Flora dan Fauna Khas Timor Leste

ASTALOG.COM – Sebelum dikenal sebagai Timur Leste, dulunya dikenal dengan nama Timor Timur dan merupakan salah satu provinsi di negara Indonesia. Namun, pada jajak pendapat yang diadakan tahun 1999 sebagian besar penduduknya menginginkan kemerdekaan sehingga Timor Leste pun berdiri sebagai negara merdeka yang berdaulat penuh.

Ibukota Timor Leste adalah Dilli. Sistem pemerintahannya republik sosialis. Kepala negara Timor Leste dijabat oleh seorang presidden, sedangkan kepala pemerintahan dijabat oleh seorang perdana menteri yang diangkat oleh presiden. Mata uang negara ini ialah Dollar Amerika. Timor Leste memiliki nama resmi nasional Republika Democratica de Timor-Leste dan nama resmi internasional Democratic Republik of East Timor.

Asal Mula Nama Timor Leste
Kata “Timor” berasal dari kata timur, kata yang berarti “timur” dalam Bahasa Indonesia dan Melayu. Yang menjadi Timor dalam Portugis. “Lorosa’e” adalah sebuah kata yang berarti timur dalam bahasa Tetun, untuk kata Timor Lorosa’e. Nama resminya setelah konstitusi adalah República Democrática de Timor-Leste dalam bahasa Portugis dan Repúblika Demokrátika Timor-Leste dalam bahasa Tetun.

Letak Geografis Timor Leste
Secara geografis, wilayah Timor Timur terletak di ujung timur dari jajaran Kepulauan Nusa Tenggara, atau bagian timur Pulau Timor, membentang antara 123o25′ – 127o19′ Bujur Timur 8o17′ – 10o22′ Lintang Selatan

Luas keseluruhan wilayah Timor Timur ± 14.609,38 Km2 , (± 0,76 % dari luas Indonesia, atau 30 % dari luas Pulau Jawa) yang meliputi :
1. Wilayah daratan seluas 13.670,00 Km2
2. Wilayah Ambeno seluas 787,50 Km2
3. Pulau Atauro seluas 140,62 Km2
4. Pulau Jaco seluas 11,25 Km2

Timor Timur mempunyai batas wilayah sebagai berikut :
Sebelah utara berbatas dengan : Selat Wetar dan Selat Ombai
Sebelah timur berbatas dengan : Laut Arafuru dan Kepulauan Maluku Tenggara
Sebelah selatan berbatas dengan : Laut Timor
Sebelah barat berbatas dengan : Propinsi NTT dan Selat Ombai

Kehidupan Ekonomi Timor Leste
Timor Leste memiliki komoditas ekspor seperti kopi, marmer, minyak, dan kayu. Pertumbuhan ekonomi Timor Leste berkisar 10% pada tahun 2011. Perekonomian Timor Timur diklasifikasi sebagai ekonomi dengan pendapatan menengah ke bawah oleh Bank Dunia. 20% penduduk menganggur, dan 52,9% hidup dengan kurang dari US $ 1,25 per hari. Sekitar setengah dari penduduk buta huruf.

Flora dan Fauna di Timor Leste
Negara ini juga memiliki keindahan lain yaitu berupa flora dan fauna. Berikut beberapa jenis flora dan fauna yang terdapat di Timor Leste

1. Flora
Jika dilihat dari habitat darat di Timor leste, terdapat perbedaan flora antara bagian utara, selatan dan timur dan daerah pegunungan. Di bagian utara didominasi oleh jenis-jenis seperti Eucalyptus alba, Tamarindus indicus dan beberapa jenis perdu yang dapat tumbuh pada kondisi tanah yang kering dan curah hujan minim.

Di bagian timur dan selatan terdapat kondisi flora yang lebih bervariasi dimana didominasi oleh Canarium, Kayu merah (Pterocarpus indicus), Charia (Taona sureni) dan jenis kayu komersial lainnya yaitu Jati (Tectona grandis). Terdapat juga beberapa jenis angrek, tumbuhan bawah sangat variatif. (sebagai contoh: keadaan flora di ujung Timor Lorosa¢e yaitu di gunung Paicau bagian utara terdapat sisa-sisa hutan hujan tropika basah dimana kelembaban di tempat itu sangat tinggi, namun sangat lebat namun sangat kering dan tidak ada air).

Pada daerah pegunungan atau dataran tinggi didominasi oleh Eucalyptus urophylla dan beberapa jenis tanaman paku-pakuan. Ada beberapa jenis tumbuhan yang tumbuh tersebar merata di seluruh wilayah antara lain: Cendana (Santalum album), Cemara (Casuarina Equisetifolia).

2. Fauna
Di timor leste, terdapat beberapa jenis mamalia seperti Rusa (cervus timorensis), Kuskus, babi hutan, kera, Reptilia seperti: buaya, ular sanca timor, biawak dls; Aves seperti: Kakoak, Lori, Kakatua, Ealang darat, Elang laut, Perkutut dls.