Pengertian Papila Rambut

Loading...

ASTALOG.COM – Rambut adalah salah satu bagian dari organ tubuh kita yang keberadaannya ada pada beberapa bagian tubuh yaitu kepala, alis, hidung, telinga, kumis, jenggot, cambang, dada, tangan, hingga kaki. Jika dilihat dari keberadaannya, hampir seluruh permukaan tubuh kita ditutupi oleh rambut.

Pengertian Rambut
Dilansir dari wikipedia, rambut atau yang biasa sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang tumbuh di kulit hewan dan manusia, terutama mamalia. Rambut muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Struktur mirip rambut, yang disebut trikoma, juga ditemukan pada tumbuhan.

Bagian-bagian Rambut
Sama halnya dengan kulit, rambut pada tubuh kita juga terdiri dari beberapa bagian, yaitu
1. Hair shaft atau batang rambut adalah bagian rambut yang keluar dari dan berada di atas permukaan kulit.
2. Arrector pili muscle atau otot arektor pili adalah otot kecil yang menempel di folikel rambut.
Sebaceous gland atau kelenjar minyak adalah kelenjar mikroskopis yang berfungsi mengeluarkan sebum (minyak) dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap kuman.
3. Hair follicle atau folikel rambut adalah kantung kecil tempat akar satu helai rambut berada.
4. Hair bulb atau bulbus rambut adalah bagian akar yang menggelembung dan mengandung sel-sel aktif yang membentuk rambut.
5. Hair papilla atau papila rambut adalah bagian yang berada di folikel paling bawah dan bertugas menerima nutrisi dari folikel. Di sinilah tempat rambut sesungguhnya bertumbuh. Ketika sel-sel bertambah dan memproduksi keratin untuk mengeraskan strukturnya, sel-sel itu didorong ke luar folikel dan kemudian muncul di permukaan kulit sebagai batang rambut.

Fungsi Rambut
Rambut yang tumbuh pada permukaan kulit memiliki beberapa fungsi, yaitu
1. Rambut di kepala membuat kita tetap hangat.
2. Rambut pada hidung, telinga, dan sekitar mata untuk melindungi organ dari debu dan partikel lainnya. 3. Alis dan bulu mata juga melindungi mata dengan cara mengurangi cahaya agar tak langsung menerpa indera netra kita.
4. Rambut pada tubuh selain membuat lebih hangat, juga menjadi bantalan yang melindungi tubuh dari luka.

Proses Pertumbuhan Rambut
Banyak dari Anda yang mungkin bertanya-tanya, bagaimana proses pertumbuhan rambut? Semua sel pada tubuh, termasuk sel rambut, memiliki siklus tumbuh, tidak tumbuh, dan akhirnyat mati. Pada sel rambut berarti kerontokan. Proses pertumbuhan rambut dimulai dengan pembentukan sel-sel baru di bagian akar rambut. Lalu sel-sel ini didorong ke luar dan menjadi batang rambut. Saat tumbuh ke luar, sel-sel ini berhenti menyerap nutrisi dan mulai menghasilkan keratin. Proses ini dinamai ‘keratinisasi’. Saat inilah, sel-sel rambut pun mati dan bersama keratin membentuk batang rambut.

Ada tiga fase pertumbuhan rambut yakni:
1. Fase anagen
Pada kulit kepala terdapat sekitar 100.000 helai rambut dan sebagian besar masih dalam fase pertumbuhan. Rambut berada pada fase ini selama 2-6 tahun (bervariasi pada tiap individu secara genetis).

2. Fase katagen
Fase anagen diikuti oleh fase katagen. Yakni fase peralihan di mana terjadi regresi folikel rambut, pengurangan panjang, dan volume rambut. Fase ini berlaku sekitar 2-3 minggu.

3. Fase telogen
Fase ini merupakan fase istirahat dari siklus rambut, berlangsung sekitar 3 bulan. Lalu diakhiri dengan perontokan serta pembentukan tunas rambut baru. Kerontokan rambut yang terjadi pada ambang normal adalah 75-100 helai rambut.

Kulit kepala yang normal memiliki sekitar 90% rambut dalam fase anagen dan 10% rambut dalam fase telogen.

Loading...