Retikulum Endoplasma Yang Memiliki Bintik Bintik Di Permukaannya Disebut Dengan?

Retikulum Endoplasma.
Retikulum endoplasma yaitu struktur berbentuk benang-benang yang bermuara di inti sel. Retikulum endoplasma merupakan sistem membran yang sangat luas di dalam sel.

Retikulum endoplasma di bawah mikroskop elektron, tampak seperti rongga atau tabung pipih yang saling berhubungan dan menutupi sebagian besar sitoplasma. Membran-membran ini mempunyai struktur lipid protein yang sama dengan membran lain dalam sel tersebut.

Setiap membran pada retikulum endoplasma memiliki satu permukaan yang menghadap sitosol dan yang lain menghadap bagian dalam rongga tersebut.

Pada bagian-bagian Retikulum Endoplasma tertentu, terdapat ribuan ribosom atau ribosome. Ribosom merupakan tempat dimana proses pembentukan protein terjadi di dalam sel. Bagian ini disebut dengan Retikulum Endoplasma Kasar atau Rough Endoplasmic Reticulum.

Kegunaan daripada Retikulum Endoplasma Kasar adalah untuk mengisolir dan membawa protein tersebut ke bagian-bagian sel lainnya. Kebanyakan protein tersebut tidak diperlukan sel dalam jumlah banyak dan biasanya akan dikeluarkan dari sel. Contoh protein tersebut adalah enzim dan hormon.

Sedangkan bagian-bagian Retikulum Endoplasma yang tidak diselimuti oleh ribosom disebut Retikulum Endoplasma Halus atau Smooth Endoplasmic Reticulum. Kegunaannya adalah untuk membentuk lemak dan steroid. Sel-sel yang sebagian besar terdiri dari Retikulum Endoplasma Halus terdapat di beberapa organ seperti hati.

Fungsi Retikulum Endoplasma di Sel Eukariotik.
Fungsi dan struktur organel ini bervariasi sedikit sesuai dengan jenis sel. Protein adalah yang paling penting dari semua molekul biologis. Fungsi utama dari retikulum endoplasma adalah protein folding. Setelah protein dibuat di lokasi ribosom, protein harus dilipat ke dalam konfigurasi yang tepat agar bisa melaksanakan fungsinya dengan baik. Seluruh prosedur melipat terjadi dalam batas-batas retikulum endoplasma. Pengangkutan molekul protein siap untuk tujuan ini dimungkinkan oleh asosiasi retikulum endoplasma yang biasa dikenal sebagai badan golgi.

1. Fungsi Retikulum Endoplasma Halus.
– Sintesis Karbohidrat dan Lipid.
Bertanggung jawab untuk sintesis dan perbaikan membran. Dalam hati, RE halus memfasilitasi konversi glikogen yang disimpan untuk glukosa. Enzim glukosa-6-fosfatase yang terdapat pada SER mengambil bagian dalam glukoneogenesis dengan mengubah glukosa-6-fosfat menjadi glukosa.

– Transportasi Protein.
Meskipun RE atau Retikulum Endoplasma halus tidak mengambil bagian dalam sintesis protein seperti RE kasar, memainkan peran penting dalam transportasi protein. Ini mengatur transportasi protein dengan bertindak sebagai daerah transisi untuk vesikel yang mentransfer protein ke berbagai lokasi. RE halus juga mengangkut produk dari RE kasar ke aparat Golgi dan bagian lain dari sel.

– Detoksifikasi.
Salah satu fungsi yang paling penting dari RE halus adalah untuk detoksifikasi tubuh dari limbah metabolik dan obat-obatan. Obat detoksifikasi, serta detoksifikasi limbah yang dihasilkan dalam proses metabolisme terjadi pada RE halus yang terdapat dalam sel-sel hati. Ini berisi enzim yang mengkatalisis sejumlah reaksi yang dapat membuat obat larut lemak dan limbah metabolik yang larut dalam air, sehingga mereka dapat dengan mudah dikeluarkan dari tubuh.

Ketika sejumlah besar obat-obatan atau alkohol masuk ke sistem peredaran darah, produksi enzim detoksifikasi meningkat oleh sel-sel hati. Untuk menjalankan fungsi detoksifikasi, RE halus menggandakan luas permukaannya. Setelah obat atau racun tertentu telah dieliminasi dari tubuh, kelebihan RE halus dihancurkan oleh proses yang disebut autofagositosis.

Retikulum endoplasma halus akan banyak ditemui dalam sel berbagai organ seperti sel otot pada rangka, tubulus pada ginjal dan juga kelenjar steroid. protein retikulum endoplasma halus mempunyai bermacam fungsi, seperti:

• proses sintesis hormon steroid, khususnya di kelenjar gonad maupun korteks ginjal

• proses pemurnian kembali atau detoksifikasi pada hati yang banyak mengandung komponen organik seperti barbiturat serta etanol.

• proses pelepasan glukosa dari glukosa 6 fosfat pada hepar, maupun pelepasan gugus gula yang lain.

• tempat penyimpanan glikogen dalam bentuk granula di membran luar retikulum endoplasma halus, yang berkaitan fungsi hepar.
2. Fungsi Retikulum Endoplasma Kasar.
Fungsi lain dari retikulum endoplasma kasar adalah modifikasi dari beberapa protein yang diproduksi oleh ribosom. Setelah protein memasuki jalur di bagian dalam RE kasar, enzim bisa menambahkan molekul lain untuk itu. Disini protein diubah kemudian dipindahkan ke tempat yang membutuhkannya. Di dalam RE kasar, beberapa protein mungkin disimpan sementara yang lain diurutkan. Protein yang cacat diidentifikasi dan berhenti dari transportasi lebih lanjut. Fungsi retikulum endoplasma kasar erat terikat pada produksi dan transportasi protein dalam sel.

Perbedaan Endoplasma Retikulum Halus dan Retikulum Endoplasma Kasar

* Penampilan: Perbedaan utama antara keduanya terletak pada penampilan. Jenis kasar memiliki permukaan bergelombang, sedangkan RE halus memiliki permukaan halus. RE kasar terdiri dari interkoneksi, struktur seperti kantung, yang terlihat seperti cakram diatur dalam baris teratur. RE halus seperti jaringan tubulus saling berhubungan.

* Fungsi: Retikulum endoplasma kasar terutama bertanggung jawab untuk sintesis protein dan jenis halus terlibat dalam sintesis dan metabolisme lipid. RE halus juga merupakan lokasi untuk penyimpanan dan transportasi.

* Proporsi: Proporsi retikulum endoplasma halus sangat kecil, bila dibandingkan dengan ER kasar. RE Halus kebanyakan ditemukan dalam sel-sel yang secara aktif terlibat dalam sintesis dan metabolisme lipid. Ia jelas terlihat dalam hati, ovarium, testis, otot, dll.

Di permukaan Retikulum endoplasma kasar, terdapat bintik-bintik yang merupakan ribosom. Berbeda dari Retikulum endoplasma kasar, Retikulum endoplasma halus tidak memiliki bintik-bintik ribosom di permukaannya.