7 Elemen dalam Iklan Media Cetak

Loading...

ASTALOG.COM – Anda pasti sudah sering menemukan iklan, entah itu saat menonton televisi, mendengar radio, bahkan saat dalam perjalanan menuju ke sekolah atau kantor. Ya, ada berbagai macam bentuk iklan. Salah satunya ialah iklan cetak.

Iklan media cetak adalah bentuk iklan yang menggunakan media fisik cetak, seperti majalah dan koran, guna menjangkau konsumen, pelanggan bisnis dan prospek. Pengiklan juga dapat menggunakan media digital, seperti iklan banner, iklan mobile, dan iklan di media sosial, untuk mencapai sasaran yang sama.

Sebuah iklan cetak tentu hanya dapat efektif jika orang melihatnya. Ketika orang mencari melalui media, mereka memiliki kecenderungan untuk bisa menerima informasi baru dan jeli terhadap hal-hal menarik.

Jadi, sebuah iklan cetak yang baik dapat menyajikan produk Anda terhadap ‘mata’ baru. Iklan cetak dapat menyampaikan informasi tentang produk dan toko. Mereka meliputi tawaran yang jelas dan spesifik, bersama dengan informasi tentang bagaimana pembaca dapat bertindak atas tawaran tersebut.

Namun, tidak semua iklan cetak diciptakan sama. Untuk memaksimalkan investasi Anda, ada beberapa elemen yang harus ada dalam iklan Anda.

BACA JUGA:  Tentang Pengadilan Niaga

Iklan cetak termasuk brosur penjualan, kupon, brosur, kartu nama, billboard dan iklan di majalah dan surat kabar. Anda dapat menggunakan media ini dengan terlebih dahulu mendefinisikan tujuan Anda memasang iklan, mengidentifikasi target audiens Anda dan fokus pada pesan yang ingin disampaikan.

Biaya iklan cetak dapat dengan mudah melebihi manfaatnya, sehingga tidak pernah sia-sia. Masing-masing dari tujuh elemen iklan cetak seharusnya dapat meningkatkan efektivitas iklan.

Unsur Copy

Salinan atau teks harus disampaikan dalam bahasa yang jelas, ringkas dan terfokus. Mulailah dengan judul yang menarik perhatian pembaca, memicu minat pada produk Anda dan menyampaikan pesan Anda dengan singkat. Calon pelanggan biasanya hanya punya waktu sedetik untuk membaca billboard Anda. Bahkan dalam brosur atau katalog, buat body copy agar singkat. Termasuk logo perusahaan dan gunakan font (jenis huruf) yang menyempurnakan pesan Anda dan mudah dibaca.

Elemen Grafis

Fotografi, ilustrasi dan logo dapat meningkatkan minat dalam iklan apapun. Integrasikan elemen grafis dengan judul Anda dan copy untuk efek maksimum.

BACA JUGA:  Sebutkan dan Jelaskan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi

Sebuah studi oleh Texas State University menunjukkan bahwa lebih banyak perhatian mengarah ke gambar daripada kata-kata dan model manusia dalam iklan majalah. Hal ini menunjukkan nilai penggunaan model yang cocok atau menarik bagi audiens target Anda untuk menempa hubungan langsung antara produk/jasa dan pelanggan potensial Anda.

Inkonsistensi antara judul dan ilustrasi Anda akan membingungkan pengunjung dan mengurangi dampak iklan.

Berwarna vs Hitam Putih

Biaya cetak warna lebih besar dari hitam dan putih. Pencetakan warna penuh menggunakan empat tinta dan melingkupi setiap halaman. Pencetakan dua-warna merupakan pilihan yang lebih terjangkau, sesuai untuk beberapa aplikasi.

Layout

Tata letak adalah cara Anda menempatkan semua elemen bersama-sama untuk menyempurnakan iklan. Tata letak membutuhkan titik fokus — biasanya gambar atau judul — agar bisa sejurus dengan mata pembaca, maka ruang putih, elemen grafis dan teks harus memimpin melalui copy ke tangan perusahaan. Buat agar tata letak akhir sesuai dengan penampilan iklan di setiap rinciannya.

BACA JUGA:  Bahan Sintesis Adalah

Ukuran dan Bentuk

Biaya penempatan pada koran dan majalah didasarkan pada ukuran iklan. Dimensi yang tepat dapat bervariasi sesuai publikasi, tetapi diberikan harga sebagai pecahan dari halaman. Lokasi khusus, seperti penutup belakang akan memakan biaya yang lebih besar. Gunakan ukuran dan bentuk yang sesuai, terkait dengan tujuan dan citra perusahaan, untuk mencetak iklan non-publikasi.

Kertas dan Tinta

Untuk iklan cetak selain di majalah atau surat kabar, pilih kertas dengan komposisi, berat dan sentuhan akhir yang memberikan kontribusi positif terhadap citra iklan Anda. Tinta tradisional mengandung senyawa organik yang mudah menguap; pertimbangkan untuk menggunakan tinta berbasis kedelai jika mereka akan memberikan hasil yang Anda inginkan.

Penempatan

Di mana Anda menempatkan iklan cetak Anda mempengaruhi keberhasilannya. Dealer suku cadang mobil akan mendapatkan lebih banyak respon menjalankan iklan di sebuah majalah otomotif atau bagian yang diklasifikasikan dibandingkan dengan majalah mode. Permohonan surat langsung lebih efektif daripada iklan majalah.