Manfaat Tanaman Pucuk Merah.

Sekilas Mengenai Tanaman Pucuk Merah.
Syzygium oleana merupakan nama ilmiah dari tanaman Pucuk merah. Pucuk merah sendiri adalah jenis tanaman hias yang tergolong dalam family Myrtaceae. Saat ini tanaman ini sedang booming di Indonesia sehingga keberadaannya dapat dijumpai tertanam di pot di tepi-tepi jalan baik didaerah  perkotaan maupun di perkampungan. Tanaman ini dilkenal dengan nama pucuk merah karena tunas daun yang baru tumbuh pada bagian pucuk berwarna merah menyala, warna inilah yang menjadi daya tarik dari tanaman ini,sayangnya warna ini segera pudar  dan berganti dengan warna coklat lalu berubah lagi menjadi warna hijau.

Syzygium oleana atau pucuk merah berkerabat dekat dengan tanaman jambu air, salam, Juwet, jambu Darsono, klampok watu ( jambu batu) , dan masih banyak lagi , karena diperkirakan terdapat  sekitar 1.100 spesies dari genus Syzygium ini. Ciri khas dari jenis tumbuhan ini  jika daunnya diremas akan mengeluarkan aroma khas sebagainya kandungan minyak atsiri yang terdapat pada berbagai jenis Syzygium.

Daun syzygium oleana atau pucuk merah  berupa daun tunggal berbentuk lancet, bertangkai sangat pendek hampir duduk, tumbuh berhadapan, permukaan daun bagian atas mengkilat; warna daun mengalami perubahan , ketika baru tumbuh ber warna merah menyala, kemudian berubah  menjadi coklat, lalu berubah lagi menjadi warna hijau; ukuran dau panjang ± 6 cm dan lebar ± 2 cm,  pertulangan daunnya menyirip.

Buah syzygium oleana atau pucuk merah berbentuk bulat  agak pipih; pada permukaan bagian atas terdapat cekungan  di bangian tengah;  diameter buah ± 0,7 cm, ketika buah sudah tua berwarna hitam mengkilat, rasanya manis dengan aroma yang khas sebagaimana buah dari family  Myrtaceae ( Jambu-jambuan).

Biji Syzygium oleana atau pucuk merah berbentuk agak bulat; permukaan tidak rata; berwarna coklat agak ungu; diameternya  ± 3-4 mm.

Bunga pucuk merah berupa bunga majemuk tersusun dalam malai berkarang terbatas. Akar pucuk merah berupa akar tunggang, sehingga bisa menahan pohonnya  yang tinggi.

Pucuk merah merupakan tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari agar dapat terus bertunas sehingga menghasilkan daun bewarna merah, untuk itu tempatkan bunga pucuk merah ini  di tempat yang terdapat sinar matahari. Pucuk merah termasuk jenis tanaman ever green (hijau sepanjang tahun).

Manfaat Syzygium oleana atau pucuk merah pada umumnya hanya sebagai tanaman hias dan tanaman peneduh.

Cara perawatan Syzygium oleana atau pucuk merah:

Untuk  tanaman hias yang ditanam di pot agar daun berwarna merah maka harus dipangkas 2-3 bulan sekali, dan pucuk yang sudah tidak berwarna merah harus dipetik setiap 2 minggu sekali, Tanaman ini juga harus diberi pupuk NPK setiap  2-3 bulan sekali, agar tidak mengalami defisiensi yang mengakibatkan daunnya menjadi keriting.

Cara lain untuk mempertahankan keindahan pucuk merah ini adalah dengan cara dipotes dan dipangkas. Tujuannya, agar tajuk tanaman selalu terlihat merah dan bentuk tajuk tanaman lebih terjaga.

Pemotesan dapat dilakukan dua minggu sekali. Caranya, pucuk-pucuk daun yang warnanya sudah memudar atau tidak lagi berwarna merah akibat menua, segera dipetik menggunakan tangan. Yang perlu diperhatikan dalam pemotesan, harus dilakukan tepat pada ruas cabang, sehingga tunas baru dapat segera tumbuh dari ruas yang telah dipotes tadi. Hasilnya, tajuk tanaman kembali terlihat merah.

Selain tunas baru yang selalu akan muncul, pertumbuhan tunas baru ini pun harus merata sehingga tak tampak hanya memerah pada satu sisi saja, dan hijau pada sisi yang lain. Caranya, dapat dilakukan dengan mengubah posisi tanaman secara berkala, yaitu dengan cara memutarnya setiap dua minggu sekali.

Taksonomi:
Kingdom – Plantae( Plantae).
Subkingdom – Tracheobiota ( Tumbuhan berpembuluh ).
Super Divisi – Spermatophyta ( Tumbuhan berbiji ).
Divisio – Magnoliophyta  ( Tumbuhan berbunga ).                                    
Sub  Divisio – Angiospermae ( Tumbuhan berbiji tertutup ).
Kelas – Magnoliopsida ( berkeping dua / Dikotil ).
Sub Kelas – Rosidae.
Ordo – Myrtales.
Famili – Myrtaceae.
Sub Family – Myrtoideae.
Genus – Syzygium.
Spesies – Syzygium oleana