Bagaimana Cerita Finding Nemo?

ASTALOG.COM – Finding Nemo

Tanggal rilis – 5 Oktober 2012 (Indonesia)

Genre – Animasi, petualangan, komedi

Durasi – 100 menit

Sutradara – Andrew Stanton, Lee Unkrich

Pengisi suara – Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould, Willem Dafoe, Brad Garrett

Studio – Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

Finding Nemo merupakan sebuah film animasi yang dirilis pada tahun 2013 oleh studio animasi Pixar Animation Studios dan Wlat Disney Pictures. Film animasi ini bergenre comedy family yang juga disisipi dengan petualangan. Film ini sangat sukses baik secara penilaian maupun komersil. Menjadi salah satu landmark bagi film animasi. Jalan ceritanya yang sangat seru membuat banyak adegan dan karakter yang sangat dikenang hingga sekarang.

Beragam adegan dan ekspresi lucu dari sejumlah karakter menghiasi film tersebut. Namun, kekuatan cerita Finding Nemo berakar di keberanian dan pengorbanan seorang ayah (Marlin) demi menyelamatkan anaknya (Nemo).

Film Finding Nemo menawarkan ketegangan dan kelucuan dalam petualangan seekor ikan di bawah laut. Film keluarga ini menceritakan mengenai hubungan keluarga antara anak dan ayah. Finding Nemo meraih penghargaan Oscar dalam kategori Best Animated Feature dalam ajang Academy Awards. Film ini merupakan salah satu film animasi yang meraih pendapatan tertinggi di dunia.

Jalan Cerita Film Finding Nemo.

Film Finding Nemo diawali dengan hadirnya telur-telur ikan badut (Clown Fish) di dalam laut. Saat itu kedua orangtua begitu gembira menanti menetasnya anak-anak mereka, datanglah ikan lain memangsa telur-telur ikan dan ibu mereka. Namun ada 1 telur yang selamat. Sampai ahirnya telur tersebut akhirnya menetas, keluarlah seekor anak ikan badut dengan sirip samping besar sebelah. Marlin adalah satu-satunya lalu memberinya nama Nemo.

Setelah agak besar, ayahnya mengantar Nemo ke sekolah ikan. Guru sekolah ini adalah seekor ikan pari. Sedangkan murid-muridnya terdiri dari aneka jenis hewan laut. Selain ikan, ada juga gurita dan kuda laut. Murid-murid sekolah ikan ini sering bermain dengan bahaya.

Suatu ketika mereka berenang mendekati permukaan laut. Marlin yang memiliki persaan khawatir sejak awal lalu menghampiri mereka dan menarik Nemo menjauhi permukaan. Tapi Nemo berkata pada ayahnya “tidak perlu khawatir, ayah..saya kan bermain bersama-sama, dan kami baik-baik saja”.

Suatu hari Nemo pun benar-benar terpisah dengan ayah dan teman-temannya. Selanjutnya petualangan membawa Nemo ke aquarium milik seorang dokter Gigi dekat dermaga Sydney. Di sinilah Nemo mendapat teman-teman baru yang juga baik hati.

Dan Nemo pun menceritakan bagaimana ia bisa terbawa hingga ke sini. Sejak saat itu, teman-teman barunya melakukan segala usaha untuk bisa mengembalikan Nemo ke laut agar bisa berkumpul lagi dengan ayahnya, keluarga satu-satunya.

Salah satu usaha hampir membawa Nemo ke laut, yaitu saat ia terlempar ke luar jendela ruang praktek dokter gigi dan dibawa dalam mulut seekor burung pelican. Namun pada ahirnya ia sampai di laut, sang dokter gigi yang ternyata mengikuti sejak tadi, berhasil menangkapnya dan membawanya kembali ke aquarium dengan kantong plastik.

Jauh di sana ternyata sang ayah juga melakukan segala macam usaha untuk bisa menemukan Nemo. Di perjalanan ia bertemu dengan Dory, seekor ikan Dory yang lucu dan punya tabiat pelupa. Petualangan yang lain membawa Marlin dan Dory hingga ke dermaga Sydney. Mereka bahkan semat bertemu dengan burung pelikan yang pernah mencoba mengembalikan Nemo ke laut.

Kembali ke aquarium, ternyata sang dokter gigi berniat menghadiahkan Nemo keponakannya yang senang ikan. Teman-teman Nemo dalam aquarium tahu bahwa keponakannya ini suka memperlakukan ikan dengan kasar, seperti mengocok ikan dalam plastik.

Akhirnya mereka menyuruh Nemo berpura-pura mati. Nemo pun mengambang dalam posisi terbalik. Ia benar-benar mirip ikan yang sudah mati. Usaha ini membuahkan hasil. Sang dokter Gigi membuang Nemo ke kloset, lalu menyiramnya. Nemo beruntung karena saluran pembuangan kloset ternyata bermuara ke laut, dan akhirnya ia berhasil bertemu dengan ayahnya kembali.

Pesan Moral Film Finding Nemo.
Salah satu pesan moral paling penting dalam film ini adalah pentingnya menuruti nasihat orang tua. Lihatlah Nemo yang tidak mau menuruti pesan orang tuanya hingga akhirnya dia bisa tersesat begitu jauh. Namun karena rasa kasih sayang orang tua, mereka akhirnya bisa bersama kembali.

Bagi Nemo, karena tidak mengindahkan nasihat orang tuanya maka Nemo harus siap mengambil resiko tersesat dan berada dalam bahaya, menjadi mangsa ikan lain yang lebih besar dan tangkapan manusia untuk dijadikan ikan hias misalnya.