Ciri Kenampakan Alam di Indonesia

ASTALOG.COM – Indonesia yang sering juga disebut Nusantara adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa. Posisi Indonesia terletak pada koordinat 6°LU – 11°08’LS dan 95°’BT – 141°45’BT, serta terletak di antara 2 benua, yaitu benua Asia dan benua Australia/Oseania. Posisi ini menyebabkan Indonesia beriklim tropis.

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.466 pulau besar dan kecil, dimana sekitar 6.000 di antaranya tidak berpenghuni.

Batas wilayah Indonesia diukur dari kepulauan berdasarkan teritorial laut, yaitu 12 mil laut, serta berdasarkan zona ekonomi eksklusif, yaitu 200 mil laut. Ada pun batas-batas wilayahnya :

  • Utara : Malaysia dengan perbatasan sepanjang 1.782 km, Singapura, Filipina, dan Laut China Selatan
  • Selatan : Australia, Timor Leste, dan Samudra Hindia
  • Barat : Samudra Hindia
  • Timur : Papua Nugini dengan perbatasan sepanjang 820 km, Timor Leste, dan Samudra Pasifik

Secara umum, kenampakan alam Indonesia terdiri atas daratan dan perairan. Wilayah lautan Indonesia lebih luas daripada wilayah daratan. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km².

A. Daratan

Daratan merupakan bagian permukaan bumi yang tidak tertutup oleh air. Daratan di Indonesia terdiri atas pulau-pulau yang menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan. Kepulauan di Indonesia dilalui oleh 2 jalur pegunungan yang menyebabkan banyaknya gunung api yang masih aktif di Indonesia serta sering terjadinya gempa bumi.

Ada pun 2 jalur pegunungan itu, yaitu :

  1. Sirkum Mediterania yang berawal dari Pegunungan Alpen di Eropa kemudian menyambung ke Pegunungan Himalaya di Asia. Sirkum ini kemudian masuk ke Indonesia melalui Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Maluku.
  2. Sirkum Pasifik yang berawal dari Pegunungan Andes di Amerika Selatan kemudian menyambung ke Pegunungan Rocky di Amerika Utara, kemudian menyambung lagi ke Jepang, Filipina dan Indonesia. Sirkum ini kemudian masuk ke Indonesia melalui Pulau Sulawesi. Dari Pulau Sulawesi kemudian menyambung  ke Pulau Halmahera sampai ke Pulau Papua.

B. Perairan

Wilayah Indonesia didominasi oleh perairan berupa laut. Laut adalah kumpulan air asin yang menggenangi dan menghubungkan daratan atau pulau-pulau, sehingga di setiap pulau pastilah terdapat laut, misalnya saja laut Jawa, laut Sulawesi, laut Flores, laut Maluku, laut Arafuru, dan laut Halmahera. Kedalaman laut tidak sama di setiap tempat. Ada laut yang dangkal, ada juga laut dalam.

Berdasarkan kedalaman laut, wilayah perairan Indonesia dikelompokkan menjadi 3, yaitu :

1. Relief Indonesia Barat 

Wilayah Indonesia barat meliputi Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, laut Jawa, Selat Karimata, Selat Malaka, dan Laut Natuna. Wilayah ini merupakan dangkalan yang bersatu dengan Benua Asia. Wilayah tersebut disebut Dangkalan/Paparan Sunda. Batas antara wilayah laut Indonesia bagian barat dan bagian tengah adalah Garis Wallace, yaitu sebuah garis hipotetis yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dan Australasia.

2. Relief Indonesia Tengah

Wilayah Indonesia tengah meliputi Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Pulau Nusa Tenggara. Pulau-pulau tersebut merupakan bagian yang terpisah dari wilayah barat (Paparan Sunda) dan wilayah timur (Paparan Sahul).

Sejak dulu, wilayah Indonesia tengah dikelilingi oleh perairan yang dalam, seperti Laut Sulawesi, Selat Makassar, Laut Flores, Laut Maluku, Laut Banda, Laut Buru, Laut Seram, dan Laut Sawu. Laut-laut tersebut memiliki kedalaman lebih dari 200 meter.

3. Relief Indonesia Timur

Wilayah Indonesia timur meliputi Kepulauan Aru, Pulau Papua, dan Laut Arafuru. Wilayah-wilayah tersebut merupakan dangkalan yang bersatu dengan Benua Australia. Wilayah ini disebut Dangkalan/Paparan Sahul. Batas antara wilayah laut Indonesia bagian tengah dan bagian timur adalah Garis Weber.

***

Berdasarkan uraian di atas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kenampakan alam di Indonesia terdiri dari daratan dan perairan. Daratannya terdiri atas pulau-pulau yang tersebar mulai dari pulau Sabang yang terletak di Indonesia bagian barat hingga di pulau Merauke yang terletak di Indonesia bagian timur. Pulau-pulau tersebut dilalui oleh 2 jalur pegunungan, yaitu sirkum mediterania dan sirkum pasifik sehingga di Indonesia terdapat banyak gunung terutama gunung berapi. Sedangkan wilayah perairan Indonesia terdiri atas lautan yang menghubungkan pulau-pulau yang tersebar di Indonesia dan ditandai dengan batas garis yaitu garis Wallace dan garis Weber.