Sifat-Sifat Air

ASTALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas mengenai air. Seperti pengertian air, sifat-sifat air, dan manfaat air. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel berikut ini.

Pengertian Air

merupakan suatu cairan yang tidak mempunyai warna dan tidak berasa serta tidak berbau yang sering kita temui atau jumpai sehari-hari dilingkungan kita berada. Air begitu penting untuk digunakan dalam kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan yang secara kimiawi mengandung hidrogen dan oksigen. Dan perlu diketahui apabila mendapat atau menjumpai air yang berbau atau berwarna maka kemungkinan air itu telah bercampur dengan zat lain.

Sifat-Sifat Air

Air juga mempunyai beberapa sifat. Berikut ini sifat-sifat air adalah:

1. Air menempati ruang
Air mempunyai sifat menempati ruang, contohnya air yang dituangkan pada gelas maka air itu akan menempati ruang dalam gelas, begitu juga air yang dituangkan kedalam botol maka air akan menempati ruangan dari botol.

2. Air mempunyai/memiliki berat
Air memiliki berat, contohnya apabila sebuah ember yang kosong diisi air hingga penuh maka, apabila ember tersebut diangkat akan terasa berat.

3. Air melarutkan beberapa zat
Air mempunyai sifat dapat melarutkan beberapa zat. Contohnya gula yang dimasukan ke dalam air lalu diaduk-aduk maka butiran gula akan hilang, hilangnya butiran gula tersebut karena larut dalam air. Kesimpulan gula yang ada didalam air akan hilang karena air memiliki sifat dapat melarutkan beberapa zat.

4. Air meresap melalui celah kecil
Air memiliki sifat meresap ke celah-celah kecil. Contohnya air hujan yang turun dari langit ke permukaan tanah akan menggenangi permukaan tanah tersebut tetapi lama-kelamaan air tersebut akan habis karena air itu meresap melalui celah-celah kecil tanah.

5. Air mengalir ke tempat yang lebih rendah
Air mempuyai sifat mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Contohnya air sungai, air sungai mengalir dari pegunungan atau mata air di tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah. Kesimpulan Air yang dituangkan pada permukaan papan akan bergerak ke bawah menuju tanah, karena air memiliki sifat mengalir daritempat yang tinggi ke tempat yang rendah.

6. Permukaan air yang tenang selalu datar
Air tenang memiliki sifat permukaannya selalu datar, contohnya air didalam gentong, gelas atau benda yang lain apabila diamati permukaan air itu akan selalu datar. Kesimpulannya permukaan air yang tenang maka akan selalu datar. Sifat permukaan air yang selalu datar digunakan oleh tukang bangunan sebagai dasar pengukuran pemasangan ubin atau tembok batu bata supaya tidak miring.

7. Air menekan ke segala arah
Air memiliki sifat menekan kesegala arah. Contohnya apabila kantong plastik diisi air lalu kantong plastik tersebut ditusuk jarum maka air akan keluar. Keluarnya air itu karena air memiliki sifat menekan ke segala arah.

8. Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah
Air mengalir daei tempat tinggi ke tempat rendah.lihatlah air terjun atau air yang mengalir dari gunung ke bawah.

9. Air dapat berubah wujud
Air memiliki sifat dapat berubah wujud. Contohnya dalam pembuatan es batu, air yang dibungkus kantong plastik lalu di masukan kedalam kullkas atau pendingin maka air tersebut lama kelamaan akan berubah wujud dari cair menjadi padat.

Manfaat Air Bagi Kehidupan

Volume air dalam tubuh manusia rata-rata 65% dari total berat badannya, dan volume tersebut sangat bervariasi pada masing-masing orang, bahkan juga bervariasi antara bagian-bagian tubuh seseorang. Beberapa organ tubuh ma¬nusia yang mengandung banyak air, antara lain, otak 74,5%, tulang 22%, ginjal 82,7%, otot 75,6%, dan darah 83%.

Setiap hari kurang lebih 2.272 liter darah dibersihkan oleh ginjal dan sekitar 2,3 liter diproduksi menjadi urine. Selebihnya diserap kembali masuk ke aliran darah. Dalam kehidupan sehari-hari, air dipergunakan antara lain untuk ke¬perluan minum, mandi, memasak, mencuci, membersihkan rumah, pelarut obat, dan pembawa bahan buangan industri.

Ditinjau dari sudut ilmu kesehatan masyarakat, penyediaan sumber air bersih harus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat karena persediaan air bersih yang terbatas memudahkan timbulnya penyakit di masyarakat. Volume rata- rata kebutuhan air setiap individu per hari berkisar antara 150-200 liter atau 35-40 galon. Kebutuhan air tersebut bervariasi dan bergantung pada keadaan iklim, standar kehidupan, dan kebiasaan masyarakat.

Fungsi Air

Berikut ini adalah fungsi air, yaitu:

1. Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusak.

2. Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan.

3. Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita.

4. Katalisator dalam metabolisme tubuh serta mampu meredam benturan bagi organ vital.

5. Pelumas bagi sendi-sendi dan menstabilkan suhu tubuh.