Fakta Menarik Tentang Karl Marx

Loading...

Karl Marx, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut. Filsuf Jerman dan yang juga dikenal sebagai sosialis revolusioner, Karl Marx pernah menerbitkan buku yang terkenal, Manifesto Komunis dan Das Kapital. Penulis terkenal dan legendaris yang telah menyentil jutaan hati manusia di seluruh dunia dengan beberapa karyanya.

Karl Marx khususnya sangat dikenal karena karya-karya anti-kapitalis nya yang membentuk dasar dari Marxisme, memberikan banyak inspirasi dan pemikiran di setiap kata dalam tulisannya.

Ada beberapa fakta menarik tentang Karl Marx yang mungkin saja akan membuat Anda tertegun dan terkejut. Sosok legenda yang lahir dari orangtua Yahudi dengan keturunan rabbi, dan kemudian menjadi Kristen pada tahun 1816 ketika ia menginjak usia 35 tahun.

Karl Marx menjadi salah satu penulis politik yang paling berpengaruh dalam sejarah, disertai dengan beberapa fakta menarik lainnya yang akan membuat Anda tercengang. Dikatakan bahwa paruh terakhir abad kedua puluh, hampir setengah orang di dunia tinggal di negara-negara yang diatur oleh prinsip-prinsip berdasarkan karya Marx, tahukah Anda?

BACA JUGA:  Apa yang Dimaksud dengan Zona Laut Teritorial?

Oleh karena itu, mari kita simak beberapa fakta yang paling menarik tentang Karl Marx:

Pendidikan
Sampai menginjak usia 13 tahun, Marx menjalani pendidikannya di rumah. Kemudian pada tahun 1835, ia menjalani pendidikan pada salah satu Universitas dan mengambil jurusan hokum. Karl Marx bukan hanya seorang filosof. Dia sebenarnya adalah Doctor of Philosophy. Seorang pria dengan kemampuan dan keterampilan yang sangat berkualitas.

Kehidupan Keluarga
Karl Marx pun berumah tangga, menikahi wanita cantik bernama Jenny, dan dari pernikahannya mereka dikaruniai enam orang anak.

Sejarah Kesehatan
Salah satu fakta yang paling menarik tentang Karl Marx yang mungkin belum banyak diketahui orang-orang adalah bahwa rupanya ia merupakan pribadi yang memiliki sisi lain. Sebagian besar waktu hidupnya, dia menderita kesakitan karena memiliki masalah kesehatan yang berkaitan dengan hati, rematik, sering mengalami sakit kepala, tidak jarring merasakan sakit gigi, dan mengalami insomnia.

Memiliki Impian
Apakah Anda tahu fakta menarik lainnya, bahwa Karl Marx seperti anak muda lainnya, dia memiliki mimpi menjadi seorang mahasiswa drama kritikus, mengejar impiannya bersama pemuda lainnya yang memiliki impian yang sama. Namun sayangnya sang ayah tidak merestuinya karena tidak cukup yakin bahwa Marx dapat memotivasi dirinya sendiri untuk menyelesaikan kuliah dan memperoleh gelar sarjana, pada akhirnya ayahnya meminta Karl Marx untuk mengenyahkan itu semua.

BACA JUGA:  Keunggulan dan Kelemahan Penginderaan Jauh

Memiliki Otak Yang Seksi

Ya, pria yang paling seksi di dunia adalah mereka yang memiliki otak cemerlang, dan Karl Marx adalah satu dari sekian orang yang benar-benar memiliki segudang ide dan pemikiran yang luar biasa.

Kehidupan Universitasnya
Apakah Anda tahu bahwa Karl Marx adalah kupu-kupu sosial. Di universitas, ada satu peristiwa dimana ayahnya harus menyelamatkan Karl Marx keluar dari masalah yang cukup besar. Dia telah disiksa karena dikatakan memiliki utang yang sangat besar.

Apakah Dia Cukup Berada Ataukah Hidup Dalam Kekurangan?
Ya, dapat dikatakan bahwa Marx hidup dalam keadaan menengah, namun pada masa dewasanya dapat dikatakan kondisi perekonomiannya cukup mengerikan. Teman setianya, yang bernama Engels selalu membantunya dengan memberi 5 pound setiap bulannya kepada Marx agar dapat ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA:  Sebutkan Kerajaan-Kerajaan yang Becoak Hindu dan Budha di Indonesia?

Kisah Pekerjaannya
Fakta paling menarik tentang Karl Marx adalah bahwa karya monumentalnya, The Communist Manifesto, hanya selesai dalam kurun waktu 6 minggu. Ya, bisa Anda bayangkan? 6 minggu tentu tergolong sangat singkat, khususnya untuk sebuah karya yang benar-benar monumental.

Posisinya
Dalam sejarahnya, apakah Anda tahu fakta menarik tentang Karl dimana ia dianggap sebagai salah satu tokoh yang paling dibenci dan dicaci maki dalam sejarah karena teori ekonominya yang melibatkan orang-orang kaya tidak lagi menjadi kaya. Ya, namun dibalik itu semua, tidak dapat dipungkiri bahwa ide dari Marx sangat berpengaruh terhadap kehidupan sejarah di masa lalu.

Itulah beberapa fakta tentang Karl Marx, ia menutup usia pada tahun 1883, setelah istrinya lebih dulu menghembuskan nafas terakhir di tahun 1981. Marx sering dianggap sebagai sosok yang sulit dimengerti. Namun ide-idenya memberi pengarus yang besar bahkan setelah kematiannya. Ide tersebut mendunia khususnya pada sekitar abad ke – 20.