Apa yang Dimaksud dengan Norma Agama?

ASTALOG.COM – Norma sangat penting peranannya dalam kehidupan kita karena dapat mewujudkan kehidupan yang sesuai dengan harkat dan martabat manusia. Karena tanpa norma kehidupan masyarakat seperti kehidupan di hutan belantara. Siapa yang kuat dialah pemenangnya.

Dengan norma, setiap manusia memperjuangkan kepentingan dan kebutuhannya dalam batas-batas yang tidak melanggar aturan dan tidak merugikan kepentingan orang lain.

Pengertian Norma
Norma adalah patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Norma sering juga disebut dengan peraturan sosial. Norma menyangkut perilaku-perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani interaksi sosialnya. Keberadaan norma dalam masyarakat bersifat memaksa individu atau suatu kelompok agar bertindak sesuai dengan aturan sosial yang telah terbentuk. Pada dasarnya, norma disusun agar hubungan di antara manusia dalam masyarakat dapat berlangsung tertib sebagaimana yang diharapkan.

Macam-macam Norma
Dalam kehidupan sehari-hari, ada 4 macam norma. Norma tersebut antara lain norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum.

1. Norma agama
Norma agama berasal dari Tuhan, pelanggarannya disebut dosa. Norma Agama adalah peraturan hidup yang harus diterima manusia sebagai perintah-perintah, laranganlarangan dan ajaran-ajaran yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Pelanggaran terhadap norma ini akan mendapat hukuman dari Tuhan Yang Maha Esa berupa “siksa” kelak di akhirat.

Contoh norma agama ini diantaranya ialah:
a. Melakukan sembahyang kepada Tuhan
b. Tidak berbohong,
c. Tidak boleh mencuri,
d. Patuh terhadap kedua orang tua
e. Yidak boleh membunuh, dan lain sebagainya.

2. Norma kesusilaan
Norma kesusilaan adalah peraturan atau petunjuk hidup yang bersumber dari suara : hati nurani manusia yang mengatur tentang patut tidaknya perbuatannya atau susila tidaknya perilaku manusia. Norma kesusilaan memberikan petunjuk tentang cara bersikap dan bertingkah laku dalam memutuskan hal-hal yang harus dilakukan, dihindari dan ditentang. Pelanggaran terhadap norma kesusilaan adalah pelanggaran penasaran yang bersifat penyesalan karena telah melakukan pengingkaran terhadap hati nurani.

Contoh Norma Kesopanan dalam Kehidupan Sehari-hari
a. Menghargai dan menghormati orang lain.
b. Menghormati orang-orang yang lebih tua.
c. Berlaku jujur dan adil dalam masyarakat.

3. Norma Kesopanan
Norma Kesopanan adalah norma yang timbul dan diadakan oleh masyarakat itu sendiri untuk mengatur pergaulan sehingga masing-masing anggota masyarakat saling hormat menghormati. Akibat dari pelanggaran terhadap norma ini ialah dicela sesamanya, karena sumber norma ini adalah keyakinan masyarakat yang bersangkutan itu sendiri.

Contoh Norma Kesopanan dalam Kehidupan Sehari-hari
a. Mengucapkan salam ketika bertamu ke rumah orang lain.
b. Mencium tangan orang tua ketika ingin berangkat ke sekolah.
c. Sopan santun saat bertamu ke rumah orang.
d. Tidak membuang sampah di sembarang tempat.

4. Norma hukum
Norma hukum adalah sekumpulan kaidah sebagai pedoman hidup yang bersumber dari undang-undang dan pemerintah. Norma hukum berada di bawah norma agama dan akibat dari melanggar norma hukum adalah sanksi berupa hukuman penjara dan sebagainya.

Contoh Norma Hukum dalam Kehidupan Sehari-hari
a. Mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendara.
b. Tidak boleh melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti pencurian, pembunuhan dan sebagainya.