panel. Bahkan komik dengan frame tunggal harus memiliki memiliki cerita. Dalam hal ini, komik ini tidak benar-benar berbeda dari cerita bentuk lain, dan dengan demikian mengikuti konvensi tertentu.

– Pengaturan. Setiap cerita diatur di suatu tempat. Bahkan jika latar belakangnya hanya putih polos, itu tetap pengaturan. Pengaturan adalah latar belakang untuk setiap tindakan karakter Anda, dan tergantung pada cerita Anda, bisa menjadi bagian integral dari narasi.

– Karakter. Anda membutuhkan aktor untuk cerita Anda. Karakter Anda melakukan aksi, mereka berbicara tentang dialog, dan mereka terhubung dengan pembaca. Mengembangkan karakter Anda dari waktu ke waktu; ini sangat penting untuk membentuk narasi.

– Konflik. Setiap cerita membutuhkan konflik. Ini adalah dasar dari cerita, “mengapa” dari apa yang karakter Anda lakukan. Hal ini bisa sesederhana memeriksa email atau serumit menyelamatkan alam semesta.

– Tema. Tema komik Anda adalah apa yang mendorong penulisan komik Anda. Tema Anda juga akan menentukan audiens Anda. Jika Anda sedang menulis komedi, bagaimana sifat lelucon? Jika Anda sedang menulis kisah cinta, apa pelajaran cinta yang Anda tawarkan?

Nada. Ini adalah getaran komik Anda. Apakah Anda menulis komedi? Apakah cerita Anda lebih ke drama? Mungkin Anda sedang membuat kartun politik. Kemungkinannya tidak terbatas. Menggabungkan komedi dengan drama, membuatnya dark, atau bahkan cerita ringan. Tulis kisah asmara, atau sebuah thriller politik mencekam. Nada akan diungkapkan melalui dialog, teks naratif, dan visual.

2. Tulis apa yang Anda ketahui

Salah satu cara terbaik untuk membuat komik Anda terasa “benar” adalah menulis tentang apa yang Anda ketahui. Ini juga akan membantu Anda menjaga suara Anda sendiri dalam tulisan Anda, dan mencegah Anda menyalin terlalu banyak dari komik lainnya.

3. Tentukan gaya

Karena Anda menciptakan komik, gaya visual Anda akan menjadi aspek pertama komik Anda yang akan ditemukan pembaca. Pilih gaya yang cocok, baik nada cerita dan gambar yang Anda miliki di kepala Anda.

Cobalah berbagai gaya sampai Anda menemukan satu yang terasa alami untuk dituliskan. Ada berbagai gaya populer yang dapat Anda latih dan kemudian sesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Berikut adalah beberapa contoh:
1. Anime/Manga
2. Superhero
3. Sprite/Clip art
4. Noir

Drama biasanya memerlukan gaya visual yang lebih rumit daripada komedi.

4. Pilih format

Tidak ada set konvensi ketika bicara mengenai format, meskipun komik biasanya jatuh ke dalam tiga kategori: frame tunggal, strip, dan buku komik). Lakukan percobaan dengan format yang berbeda sampai Anda menemukan satu yang sesuai cerita, karakter, dan pengaturan Anda.

– Frame komik tunggal biasanya disediakan untuk komedi. Komik ini tidak memerlukan banyak setup, dan bergantung pada lelucon visual dan satu atau dua baris dialog. Ini bisa sulit untuk membentuk narasi menggunakan frame tunggal, sehingga sebagian besar dapat dibaca dalam urutan apapun. Komik politik juga biasanya satu atau dua frame.

– Sebuah komik strip adalah urutan frame. Tidak ada panjang yang ditetapkan untuk strip, meskipun sebagian besar biasanya satu atau dua baris 2-4 frame masing-masing. Ini adalah salah satu format yang paling populer bagi banyak webcomic dan komik harian, karena mereka memungkinkan untuk pengembangan narasi namun masih cukup pendek untuk dibuat secara teratur.

– Buku komik membutuhkan usaha yang lebih besar dari strip. Memiliki seluruh halaman untuk dilakukan dengan menyediakan lebih banyak kebebasan untuk memanipulasi frame, tetapi juga berarti Anda membutuhkan lebih banyak konten per halaman. Membuat halaman penuh biasanya merupakan hasil dari membuat buku komik atau novel grafis, di mana Anda bisa menceritakan cerita yang lebih panjang dan kohesif.