Apa Maksud Intonasi dalam Lagu?

ASTALOG.COM – Anda pasti pernah menyaksikan beberapa ajang pencarian bakat yang sangat sering mengucapkan kata intonasi bukan? Yah, intonasi adalah salah satu dari berbagai istilah yang ada khususnya dalam seni musik. Sebagai seorang penyanyi harus mampu menyanyikan dengan intonasi yang tepat, baik untuk nada-nada tinggi maupun nada-nada rendah.

Intonasi yang tepat dapat menghasilkan suara yang jernih, nyaring, serta enak didengar. Agar mendapatkan bentuk intonasi yang baik, maka latihan pendengaran terhadap nada-nada perlu dilatih agar sensitif terhadap tinggi rendah nada. Nah, apa itu intonasi? Seberapa penting untuk setiap penyanyi harus mengerti dan paham mengenai intonasi?

Pengertian Intonasi
Intonasi atau teknik vokal secara umum dapat diartikan sebagai lagu kalimat atau lagu suara seseorang ketika berbicara. Namun dalam musik, intonasi berarti ketepatan dalam membidik suatu nada (pitch).

Untuk melatih intonasi seorang penyanyi bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti berlatih dengan alat musik seperti piano atau keyboard supaya nada yang kita mainkan pasti dan terkontrol. Tapi hal ini dapat diakali jika kita tidak memiliki alat music tersebut. Kita bisa merekam suara piano tersebut di handphone kita dan kita dapat pelajari sewaktu-waktu.

Cara Berlatih Intonasi
Untuk mendapatkan intonasi yang baik, Anda bisa melakukan latihan dengan beberapa teknik seperti dibawah ini:
1. Lakukan bahan latihan dengan tempo lambat, kemudian secara bertahap meningkat kecepatannya.
2. Lakukan latihan dengan teknik humming (bergumam).
3. Pergunakan syairyope (tanpa makna) untuk sekedar melatih vokalisasi.
4. Iringi latihan dengan alat musik harmonis, seperti gitar, piano, organ, atau pianika, untuk melatih pendengaran dan pitch.

Ada juga dua cara yang dapat Anda lakukan saat melakukan Intonasi, yaitu:
1. Cara Ascending yaitu cara membidik nada dari nada dasar ke nada tinggi.
Contoh : Do Re Mi Fa Sol La Si Do
Akan tetapi, cara tersebut bisa divariasi menjadi Do Mi Re Fa Mi Sol Fa La Sol Si La Do Si dan Do Re Mi Fa Re Mi Fa Sol Mi Fa Sol La Si Sol La Si Do

2. Cara Descending yaitu cara membidik nada dari nada tinggi ke rendah
Contoh : Do Si La Sol Fa Mi Re Do
Atau juga dapat dilakukan variasi seperti Do La Si Sol La Fa Sol Mi Fa Re Mi Do dan Do Si La Sol Si La Sol Fa La Sol Fa Mi Sol Fa Mi Re Fa Mi Re Do