Stretch Mark dan Selulit, Berbedakah ?

ASTALOG.COM – Banyak orang yang sering menyamakan antara stretch mark dan selulit. Tetapi Stretch mark dan selulit sebenarnya berbeda.

Stretch mark (tanda regangan) adalah guratan kulit berpola memanjang tidak beraturan yang biasa di temukan pada bagian tubuh seperti perut (setelah melahirkan), ketiak, paha dan bagian lainnya sedangkan Selulit adalah gumpalan–gumpalan kulit kecil akibat dari terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh.

Banyak perbedaan antara stretch mark dan selulit yang sebenarnya kurang diketahui. Misalnya saja dari segi perawatan yang sebenarnya berbeda. Yuk kenal lebih jauh perbedaan antara stretch mark dan selulit.

1. Strectch Mark

Seperti yang sudah diuraikan sebelumnya, Stretch mark (tanda regangan) adalah guratan kulit berpola memanjang tidak beraturan yang biasa di temukan pada bagian tubuh seperti perut (setelah melahirkan), ketiak, paha dan bagian lainnya.

Penyebab dari stretch mark sendiri sangat beragam. Salah satunya diketahui karena terjadi pelebaran kulit (pada ibu hamil) atau berolah raga kurang dan berlebihan. Intinya,  Pemicu stretch mark karena terjadinya peregangan berlebihan dalam waktu cepat pada kulit.

Untuk menghilangkan stretch mark bisa dilakukan dengan cara medis atau alami.

  • Cara Medis

Untuk cara medis bisa dilakukan dengan menggunakan pengobatan dari luar seperti menggunakan topical cream yang berfungsi memproduksi kolagen dan elastin. Krim bisa langsung dioleskan pada daerah yang terdapat strecth mark. Selain itu terapi laser juga menjadi cara medis lain. Pada metode ini sinar laser akan dipaparkan pada kulit yang berstrecht mark untuk merangsang produksi kolagen. Metode ini sedikit mahal dan harus dilakukan lebih dari satu kali.

  • Cara Alami

Untuk cara alami bisa dilakukan dengan menggunakan tumbuhan seperti gel lidah buaya atau minyak kelapa.

– Dengan Del Lidah Buaya

Ambil gel lidah buaya dan oleskan langsung pada bagian strectch mark. Meski aman, tetapi dibutuhkan kesabaran jika kamu memilih untuk menggunakan cara alami ini.

– Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni (VCO) merupakan bahan alami terbaik yang bisa digunakan dalam pengobatan mengatasi stretch mark. Hanya dengan beberapa kali pemakaian saja sudah dapat dilihat bahwa penampilan stretch mark semakin memudar. Bahkan hanya dalam waktu 2 atau 3 minggu tanda Stretch Mark sudah tidak terlihat sama sekali.

2. Selulit

Selulit adalah gumpalan–gumpalan kulit kecil akibat dari terhambatnya lemak yang mengalir melalui darah dalam tubuh. Sebagian lemak yang gagal dibuang oleh tubuh ini akan menggumpal dan biasanya berbentuk seperti kulit jeruk. Selulit bisa di lihat pada bagian tubuh seperti :

Selulit dapat terbentuk karena beberapa kondisi seperti hamil, puber, kegemukan dll. Dan biasanya terlihat di daerah perut, paha, payudara, pantat, dan punggung.

1. Paha :

Biasanya terlihat pada atlit binaraga atau angkat beban. Kegemukan dan masa puber juga dapat menjadi penyebab yang lain.

2. Payudara:

Pembesaran pada payudara adalah fase pubertas yang dialami setiap wanita. Selama masa puber selulit bisa muncul didaerah tersebut dan akan lebih banyak apabila terus mengalami penambahan berat badan atau obesitas.

3. Pantat:

Munculnya selulit pada bagian ini umumnya dikarenakan masa puber. Itulah sebabnya wanita lebih rentan terkena daripada laki-laki karena perkembangan berbagai organ wanita. Penimbunan lemak berlebihan di area ini juga ikut berpengaruh.

4. . Punggung :

Selulit pada bahu akan muncul karena latihan fisik dan pembesaran otot punggung terutama bahu.

Cara Menghilangkan Selulit

Untuk menghilangkan selulit bisa dilakuakn dengan beberapa cara antara lain :

1. Air Putih

Banyak minum air putih dan kurangi mengkonsumsi garam karena tubuh akan menghilangkan kelebihan garam dengan menahan cairan di dalam tubuh

2. Stres

Stres meningkatkan produksi hormon Kortisol . Kortisol adalah hormon stres yang dapat menyebabkan penipisan kulit dan meningkatkan penyimpanan lemak.

3. Diet Seimbang

Diet seimbang sangat penting untuk menjaga kualitas kulit. Jika sedang dalam proses diet, pastikan mengkonsumsi cukup karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lainnya. Yang paling penting adalah protein dan vitamin A,C,E,K dan Zinc.

4. Mandi susu

Susu merupakan bahan utama dalam beberapa krim kosmetik karena memberikan sifat elastis pada kulit . Rendam seluruh tubuh dalam bak yang sudah dicampur susu  dan jumlah air yang cukup. Dengan mengulangi prosedur ini kulit akan menjadi lembut dan elastis.

Metode ini juga bisa digunakan sebagai metode preventif untuk stretch mark .

Jadi, stretch mark dan selulit sebenarnya berbeda. Meskipun memiliki bentuk dan warna yang serupa seperti guratan, tetapi proses pembentukan dan letak dari stretch mark dan selulit berbeda.