Pada Tahun Berapakah Benua Amerika Diemukan dan Siapa Penemunya?

Sekilas Mengenai Benua Amerika.
Benua Amerika adalah sebuah benua di dunia yang merujuk kepada wilayah daratan di antara Samudra Pasifik dan Samudra Atlantik. Benua Amerika adalah benua terbesar ke 2 di dunia setelah Benua Asia .Luas wilayahnya ± 42.292.000 Km².

Batas-batas Benua Amerika.
Secara geografis, letak Benua Amerika sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan Laut Bering, sebelah timur berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Karibia, sebelah utara berbatasan dengan Laut Es dan Selat Davis, dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Kutub Selatan.

Bentang Alam.
Benua Amerika terbagi menjadi tiga kawasan
1. Amerika Utara, terdiri atas tiga negara, yaitu Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko.
2. Amerika Tengah, terdiri atas sebelas negara, yaitu Guatemala, El Salvador, Honduras, Nikaragua, Kosta Rika, Panama, Kuba, Haiti, Dominika, Puerto Riko, dan Jamaika.
3. Amerika selatan, terdiri atas 13 negara yaitu : Kolombia, Venezuela, Suriname, Guyana, Guyana Perancis, Ekuador, Bolivia, Peru, Brasil, Paraguay, Uruguay, Cili dan Argentina.

Wilayah Amerika Tengah merupakan daratan sempit memanjang yang menghubungkan antara Amerika Utara dan Amerika Selatan. Secara astronomis, Benua Amerika terletak antara 72° LU – 59° LS dan 36° BB – 163° BB.

Bentang alam bagaian barat berbeda dengan bagian timurnya, yaitu seperti berikut :
1. Benua Amerika bagian barat
Sepanjang bagian barat Amerika terdapat suatu barisan pegunungan yang memanjang, mulai dari Alaska di utara sampai ujung Amerika Selatan. Puncak tertinggi adalah Gunung Aconcagua (6.960 m) yang terletak di Argentina dan titik terendahnya lembah maut di California (85.9 m di bawah permukaan laut).

Di bagian barat Amerika Utara terdapat barisan pegunungan yang disebut Rocky Mountains (pegunungan batu). Sementara itu, di bagian barat Amerika Selatan disebut Cordelleras De Los Andes (pegunungan Andes). Di komplek utama pegunungan Rocky terdapat Great Basin dan Ngarai yang terkenal, yaitu Grand Canyon.

 Iklim.
Iklim benua Amerika bermacam-macam, hal ini dikarenakan daratan Amerika memanjang dari kutub utara sampai ujung selatan (Cape Horn).
a. Berdasarkan letak mataharinya : benua Amerika mempunyai iklim tropis, sub tropis, sedang dan dingin.
b. Berdasarkan fisisnya, iklim benua Amerika dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Iklim dingin, terdapat di daerah Alaska dan Kanada Utara.
2. Iklim darat/iklim kontinental. berada di Amerika Serikat bagian timur (teluk Lawrence) sampai di perbatasan Kanada.
3. Iklim sedang, terdapat daerah pantai Alaska sampai Kalifornia Utara.
4. Iklim kering atau iklim gurun, terdapat di sebelah barat Amerika Serikat bernama Gurun Mojave dan pantai Chili di Amerika Selatan bernama Gurun Atacama.
5. Iklim stepa, terdapat di sebelah timur pegunungan batu (Rocky Mountain) sampai ke Kanada di Amerika Utara, dan dataran tinggi Brasilia di Amerika Selatan.
6. Iklim tropis basah, terdapat di kawasan Amerika Tengah dan sebagian besar bagian utara.

Penemu Benua Amerika.
Selama ini diyakini bahwa penemu benua Amerika adalah Christopher Columbus. Namun kini hal itu terbantahkan. Bahkan Columbus sendiri sempat terkejut, dia menemukan masjid di benua itu. Columbus lahir pada 30 Oktober 1451 dan meninggal 20 Mei 1506 pada usia 54 tahun. Dia seorang penjelajah dan pedagang yang menyeberangi Samudra Atlantik dan sampai ke benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492 di bawah bendera Castilian Spanyol.

Dia percaya bahwa Bumi berbentuk bola kecil, dan beranggap sebuah kapal dapat sampai ke Timur Jauh melalui jalur Barat. Columbus bukanlah orang pertama yang tiba di Amerika, yang ia dapati sudah dihuni masyarakat.

Menurut catatan Wikipedia, Colombus mengira pulau tersebut masih perawan, belum berpenghuni sama sekali. Mereka berorintasi menjadikan pulau tersebut sebagai perluasan wilayah Spanyol. Tetapi setelah menerobos masuk, Columbus ternyata kaget menemukan bangunan yang persis pernah ia lihat sebelumnya ketika mendarat di Afrika.

Bangunan megah itu adalah Masjid yang dipakai oleh Orang-orang Islam untuk beribadah. Semula Columbus disambut dengan ramah oleh suku Indian, tetapi setelah merasa bahwa Colombus memiliki niat buruk datang di pulau itu, Colombus banyak mendapat resistensi dari penduduk setempat.

Beberapa armada kapal milik rombongan Colombus ditenggelamkan oleh suku Indian sebab mereka merasa terganggu dan terancam oleh kedatangan Colombus.
Namun menurut Gavin Menzies pememu pertama Benua Amerika adalah Laksamana Zheng He (kita mengenalnya dengan Ceng Ho).

Tampil penuh percaya diri, Menzies menjelaskan teorinya tentang pelayaran terkenal dari pelaut mahsyur asal Cina. Bersama bukti-bukti yang ditemukan dari catatan sejarah, dia lantas berkesimpulan bahwa pelaut serta navigator ulung dari masa dinasti Ming itu adalah penemu awal benua Amerika, dan bukannya Columbus.

Bahkan menurutnya, Zheng He ‘mengalahkan’ Columbus dengan rentang waktu sekitar 70 tahun.