Sejarah Turunnya Kitab Taurat

Loading...

ASTALOG.COM – Dalam agama islam dikenal empat buah kitab yang wajib kita percayai serta kita imani. Salah satunya ialah kitab Taurat yang diturunkan kepada nabi Musa as.

Turunnya Kitab Taurat

Kitab Taurat merupakan kitab yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Musa AS untuk membimbing kaumnya Bani Israil yang ditulis dengan menggunakan bahasa Ibrani. Ketika masih remaja, nabi Musa as pernah memukul seorang pemuda dari suku qibti hingga mati. Karena suku Qibti termasuk pendukung raja Fir’aun, rajapun berusaha menangkap nabi Musa as.

Saat itu nabi Musa as berusaha melarikan diri ke negeri Madyan. Di negeri ini Allah SWT menakdirkan nabi Musa as bertemu dengan nabi Syu’aib as dan dijodohkan dengan anaknya yang bernama Safira. Setelah cukup lama di Madyan, nabi Musa as meminta izin kepada nabi Syu’aib as untuk kembali ke mesir untuk menengok orang tuanya. Ketika dalam perjalanan di atas bukit yang bernama Tuwa, Nabi Musa as melihat api. Beliaupun minta izin kepada istri dan anaknya untuk mendatangi api tersebut.

Setelah sampai, beliau melihat sebuah sinar yang sangat terang. Pada saat itulah adanya pertanda dari Allah SWT, Nabi Musa as menerima wahyu pertama dan diangkat menjadi Nabi atau Rasul, sedangkan kitab Taurat turun ketika Nabi Musa as meninggalkan kaumnya, Bani Israil, selama 40 hari ke bukit Tursina atau Sinai.

Isi Pokok Kitab Taurat

Kitab Taurat adalah kumpulan firman-firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Musa as. Kitab ini berlaku hanya bagi Nabi Musa as. dan Bani Israil.

Kitab Taurat ini hanyalah salah satu bagian dari Kitab suci agama Yahudi yang disebut Biblia/Al Kitab (terdiri dari Thora, Nabiin, dan Khetubiin). Di kemudian hari orang Kristen menamainya Perjanjian Lama (Old Testament). Konon Taurat yang tertuang dalam Perjanjian Lama tersebut berasal dari Nabi Musa as. dan dibagi menjadi lima kitab yaitu:

a. Kitab Kejadian (Genesis)
Kitab ini berisi kisah kejadian alam semesta, kejadian Adam dan Hawa serta dikeluarkannya mereka dari surga, dan turunnya Adam , dan sejumlah Nabi sampai Yusuf as.

b. Kitab Keluaran (Exodus)
Kitab ini berisi kisah tentang keluarnya Bani Israil dari Mesir yang dipimpin Nabi Musa as. akibat penindasan Fir’aun, keberadaan Musa di Padang Tih, Semenanjung Sinai selama 40 tahun, munajat Musa as. terhadap Yahwe (Allah SWT), sampai turunnya Sepuluh Perintah.

Adapun isi 10 perintah adalah sebagai berikut:
1. Hormati dan cintai satu Allah.
2. Sebutlah nama Allah dengan hermat.
3. Kuduskanlah hari Tuhan (hari Sabat, yaitu hari ke-7 setelah bekerja selama enam hari dalam seminggu)
4. Hormatilah ibu dan bapakmu.
5. Jangan membunuh.
6. Jangan bercabul.
7. Jangan mencuri.
8. Jangan berdusta.
9. Jangan ingin berbuat cabul.
10. Jangan ingin memiliki barang orang lain dengan cara yang tidak halal.

c. Kitab Imamat (Leviticus)
Kitab ini berisi berisi kumpulan hukum/syariat dalam agama Yahudi.

d. Kitab Bilangan (numbers)
Kitab ini menerangkan jumlah keturunan dua belas Bani Israil pada zaman Nabi Musa as.

e. Kitab Ulangan (Deuteronomy)
Kitab ini berisi pengulangan kisah kepergian Bani Israil dari Mesir dan pengulangan kumpulan peraturan.

Loading...