Apa Penyebab Perang Dunia Ke-II ?

ASTALOG.COM – Segala sesuatu yang timbul pasti ada sebab, sama halnya seperti perang. Perang yang sangat besar yakni perang dunia ke- II, yang telah menjadi sejarah dunia tentang perang terbesar. Perang tersebut pasti memiliki sebab-sebab lahirnya, meletusnya, atau terjadinya perang dunia II.

Dari perang tersebut terdapat berbagai akibat-akibat yang menimbulkan dampak-dampak dalam peperangan tersebut. Perang Dunia II terjadi pada tahun 1939-1945, sebagai lanjutan dari Perang Dunia I. Perang ini jauh lebih mengerikan dibandingkan dengan Perang Dunia I. Perang Dunia II wilayahnya jauh lebih luas, hampir semua negara terlibat dalam perang besar ini. Meletusnya Perang Dunia II dilatarbelakangi oleh beberapa hal yang dapat digolongkan menjadi dua, yaitu sebab-sebab umum dan sebab-sebab khusus.

Sebab Umum Terjadinya Perang Ke-II
1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) dalam menciptakan perdamaian dunia.
LBB bukan lagi alat untuk mencapai tujuan, tetapi menjadi alat politik negara-negara besar untuk mencari keuntungan. LBB tidak dapat berbuat apa-apa ketika negara-negara besar berbuat semaunya, misalnya pada tahun 1935 Italia melakukan serangan terhadap Ethiopia.

2. Negara – negara maju saling berlomba memperkuat militer dan persenjataannya.
Dengan kegagalan LBB tersebut, dunia Barat terutama Jerman dan Italia mencurigai komunisme Rusia, tetapi kemudian Rusia mencurigai fasisme Italia dan nasional-sosialis Jerman. Oleh karena saling mencurigai akhirnya negara- negara tersebut memperkuat militer dan pesenjataannya.

3. Adanya politik aliansi (mencari kawan persekutuan).
Kekhawatiran akan adanya perang besar, maka negara-negara mencari kawan dan muncullah dua blok besar yakni:
a. Blok Fasis terdiri atas Jerman, Italia, dan Jepang
b. Blok Sekutu terdiri atas:

4. Adanya pertentangan-pertentangan akibat ekspansi.
Jerman mengumumkan “Lebensraum “nya (Jerman Raya) yang meliputi Eropa Tengah dan Italia menginginkan Italia Irredenta (Italia Raya) yang meliputi seluruh laut Tengah dan Abbesinea, serta Jepang mengumumkan Kemakmuran Bersama di Asia Timur Raya. ini berarti merupakan tantangan terhadap imperialisme Jnggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

5. Adanya pertentangan faham demokrasi, fasisme dan komunisme.

6. Adanya politik balas dendam (“Revanche Idea”) . Jerman terhadap Perancis, karena Jerman merasa dihina dengan Perjanjian Versailles.

Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia Ke II
Sebab khusus Perang Dunia II adalah serangan Jerman terhadap Kota Danzig (sekarang bernama Gdanks) yang terletak di negara Polandia, di tepi Laut Baltik. Serangan Jerman terhadap kota Danzig dilakukan pada tanggal 1 September 1939 yang menggunakan taktik serangan kilat (blitzkrieg) dan kendaraan lapis baja dengan pengeboman yang efektif.

Polandia tidak tinggal diam sehingga pecahlah perang antara Jerman melawan Polandia. Pada tanggal 3 September 1939 Perancis dan Inggris membela Polandia dengan mengumumkan perang kepada Jerman sehingga perang pun cepat menjalar di kawasan Eropa.

Sementara itu, pada tanggal 7 Desember 1941 Jepang menyerang Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai dengan tujuan keinginan Jepang untuk menguasai Asia. Pada tanggal 11 Desember 1941 Jerman dan Italia yang merupakan sekutu Jepang mengumumkan perang kepada Amerika Serikat.

Kronologi Perang Dunia Ke II
Secara umum, Perang Dunia II terjadi dalam tiga tahap:
1. Tahap permulaan (1939–1942) ketika blok Sentral menang dan blok Sekutu kalah.
2. Titik balik (turning point) tahun 1942.
3. Tahap akhir (1942–1945) ketika blok Sentral kalah dan blok Sekutu menang.

Dalam Perang Dunia II ini, pasukan Inggris dipimpin oleh Sir Winston Churchill yang menggantikan Arthur Neville Chamberlain. Pasukan Prancis dipimpin oleh Jenderal Gamelin yang akhirnya digantikan oleh Jenderal Charles de Gaulle, sedangkan Amerika Serikat dipimpin Jenderal Eisenhower sebagai panglima Mandala di Eropa.