Contoh Surat Peringatan

ASTALOG.COM – Surat peringatan, atau biasa juga disebut dengan surat teguran, adalah suatu bentuk surat yang ditujukan kepada seseorang (karyawan) karena dianggap melakukan tindakan pelanggaran. Surat peringatan biasanya akan dikeluarkan oleh staff kepala personalia atau Human Resource Department (HRD) suatu perusahaan.

Surat peringatan akan dikeluarkan secara resmi oleh pihak perusahaan ketika karyawan bersangkutan sudah melakukan tindakan pelanggaran secara berulang. Pihak perusahaan biasanya terlebih dulu memberikan peringatan dalam bentuk lisan, dan surat peringatan benar-benar resmi dibuat dalam bentuk surat peringatan yang sesungguhnya bilamana karyawan tersebut tidak mengindahkan teguran yang diberikan.

Meski prosedur pemberian surat peringatan tidak diatur dalam per-UU-an, disarankan diberikan/disampaikan oleh pimpinan langsung oleh pekerja (bukan oleh HR), dengan didampingi oleh Staff HRD. Pimpinan langsung sebelum menentukan tindakan disiplin apa yang akan dikenakan kepada pekerja wajib berkonsultasi terlebih dahulu dengan Staff HRD.

Berikut contoh surat peringatan:

Download (DOCX, 12KB)