Sebutkan Bentuk-Bentuk Norma

Loading...

ASTALOG.COM – Setiap manusia memiliki kriteria yang berbeda-beda mengenai baik buruknya sesuatu. Disini dibutuhakan suatu nilai yang berfungsi sebagai pedoman perilaku dalam masyarakat. Begitu pentingnya nilai bagi masyarakat, maka nilai diaktualisasikan dalam bentuk norma-norma sosial yang dilengkapi dengan sanksi-sanksi bagi pelanggarnya.

Manusia juga tidak pernah bisa lepas dari peraturan. Di manapun dan kapanpun di sekeliling kita terdapat aturan yang membatasi perilaku manusia. Norma menjadi patokan perilaku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Fungsinya adalah untuk memberi batasan berupa perintah atau larangan dalam berperilaku, memaksa individu untuk menyesuaikan diri dengan nilai yang berlaku di masyarakat dan menjaga solidaritas antaranggota masyarakat.

Pengertian Norma
Norma adalah aturan yang berlaku di kehidupan bermasyarakat. Aturan yang bertujuan untuk mencapai kehidupan masyarakat yang aman, tertib dan sentosa. Namun masih ada segelintir orang yang masih melanggar norma-norma dalam masyarakat, itu dikarenakan beberapa faktor, diantaranya adalah faktor pendidikan, ekonomi dan lain-lain.

BACA JUGA:  Sebutkan dan Jelaskan Pergerakan Lempeng yang Menimbulkan Empat Busur Gunung Berapi?

Bentuk atau Jenis Norma
Norma terdiri dari beberapa bentuk atau jenis, antara lain yaitu :

1. Norma Agama
Adalah suatu norma yang berdasarkan ajaran aqidah suatu agama. Norma ini bersifat mutlak yang mengharuskan ketaatan para penganutnya. Apabila seseorang tidak memiliki iman dan keyakinan yang kuat, orang tersebut cenderung melanggar norma-norma agama.
Contoh Norma agama:
a. Melaksanakan ketentuan agama, seperti : membantu sesama manusia, menghormati orang lain, tidak semena-mena terhadap orang yang lemah.
b. Menjauhi larangan agama, seperti melakukan perjudian, minuman-minuman keras, mencuri, berbuat fitnah, membunuh, berbut zina, berbuat riba;
c. Melaksanakan Sholat/ sembahyang, ibadah tepat pada waktunya

2. Norma Kesusilaan
Norma ini didasarkan pada hati nurani atau ahlak manusia. Melakukan pelecehan seksual adalah salah satu dari pelanggaran dari norma kesusilan.
Contoh Norma kesusilaan:
a. dilarang membunuh
b. berkata jujur, benar
c. menghormati, menghargai orang lain
d. berbuat baik terhadap sesama manusai
e. berlaku adil terhadap sesama

3. Norma Kesopanan
Adalah norma yang berpangkal dari aturan tingkah laku yang berlaku di masyrakat. Cara berpakaian dan bersikap adalah beberapa contoh dari norma kesopanan.
Contoh Norma Kesopanan/adat:
a. Tidak meludahi di sembarang tempat
b. Bertutur kata yang sopan, tidak menyakitkan kepada siapa pun
c. masuk rumah orang lain dengan permisi
d. menghormati orang yang lebih tua atau dituakan
e. Mempersilahkan/ memberikan tempat duduk pada wanita dalam Bus, atau kereta api.

BACA JUGA:  Butir-Butir Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4)

4. Norma Kebiasaan (Habit)
Norma ini merupakan hasil dari perbuatan yang dilakukan secara berulang-ulang dalam bentuk yang sama sehingga menjadi kebiasaan. Orang-orang yang tidak melakukan norma ini dianggap aneh oleh anggota masyarakat yang lain. Kegiatan melakukan acara selamatan, kelahiran bayi dan mudik atau pulang kampung adalah contoh dari norma ini.

5. Norma Hukum
Adalah himpunan petunjuk hidup atau perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat (negara). Sangsi norma hukum bersifat mengikat dan memaksa.
Contoh Norma Hukum:
a. Barang siapa menghilangkan nyawa orang lain dikenakan pidana penjara dengan ancaman pidana sekurang-kurangnya 15 tahun.
b. Pengemudi kendaraan bermotor harus membawa Surat Ijin mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
c. Barang siapa mengambil hak milik orang lain untuk dikuasai kepadanya akan dikenakan saksi pidana.
d. Tidak boleh ingakar janji, penipuan dalam jual beli.

BACA JUGA:  Adiwiyata Adalah

Fungsi Norma
Ada beberapa fungsi norma, antara lain:
1. Norma berfungsi untuk memberikan ciri khas kehidupan manusia sebagai makhluk sosial yang memiliki akal dan peradapan.
2. Norma berfungsi mengatur hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa.
3. Norma berfungsi mengatur hubungan manusia dengan sesama manusia yang tujuannya agar manusia saling mengenal, menghargai, menghormati dan melayani.
4. Norma berfungsi mengatur hubungan manusia dengan alam ataupun lingkungan.
5. Norma berfungsi mengatur tingkah laku manusia agar terjaga dalam kebaikan.
6. Norma berfungsi mendorong terwujudnya nilai-nilai yang dibutuhkan manusia untuk kehidupan di dunia maupun di akhirat.