Apa Keuntungan Tinggal di Daerah Beriklim Tropis?

Loading...

ASTALOG.COM – Pada dasarnya wilayah yang termasuk iklim tropis dapat dibedakan menjadi daerah tropis kering yang meliputi padang pasir, stepa, dan savana kering dan daerah tropis lembap yang meliputi hutan tropis, daerah-daerah dengan angin musim dan savana lembap.

Pengertian Tropis
Tropis atau daerah yang beriklim tropis dapat didefinisikan sebagai daerah yang terletak di antara garis isoterm di sebelah bumi utara dan selatan atau daerah yang terdapat di antara 23½° lintang utara dan 23½° lintang selatan.

Ciri Iklim Tropis
Adapun ciri-ciri iklim tropis adalah sebagai berikut:
1. Letaknya di bagian bumi antara 23½°LU – 23½° LS.

2. Suhu udararata-rata tinggi, karena matahari selalu vertikal. Umumnya suhu udara antara 20- 23°C. Bahkan di beberapa tempat rata-rata suhu tahunannya mencapai 30°C.

3. Amplitudo suhu rata-rata tahunan kecil. Di kwatulistiwa antara 1 – 5°C, sedangkan ampitudo hariannya lebih besar.
4. Tekanan udaranya rendah dan perubahannya secara perlahan dan beraturan.
5. Hujan banyak dan lebih banyak dari daerah-daerah lain di dunia.
6. Di daerah iklim tropika tidak mengenal musim dingin.
7. Tempat gerakan-gerakan aliran udara konveksi.

Keuntungan dan Kerugian Daerah Tropis
Tinggal di daerha tropis tidak selalu menguntungkan, ada juga kerugian yang terjadi yaitu:

1. Keuntungan
a. Kegiatan ekonomi masyarakat akan berjalan dengan baik.
b. Suhu udara tidak terlalu ekstrim, yaitu 27 derajat C.
c. Masyarakat bisa merasakan sinar matahari.
d. Masyarakat bisa melakukan kegiatan pertanian, perkebunan, dan peternakan dengan baik.
e. Terdapat beraneka ragam flora dan fauna.
f. Kaya akan barang tambang.

2. Kerugian
a. Masyarakat akan menjadi pemalas, karena tidak ada tantangan berat.
b. Sering terjadi kekeringan dan kebakaran ketika musim kemarau berkepanjangan.
c. Sering terjadi kebanjiran saat musim penghujan yang berkepanjangan.
d. Masyarakat sering terserang penyakit saat musim pancaroba.
e. Sering terjadi erupsi gunung berapi karena merupakan jalur pegunungan aktif.
f. Tidak bisa menanam tumbuh-tumbuhan seperti bunga sakura dan pohon kurma

Daerah Persebaran Iklim Tropis

Negara tropis adalah negara yang berada dalam wilayah yang kita sebut tropis, daerah tropis adalah zona tropic of cancer, paralel lintang pada 23½° utara dan tropic capricorn, paralel lintang pada 23½° selatan, dimana-mana di daerah tropis dipukul oleh sinar matahari tegak lurus pada tengah hari minimal satu hari dalam setiap tahun.

Di tengah-tengah daerah tropis terletak khatulistiwa.
Banyak orang mengasosiasikan daerah negara tropis dengan beberapa pulau dan pohon-pohon palem. Namun pada kenyataannya bagian besar dunia terletak dalam daerah tropis. Di belahan bumi Barat, negara-negara tropis termsuk Meksiko, Amerika Tengah semua, semua pulau-pulau Karibia dari hanya Nassau di Bahama dan bagian atas Amerika Selatan termasuk Kolombia, Ekuator, Peru, Bolivia, Venezuela, Guyana, Suriname, Guyana Perancis, serta bagian utara Chile, Argentina, Paraguay dan Brasil. Di Afrika, negara-negara yang tidak bisa disebut tropis adalah Maroko dan Tunisia di utara dan Lesotho dan Swaziland di selatan. Semua sisanya berbohong baik seluruhnya, atau setidaknya sebagian di daerah tropis.

Meskipun tidak ada negra-negra Eropa yang di sebut tropis. Timur Tengah memiliki empat negara tropis: Yaman yang seluruhnya di daerah tropis dan bagian dari Arab Saudi, Oman dan Uni Emirat Arab. India di Asia Selatan sebagian besar terletak di daerah tropis, dan semua negara Asia Tenggara adalah negara tropis. Australia, Mikronesia, kepulauan Marshall, Kk ribati dan sebagian besar negara pulau lainnya dari Oceania di Pasifik Selatan adalah negara tropis, juga.

Tidak semua negara tropis memiliki iklim yang sama. Tetapi semua memiliki rentang yang terbatas dalam suhu perubahan iklim lebih dari setahun daripada yang ditentukan dizona lainnya. Iklim dibedakan terutama oleh musim basah dan musim kering. Flora dan fauna dari negara-negara tropis berbeda juga, dan sementara pohon-pahon palem yang tumbuh dibanyak tempat, juga tumbuh diluar daerah tropis.

Loading...