Ciri-Ciri Khusus Kelinci

Loading...

ASTALOG.COM – Kelinci adalah salah satu hewan yang mungil, imut, dan lucu yang dapat dipelihara dirumah kita masing-masing. Artikel berikut ini akan membahas mengenai kelinci.

Kelinci

Kelinci adalah hewan mamalia darat . Kelinci termasuk dalam kategori hewan herbivora atau memakan sayur-sayuran . Bagian kelinci terdiri dari empat kaki, dan dia mempunyai telinga yang panjang dan giginya yang panjang di gunakan untuk mengunyah makanan . Kelinci juga hewan yang sangat lucu dan dia berkembang biak dengan cara melahirkan dan dia juga bertempat tinggal di lobang .

Ciri-Ciri Kelinci

Kelinci adalah binatang mamalia yang merupakan kerabat dari Leporidae yang terkadang disamakan dengan arnab. Kelinci memiliki punggung yang melengkung dan ekornya pendek. Memiliki kepala yang kecil serta daun telinga yang agak tegak ke atas. Namun, beberapa jenis dari Kelinci ada yang memiliki telinga terjuntai ke bawah. Bibir Kelinci pada bagian atas terbelah dan tersambung hingga hidung. Ada Beberapa helai kumis atau misai yang keras di bagian hidung. Pada bagian di sekitar mata ada beberapa lembar bulu mata panjang. Kelinci memiliki telinga yang besar. Kelinci betina biasanya memiliki telinga yang lebih besar daripada Kelinci jantan. Kaki belakang Kelinci lebih panjang serta lebih kuat daripada kaki depannya. Kelinci merupakan hewan peloncat, akan tetapi loncatannya lemah dan kurang kurang lincah.

Kelinci adalah hewan kosmopolit, sehingga Kelinci bisa beradaptasi di berbagai belahan dunia. Mereka biasa hidup secara berkelompok. Kelinci biasa hidup dan berkembang di sarang atau lorong bawah tanah yang ia gali, hutan, semak-semak belukar, dan juga padang rumput. Tidak hanya itu, beberapa jenis Kelinci ada yang mampu hidup pada lingkungan yang ekstrim panas dan kering.

Jenis-jenis Kelinci

Berdasarkan jenisnya, ada beberapa spesies Kelinci yaitu

1. Kelinci Gurun atau Kelinci Audubon di wilayah Amerika Tengah
2. Kelinci Timur di benua Amerika
3. Kelinci Eropa di wilayah Spanyol dan Portugal
4. Tapeti atau Kelinci Brazil di wilayah Amerika Selatan dan Tengah
5. Kelinci Rawa di bagian timur dan selatan Amerika Serikat
6. Kelinci Gunung di wilayah Kanada
7. Kelinci New England
8. Kelinci Pygmy di wilayah Amerika Utara, dan
9. Kelinci Belang Sumatera atau lebih dikenal dengan nama Kelinci Telinga Pendek Sumatera yang hanya ada di Pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Barat. Kelinci ini termasuk ke dalam spesies yang terancam punah.

Ciri-Ciri Khusus Kelinci

Berikut ini merupakan ciri-ciri khusus kelinci, yaitu

1. Kelinci ialah satu genus mamalia serupa arnab yang tergolong dalam famili Leporidae
2.Kelinci betina memiliki jumlah uterus yang sepasang memungkinkan untuk memiliki jumlah anak lebih dari satu atau multiple impregnations
3.Kelinci merupakan hewan yang berusus satu
4.Pakan utama kelinci yaitu Rumput, Sayuran, Bijian
5.Siklus kelamin : Poliestrus dalam setahun bisa 5 kali bunting
6.Kelinci lahir hanya mengandalkan makan dari air susu induknya
7.Masa perkawinan setelah beranak (calving interval): 1 minggu setelah anak disapih
8.Anak kelinci akan belajar makan rumput pada umur 14 hari dan mulai banyak makan diusia 26 hari
9.kelinci memiliki pertumbuhan gigi yang terus menerus
10 .Kelinci memiliki karakter selalu siaga, bereaksi ageresif untuk menjauhi ancaman yang berada disekitarnya

Loading...