Siapa Penemu Telepon?

ASTALOG.COM – Tahukan Anda siapa penemu dari telefon yang ada dirumah Anda? Alat komunikasi yang sudah mulai berkembang ini adalah salah satu media komunikasi yang memberikan kemudahan bagi siapa saja. Anda hanya perlu menekan beberapa digit nomor yang akan dihubungi, maka dengan segera akan terhubung.

Anda bahkan tidak perlu lagi menggunakan media surat hanya untuk sekedar menyapa keluarga atau sahabat yang jauh disana. Yah, walaupun telepon saat ini sudah mulai berkembang secara perlahan namun apakah Anda tahu siapa penemu dibalik media komunikasi jarah jauh ini?

Penemu Telepon
Masih banyak kesalahpahaman mengenai penemu dari telepon. Banyak orang yang beranggapan penemu pertama dari telpon adalah Alexander Graham Bell. Meskipun benar Alexander Graham Bell adalah penemu dari telepn, namun penemu telepon sebelumnya adalah Antonio Meucci.

Antonio Santi Giuseppe Meucci lahir di San Frediano, Firenze pada 13 April 1808. Antonio Meucci adalah lulusan Akademi Kesenian Firenze, lalu bekerja di Teatro della Pergola sampai tahun 1835 dan kemudian ditawari pekerjaan di Teatro Tacon in Havana, Kuba. Setelah itu ia berimigrasi ke sana bersama istrinya. Pada waktu senggangnya Antonio Meucci senang melakukan penyelidikan terhadap sesuatu dan menciptakan barang-barang baru tanpa putus asa. Meucci telah mengembangkan cara menggunakan aliran listrik untuk menyembuhkan penyakit dan menjadi populer karenanya.

Tahun 1850 ia pindah ke Staten Island, New York. Pada saat itu Meucci jatuh miskin. Karena sakit keras dan perekonomian yang sulit, akhirnya istrinya menjual beberapa alat-alat ciptaannya untuk biaya pengobatan. Setelah sembuh, Meucci bekerja keras siang dan malam untuk kembali membuat alat-alat ciptaannya. Pada tahun 1871, disebabkan tak cukup uang untuk membayar paten telepon, ia hanya membayar paten sementara yang berlaku untuk setahun dan harus diperpanjang pada tahun selanjutnya. Karena kesulitan dalam biaya dan mematenkan penemuannya, akhirnya Meucci mendemonstrasikan potensi “telegraf berbicara” pada Wakil Ketua Perusahaan Telegraf Western Union, Edward B.Grant. Kesialanpun terjadi, setiap kali Meucci hendak menemuinya, wakil ketua selalu mengatakan bahwa tak ada waktu.

Berselan dua tahun kemudian, saat Meucci meminta kembali semua materi telepon dari perusahaan tersebut, ternyata mereka hanya mengatakan telah hilang. Lalu tiba-tiba, pada tahun 1876 Alexander Graham Bell menyandang nama sebagai penemu telepon. Melihat ciptaannya dicuri, Meucci tidak tinggal diam. Ia pun akhirnya mengajukan kasus ini ke meja hijau, walaupun pada akhirnya ia mengalami kekalahan.

Nah, inilah saat dimana kita semua akhirya hanya mengetahui penemu dari telepon adalah Alexander Graham Bell.