Apakah yang Dimaksud dengan Habitat?

Loading...

ASTALOG.COM – Artikel kali ini akan membahas habitat. Kata habitat tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Namun apakah itu habitat? Berikut akan dibahas mengenai habitat.

Pengertian Habitat

Habitat adalah area ekologi atau lingkungan yang dihuni oleh spesies tertentu dari hewan, tumbuhan, atau jenis lain dari organisme. Habitat adalah lingkungan alam di mana suatu organisme hidup, atau lingkungan fisik yang mengelilingi populasi spesies. Suatu Habitat terdiri dari faktor fisik seperti tanah, kelembaban, kisaran suhu, dan ketersediaan cahaya serta faktor-faktor biotik seperti ketersediaan makanan dan adanya predator. Sebuah Habitat belum tentu daerah-untuk geografis organisme parasit itu adalah tubuh inangnya atau bahkan sel dalam tubuh inang.

Habitat monotipe terjadi dalam konteks botani dan zoologi, dan merupakan komponen biologi konservasi. Dalam restorasi ekologi komunitas tumbuhan asli atau habitat, beberapa spesies invasif membuat berdiri monotipe yang mengganti dan / atau mencegah spesies lain, terutama yang asli, dari tumbuh di sana. Sebuah kolonisasi dominan dapat terjadi dari bahan kimia tahan memancarkan, monopoli nutrisi, atau dari kurangnya kontrol alami seperti herbivora atau iklim, yang menjaga mereka seimbang dengan habitat asli mereka. Meskipun namanya mungkin tampaknya menyiratkan kesederhanaan dibandingkan dengan habitat polytipe, habitat monotipe dapat menjadi kompleks.

Untuk sebagian besar sejarah manusia, alam telah dipandang sebagai sumber daya, yang dapat dikendalikan dan digunakan untuk kepentingan pribadi dan ekonomi. Idenya adalah bahwa tanaman hanya ada untuk memberi makan hewan dan hewan hanya ada untuk memberi makan manusia. Tanah itu sendiri memiliki nilai yang terbatas hanya meluas ke sumber daya yang dapat memberikan seperti mineral dan minyak.

Selama abad 18 dan 19 pandangan sosial mulai berubah dan prinsip-prinsip konservasi ilmiah pertama praktis diterapkan pada hutan dari British India. Ini etika konservasi yang mulai berkembang mencakup tiga prinsip utama: bahwa aktivitas manusia merusak lingkungan, bahwa ada tugas warga negara untuk menjaga lingkungan untuk generasi mendatang, dan bahwa, metode berbasis empiris ilmiah harus diterapkan untuk memastikan tugas ini dilakukan . Sir James Martin Ranald menonjol dalam mempromosikan ideologi ini, penerbitan banyak laporan medis-topografi yang menunjukkan skala kerusakan tempa melalui deforestasi besar-besaran dan pengeringan, dan lobi-lobi luas untuk pelembagaan kegiatan konservasi hutan di British India melalui pembentukan departemen kehutanan.

Namun, habitat tidak sama dengan istilah lingkungan. Karena, lingkungan adalah segala sesuatu dan segalanya, referensi istilah harus dibatasi dengan lingkungan biofisik dalam artikel ini. Ini adalah kombinasi dari lingkungan fisik dengan bentuk biologis. Dalam istilah sederhana, setiap lingkungan yang memiliki sifat untuk mempertahankan hidup bisa menjadi lingkungan biofisik. Sebagai contoh, kekayaan di bawah sinar matahari, atmosfer, dan kehadiran yaitu substrat. tanah atau air akan memungkinkan untuk mempertahankan hidup di lingkungan tertentu. Salah satu fitur yang paling menonjol dari lingkungan adalah bahwa hal itu menentukan iklim dan cuaca, yang sangat berharga bagi bentuk-bentuk biologis.

Setiap perubahan serius terhadap lingkungan bisa mengubah siklus alam, menyebabkan pergeseran iklim dan perubahan dalam makanan dan energi berlimpah. Karena segala sesuatu dalam lingkungan yang saling terkait, perubahan-perubahan tersebut konsekuensial. Namun, hewan dan tumbuhan harus beradaptasi dengan situasi yang sesuai. Yang penting, perubahan lingkungan dapat menyebabkan untuk mengubah habitat dari sebagian besar populasi hewan dan tumbuhan. Kecerdikan dalam lingkungan apapun menentukan ketersediaan bentuk kehidupan untuk menciptakan habitat dan komponen mereka di lingkungan yang membatasi kelimpahan dan distribusi.

Perbedaan Habitat dan Lingkungan

1. habitat adalah tempat yang telah ditentukan atau daerah lingkungan sesuai dengan persyaratan dari suatu bentuk kehidupan tertentu. Oleh karena itu, habitat selalu lingkungan, tapi lingkungan tidak selalu habitat.

2. habitat selalu memiliki kehidupan di dalamnya, sedangkan lingkungan tidak selalu memiliki kehidupan di dalamnya.

3. habitat selalu preferensi dari satu spesies, sedangkan lingkungan bisa menjadi preferensi banyak spesies yang akhirnya bisa menjadi banyak habitat.

4. Biasanya, lingkungan mengatur sifat habitat, namun tidak sebaliknya.

Itulah tadi penjelasan mengenai habitat, semoga dapat bermanfaat bagi yang membaca. Sekiaan

Loading...