Yuk, Kenali Berbagai Media Iklan yang Ada

Loading...

ASTALOG.COM – Sebuah kampanye iklan yang berhasil akan menyebarkan berita tentang suatu produk dan jasa, menarik pelanggan dan menghasilkan penjualan. Apakah Anda sedang mencoba untuk mendorong pelanggan baru agar membeli produk yang sudah ada atau meluncurkan layanan baru, tentu ada banyak pilihan.

Pilihan iklan yang paling cocok untuk bisnis tergantung pada target audiens dan berapa biaya yang paling efektif untuk menjangkau sebanyak mungkin. Pilihan iklan yang dipilih juga harus mencerminkan lingkungan yang tepat untuk produk atau layanan.

Sebagai contoh, jika target pasar membaca majalah tertentu, pebisnis harus mengiklankannya dalam publikasi tersebut.

Berikut adalah beberapa strategi iklan yang dapat digunakan. Ingat, Anda dituntut untuk kreatif dalam iklan untuk mendapatkan perhatian.

Koran

Iklan surat kabar dapat mempromosikan bisnis ke berbagai pelanggan. Display iklan ditempatkan di seluruh media cetak, sementara iklan baris berada di bawah judul subjek di bagian tertentu.

Biasanya kombinasi iklan di koran nasional atau metropolitan dan koran lokal memberikan hasil terbaik.

Majalah

Iklan di majalah spesialis dapat mencapai target pasar dengan cepat dan mudah. Pembaca (pelanggan potensial) cenderung membaca majalah di waktu luang mereka dan menjaganya lebih lama, memberikan iklan beberapa peluang untuk menarik perhatian. Majalah umumnya melayani konsumen (oleh kelompok kepentingan, misalnya perempuan) dan perdagangan (industri/jenis usaha, misalnya perhotelan).

BACA JUGA:  Sebutkan Perangkat Organisasi Perseroan Terbatas?

Jika produk harus ditampilkan dalam warna maka iklan mengkilap di majalah mungkin ideal – meskipun mereka umumnya lebih mahal daripada iklan koran.

Majalah biasanya tidak melayani area kecil seperti sebuah kota tertentu. Jika target pasar hanya sebagian kecil dari sirkulasi, maka iklan ini mungkin tidak efektif biaya.

Radio

Iklan di radio adalah cara yang bagus untuk mencapai target audiens Anda. Jika target pasar mendengarkan stasiun tertentu, maka iklan biasanya dapat menarik pelanggan baru.

Namun, suara memiliki keterbatasan. Pendengar dapat menemukan kesulitan untuk mengingat apa yang mereka dengar dan kadang-kadang dampak iklan radio hilang. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengulang pesan secara teratur – yang tentu meningkatkan biaya secara signifikan.

Televisi

Televisi memiliki jangkauan yang luas dan iklan melalui media ini sangat ideal jika ingin memenuhi pasar yang besar di area yang luas. Iklan televisi memiliki keuntungan dari penglihatan, suara, gerakan dan warna untuk membujuk pelanggan membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Mereka sangat berguna jika ingin menunjukkan bagaimana produk atau jasa bekerja.

BACA JUGA:  Teks Negosiasi Kewirausahaan

Memproduksi sebuah iklan televisi dan kemudian membeli slot iklan umumnya mahal. Iklan dijual dalam satuan (misalnya 20, 30, 60 detik) dan biaya bervariasi sesuai dengan:

– Slot waktu
– Program televisi
– Apakah itu metro atau regional
– Jika ingin membeli tempat di beberapa jaringan.

Direktori

Direktori memberikan daftar bisnis dengan nama atau kategori (misalnya direktori telepon Yellow Pages). Pelanggan yang merujuk ke direktori sering sudah memutuskan untuk membeli – mereka hanya perlu memutuskan kepada siapa harus membeli.

Keuntungan utama dari direktori online dibanding direktori cetak adalah bahwa jika ingin mengubah nama bisnis, alamat atau nomor telepon Anda, dapat dengan mudah tetap up to date dalam direktori. Dan juga dapat menambahkan layanan baru atau informasi tentang bisnis.

Outdoor dan Transit

Ada banyak cara untuk beriklan di luar ruangan dan on-the-go. Billboard misalnya, yang dipasang di jalan atau stadion olahraga. Iklan transit dapat dipasang di bus, taksi dan sepeda. Billboard besar bisa menyampaikan pesan Anda dengan dampak yang besar.

BACA JUGA:  Faktor yang Mendorong Berdirinya Perusahaan Asing di Indonesia Adalah

Surat Langsung, Katalog, dan Selebaran

Surat langsung berarti menulis kepada pelanggan secara langsung. Semakin tepat milis atau wilayah distribusi, lebih dari target pasar Anda, lebih banyak pelanggan yang akan dicapai. Pendekatan surat langsung biasanya lebih pribadi, karena dapat memilih audiens dan merencanakan waktu untuk sesuai dengan bisnis.

Katalog, brosur dan selebaran juga dapat didistribusikan ke daerah target. Termasuk brosur dengan surat langsungadalah cara yang bagus untuk menarik minat pelanggan terhadap informasi lebih lanjut tentang produk dan jasa.

Online

Internet bisa menjadi media yang efektif untuk menarik pelanggan baru. Media ini dapat menjangkau khalayak global dengan biaya rendah. Banyak pelanggan bisnis melakukan riset online sebelum memutuskan kepada siapa harus membeli produk atau jasa.

Sebuah situs web yang dirancang dengan baik dapat menarik pelanggan untuk membeli. Ada beberapa cara untuk mempromosikan bisnis online melalui iklan berbayar atau untuk meningkatkan peringkat mesin pencari.

Cara lain untuk mengiklankan bisnis online termasuk mempromosikan produk atau jasa di situs media sosial, blog dan mesin pencari dan situs-situs lain dengan target audiens tertentu.